√ Pengertian FTP Beserta Manfaat Dan Cara Kerjanya Lengkap

Pengertian FTP Beserta Manfaat Dan Cara Kerjanya Lengkap – Di dalam melakukan browsing data di internet kita pastinyapernah melakukan upload dan juga download data, yang berupa video, film, game, dokumen, aplikasi, dan masih banyak yang lainnya.

Pengertian FTP Beserta Manfaat Dan Cara Kerjanya Lengkap

Di dalam melakukan hal tersebut pasti kita pernah mengalami kendala seperti memerlukan password dan username untuk dapat mengakses suatu situs yang memiliki konten atau file yang kita inginkan. Hal tersebut dapat di lakukan jika menggunakan FTP. Sebenarnya apa itu FTP akan di jelaskan lebih lengkapnya dengan manfaat dan cara kerjanya lengkap di bawah ini:

Pengertian FTP

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protokol ini adalah suatu protocol di internet yang dapat di gunakan untuk suatu urusan dalam mengirimkan data di dalam suatu jaringan komputer, yang termasuk di dalamnya seperti upload dan juga download file yang di lakukan FTP client dan pada FTP server.

Layanan yang ada di FTP dapat di atur dan menjadi FTP public yang artinya semua orang di seluruh dunia bisa masuk dan mengakses data yang berada di server FTP dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu, FTP dapat di atur menjadi FTP public yang di dalamnya terdapat layanan yang dapat di atur supaya tidak semua orang dapat masuk dan mengakses data yang berada di server tetapi para pengguna yang terdaftar saja yang dapat mengakses data-data yang ada di dalamnya.

Baca Juga:  √ Komputer Forensik: Pengertian Dan Tujuan (Lengkap)

FTP dapat berkerja dengan menggunakan salah satu protocol yang ada dan dapat di andalkan untuk dapat mengurus komunikasi data yang di lakukan antara server dan client, seperti contohnya dengan menggunakan protocol TCP atau yang lebih tepatnya pada port nomor 21. Protocol membuat sesi komunikasi antara server dan client dapat di lakukan sebelum berlangsungnya pengiriman data.

Manfaat FTP

FTP di dalam dunia komputer memiliki manfaat sebagai berikut:

  • FTP memberikan transfer data yang efisien dan reliable.
  • Dapat melakukan pertukaran data dengan mudah (dengan ukuran besar tidak masalah).
  • Dapat di lakukan indirect atau implicit remote computer.
  • Pemilik website dapat melakukan membackup websitenya dengan mudah.

Cara Kerja FTP

FTP memiliki cara kerjanya sendiri, cara kerjanya yaitu:

FTP dapat di gunakan apabila user dappat menunjukkan password dan username yang di perlukan untuk dapat di authentikasikan dan dapat masuk ke dalam server FTP.

Pengguna yang terdaftar dapat mengakses penuh terhadap beberapa file atau direktori yang ada di dalamnya dan membuat pengguna dapat memindahkan, mnyalin, membuat, dan menghapus file yang ada di dalamnya.

Pengertian FTP Beserta Manfaat Dan Cara Kerjanya Lengkap

FTP client untuk dapat di gunakan haruslah terhubung atau terkoneksi dengan FTP server. Setelah terhubung dengan FTP server selanjutnya FTP client dapat mulai melakukan pertukaran data yang di lakukan seperti upload dan download file.

Baca Juga:  √ Pengertian WWW, Fungsi WWW Dan Sejarahnya Lengkap

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian FTP Beserta Manfaat Dan Cara Kerjanya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. FTP di dunia internet sangatlah berguna karena dapat memberikan kemudahan di dalam mengakses file atau data yang tersimpan di server. Semoga bermanfaat 🙂

5.0
11