√ Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya (Pembahasan Lengkap) – Perusaahan pada umumnya akan memiliki banyak sekali permasalahan yang akan datang dan timbil dari segala faktor baik itu dari saingan atau dari lingkungan sekitar.

Untuk dapat menghindari dan memikirkan solusi apa yang tepat dan cocok untuk mengatasi masah tersebut maka di perlukan analisis SWOT. Analisis ini dapat memeberikan berbagai manfaat untuk perusahaan atau organisasi.

Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya (Pembahasan Lengkap)

Dalam menganalisis akan dapat memberi berbagai manfaat yang pastinya dapat menjadi pemikiran lebih lanjut tentang perusahaan. Untuk dapat mengerti tentang apa itu analisis SWOT lebih lengkapnya akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan suatu jenis analisis yang ada di dalam manajemen perusahaan atau yang ada di dalam organisasi dengan sistematis juga dapat membantu di dalam usaha penyusunan suatu rnecana yang matang demi mencapai suatu tujuan jangka panjang atau jangka pendeknya.

Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisa situasi dan juga merupakan suatu kondisi yang bersifat deskriptif. Analisa ini akan menepatkan situasi dan kondisinya menjadi suatu faktor masukan yang selanjutnya di kelompokkan menurut kontibusinya masing-masing.

Analisis SWOT ini hanya menjadi suatu analisa yang akan di tunjukkan untuk dapat menggambarkan suatu situasi yang sedang di hadapi dan bukanlah merupakan sebuah alat analisa ajaib yang dapat memberikan suatu jalan keluar untuk permasalahan yang di hadapi.

Baca Juga:  √ 11 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap)

Kepanjangan SWOT

SWOT merupakan suatu singkatan dari:

  • S yang berarti Strength (kekuatan).
  • W yang berarti Weaknesses (kelemahan).
  • O yang berarti Opportunities (Peluang).
  • T yang berarti Threats (hambatan).

Komponen Analisis SWOT

Analisis SWOT memiliki penjelasan yang diantaranya:

Strenght (S)

Merupakan bentuk analisis kekuatan, situasi, dan juga kondisi yang mengenai kekuatan suatu organisasi atau suatu perusahaan saat ini. Analisis ini di lakukan untuk menilai sisi keunggulan dan kelebihan yang di miliki oleh perusahaan dengan membandingkan dengan perusahaan pesaingnya.

Weaknesses (W)

Merupakan bentuk analisis kelemahan, situasi, dan juga kondisi yang mengenai kelemahan suatu organiasasi atau suatu perusahaan saat ini. Analisis ini di lakukan untuk menilai sisi kelemahan yang di miliki oleh perusahaan atau organisasi yang merupakan kendala untuk memajukan suatu perusahaan.

Opportunity (O)

Merupakan bentuk analisis peluang, situasi, dan juga kondisi yang mengenai peluang suatu organiasi atau suatu perusahaan dan akan memberi suatu peluang untuk dapat di kembangkan di kemudaian hari.

Threats (T)

Merupakan bentuk analisis ancaman, situasi, dan juga konsisi yang mengenai ancaman suatu organisasi atau suatu persahaan untuk dapat menghadapi berbagai macam situasi atau faktor yang tidak menguntungkan.

Pengertian Analisis SWOT Beserta Manfaatnya Lengkap

Manfaat Analisis SWOT

Manfaat dari analisis ini adalah untuk dapat melihat suatu topic atau sautu permasalahan yang di lihat dari 4 sisi berbeda. Hasil yang di temukan akan menjadi analisa yang dapat menjadi rekomendasi atau arahan tentang bagaimana mempertahankan perusahaan di masa yang akan datang dari berbagai masalah yang akandatang.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan melihat analisis SWOT kita dapat mengerti apa saja hal yang mendorng perusahaan tersebut dari berbagai sisi. Semoga bermanfaat 🙂