√ Pengertian Bank Sentral, Bank Umum dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Bank Sentral, Bank Umum dan Fungsinya (Lengkap) – Tabungan merupakan harta yang sangat berharga bagi setiap orang di dunia ini karena tabungan akan dapat memberikan kita kenyamanan dan ketentraman di kemudian harinya.

Tidak hanya itu tabungan dapat pula di gunakan ketika kita mengalami suatu ketidak inginan seperti bendana atau kecelakaan. Maka dari itu tabungan sangatlah penting dan lebih baik untuk menabungnya di bank supaya lebih aman.

Pengertian Bank Sentral, Bank Umum dan Fungsinya (Lengkap)

Tabungan yang di tabungkan di bank akan jauh lebih aman, tetapi tidak hanya di gunakan menabung saja ada kegunaan lain yang dapat di lakukan oleh bank. Untuk dapat mengerti tentang apa itu bank sentral dan bank umum akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Bank Sentral

Bank sentral merupakan suatu badan keuangan yang di miliki oleh Negara yang di beri tanggung jawab dalam mengatur dan mengawasi segala macam kegiatan yangberkaitan dengan lembaga keuagan dan dapat menjamin supaya berbagai kegiatan tentang badan keuangan tersebut dapat menciptakan tingkat kegiatan ekonomi dengan stabil.

Fungsi Bank Sentral

Bank sentral pada umumnya dapat mencetak dan juga mengedarkan uang kertas atau uang logam. Pemerintah memberikan kekuasaan kepada bank sentaral untuk dapat mencetak uang, tugas yang di berikan ini untuk menjamin tersedianya uang kas yang memadai dan menjadi lintasan pembayaran secara efisien.

Bank sentral dapat memelihara cadangan pada bank umum, ini memiliki tujuan untuk dapat mengatur volume uang yang telah beredar dan untuk dapat mempermudah proses pembayan yaitu dengan suatu sistem yang di sebut dengan system cleaning.

Baca Juga:  √ Pengertian BUMS, Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Bank sentral menjadi pemegang kas dan menjadi penasihat keuangan di pemerintahan. Bank ini dapat menyimpan uang pemerintah dan juga dapat membantu dalam melancarkan berbagai kegiatan keuangan pemerintahan dengan caranya dalam membantu penerimaan dan pembayaran.

Pengertian Bank Umum

Bank umum merupakan suatu lembaga di bidang keuangan yang dapat menerima deposito atau simpanan yang berasal dari masyarakat atau depositor luas untuk di bayarkan atas permintaan dan juga memberikan kredit dan jasa ke dalam lalu lintas pembayaran atau peredaran uang.

Menurut UU No. 10 tahun 1992, tentang perbankan memberi pengertian bank umum merupakan bank yang dapat melaksanakan kegiatan usaha dengan cara yang konvensional atau yang di dasari kepada prisip syariah di dalam kegiatannya dapat memberikan jasa dalam lalu lintas sautu pembayaran.

Fungsi Bank Umum

Bank umum seperti bank sentral yang memiliki fungsinya sebagai berikut:

Dapat memberikan berbagai jasa utnuk dapat melancarkan atau mempermudah dalam perlalulintasan pembayaran uang. Bukan hanya itu saja bank umum juga dapat berfungsi utnuk memberikan fasilitas di dalam melancarkan dan mempermudah suatu pembayaran di dalam lalu lintas pembayaran.

Pengertian Bank Sentral Dan Bank Umum Beserta Fungsinya Lengkap

Dapat megumpulkan suatu anggaran dana yang dengan sementara di anggurkan utnuk dapat di pinjam kepada pihak lain atau yang dapat membeli surat-surat berharga.

Bank mum yang berlaku bersifat komersial yang artinya dapat di gunakan dan akan berupaya untuk dapat mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat yang akan mengunggu sementara menganggur atau yang belum terpakai yang nantinya dana tersebut akan dapat di gunakan untuk dapat memberi pinjaman kredit kepada pihak lainnya yang memanglah membutuhkan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Bank Sentral, Bank Umum dan Fungsinya (Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya bank kita dapat dengan mudah menabung dengan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat 🙂