√ Pengertian DNS Dan DHCP Beserta Fungsinya Lengkap

Pengertian DNS Dan DHCP Beserta Fungsinya Lengkap – Dalam dunia komputer banyak sekali yang dapat kita lakukan. Apa saja dapat kita lakukan ketika kita dapat menggunakan jaringan komputer dengan baik dan benar.

Dengan jaringan tersebut kita dapat mengirim data, mengirim file, melihat informasi, dan lain-lain dengan menggunakan komputer. Begitu pula dengan adanya DNS di dalam jaringan komputer yang memudahkan kita mengakses file yang ada di dalam sana. DHC pun tidak mau kalah yang memberikan beberapa manfaat ketika kita menggunakannya. Untuk dapat mengerti tentan apa itu DNS dan DHCP berserta fungsinya akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian DNS Dan DHCP Beserta Fungsinya Lengkap

Mari kita bahas pengertian DNS terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian DNS

DNS merupakan singkatan dari Domain Name System (DNS server), ini merupakan suatu nama dari sebuah system database yang gunanya sebagai pemenuh kebutuhan komputer, layanan atau suatu sumber daya yang dapat terhubung ke dalam suatu jaringan internet atau berupa jaringan komputer pribadi.

DNS merupakan suatu system database yang terdistribusi, dapat di gunakan untuk mencari nama komputer di dalam suatu jaringan dengan menggunakan IP atau TCp. Kelebihan yang di miliki DNS adalah databasenya memiliki ukuran yang tak terbatas dan juga memiliki performa yang cukup baik.

Baca Juga:  √ Pengertian Open Source Beserta Keunggulan & Contohnya Lengkap

Fungsi DNS

DNS memiliki fungsi yang diantaranya adalah :

Memberi suatu informasi tentang host kepada seluruh jaringan yang ada di internet. DNS memiliki keunggulan seperti DNS sangatlah mudah dan karena itu banyak user tidak di repotkan untuk dapat mengingat IP Address di sebuah komputer atau PC cukup dengan host namenya saja. IP Address di sebuah komputer dapat berubah ubah akan tetapi host di sebuah komputer tidak akan dapat berubah ubah.

Dapat menterjemahkan mana host menjadi no IP Address atau dapat juga sebaliknya yang dapat membuat nama-nama tersebut mudah untuk di ingat oleh user internet.

Pengertian DHCP

DHCP merupakan singkatan dari Dinamyc Host Configuration Protocol yang berupa suatu layanan yang di berikan kepada IP komputer yang memintanya dengan cara otomatis. Komputer atau PC yang memberikan IP ini yang di sebut dengan DHCP server. Dan komputer yang meminta suatu layanan atau IP tersebut adalah DHCP Client.

Fungsi DHCP

DHCP memiliki fungsinya tersendiri yaitu adalah :

Dapat memberikan kemudahan untuk network administrator, ketika akan mengelola jaringan komputer, karena alokasi IP yang dapat di tentaukan dengan otomatis.

Dapt berfungsi untuk mendistribusikan IP Address dengan otomatis kepada setiap cliet atau pengguna yang telah terhubung jaringan komputer.

Pengertian DNS Dan DHCP Beserta Fungsinya Lengkap

DHCP dapat memberikan no IP Address kepada penggunak dnegan cara dinamik, dapat juga memberi alamat IP Address dengan cara yang static kepada pengguna yang telah terhubung ke dalam jaringan komputer.

Baca Juga:  √ Pengertian Worm Komputer, Cara Kerja, Cara Mencegah & Contohnya

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian DNS Dan DHCP Beserta Fungsinya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya DNS dan DHCP para pengguna komputer dapat dengan mudah mengakses apa yang ingin di cari melalui jaringan internet dan komputer. Semoga bermanfaat 🙂

5.0
04