√ Pengertian Depresi beserta Gejala dan Cara Mengatasinya (Lengkap)

Pengertian Depresi beserta Gejala dan Cara Mengatasinya (Lengkap) – Pikiran Manusia ada bermacam-macam dan banyak sekali yang harus di pikirkan sehingga beban yang ada di pikiran seseorang ini beragam.

Beban yang terus menumpuk dan tiada akhirnya semakin lama akan semakin menggunung dan akan meninggi yang membuat mental yang di miliki olehnya akan meluap. Beban mental yang di miliki oleh seseorang ini merupakan tahap depresi yang harus dapat di atasi.

Pengertian Depresi beserta Gejala dan Cara Mengatasinya (Lengkap)

Dengan mengatasi rasa depresi ini maka kita akan dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih optimis menuju masa depan yang lebih baik. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu depresi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Depresi

Depresi merupakan suatu gangguan mental yang terjadi dan dapat di alami oleh setiap orang. Banyak yang belum memahami dan sulit membedakan antara depresi dengan steres dan sedih. Depresi sendiri merupakan gangguan kedaan di dalam tonus persaan yang umum di tandai dengan rasa sedih, pesimisme, apati, dan juga kesepian. Keadaan jenis ini sering di sebur dengan keadaan sedih, murung, dan sengsara.

Baca Juga:  √ Pengertian dan Ciri Globalisasi Di Dunia (Pembahasan Lengkap)

Penyebab depresi yang di berikan oleh Kaplan dalam tarigan yaitu adalah faktor-faktor yang saling di hubungkan dengan penyebab dan dapat di bagi kedalam faktor genetic, faktor biologi, dan faktor psiko sosial. Yang di mana ketiganya akan dapat saling mempengaruhi satu sama lainya.

Gejala Depresi

Gejala depresi dapat di lihat sebagai berikut:

  1. Perasaan putus asa terhadap hidup dan juga merasa pesimis.
  2. Merasakan sedih, cemas yang berlebih, dan membuat suasana hati terus kosong.
  3. Kehilangan minat terhadap sesuatu atau tentang hilangnya suatu kesenangan di dalam hobi atau kegiatan yang pernah di nikmati.
  4. Perasaan bersalah dan rasa tidak berdayanya untuk dapat keluar dari rasa bersalah tersebut akan dapat merasa tidak berharga.
  5. Selalu gelisah dan dapat mudah sekali merasa tersinggung.
  6. Penurunan energy atau yang memiliki stamina hancur serta mudah kelelahan.
  7. Kesulitan dalam berkonsentrasi, dalam penurunan daya ingat, atau dalam membuat keputusan. Ini yang membuat mereka jadi tidaj percaya diri dalam pengambilan keputusan dan dapat menjadi sangat bergantung akan lingkungan.
  8. Terjadi insomnia yang pada pagi hari terbangun atau terjadi tidur yang berlebih, sulitnya tidur membuat saraf menjadi tengang dan mengganggu. Sebagian penderita depresi dapat terjada selama beberapa hari tanpa tidur bahkan ada yang berjangka panjang dan tidak memiliki semangat unutk melakukan suatu kegiatan.
  9. Nafsu makan yang di miliki berkurang tetapi sebagian orang berlebih. Penurunan berat badan dapat atau penambahan berat badan akan dapat terjadi secara drastic.
  10. Tidak merespon adanya pengobatan karena mengalami gangguan gejala fisik.
  11. Pada perilaku tertentu bahkan ada yang ingin mengakhiri bunuh diri atau percobaan bunuh diri.
Baca Juga:  √ 9 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli, Ciri & Fungsinya

Pengertian Depresi Beserta Gejala Dan Cara Mengatasinya Lengkap

Cara Mengatasi Depresi

Berikut adalah merupakan cara untuk mengatasi depresi yang diantaranya:

  1. Relaksasi.
  2. Olah raga.
  3. Travel atau jalan-jalan.
  4. Ceritakan atau curhat tentang masalah kamu.
  5. Istirahat yang cukup.
  6. Mandi teratur.
  7. Lakukan hobi kamu.
  8. Tertawalah.
  9. Berdo’a kepada Tuhan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Depresi Beserta Gejala Dan Cara Mengatasinya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan mengontrol depresi yang kita miliki, kita dapat mengendalikan pikiran yang ada di tubuh kita. Semoga bermanfaat 🙂