√ Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas sebuah artikel mengenai persediaan barang. Tentu bagi sebagian orang sudah tidak asing mengenai persediaan baran, apa lagi yang bekerja sebagai kepala gudang.

Untuk itu disini kita akan membahasnya agar bisa mengetahui arti yang sebenarnya dari persediaan barang. Karena persediaan barang merupakan hal yang selalu ada di setiap perusahaan baik itu perusahaan industri ataupun niaga. Nah untuk lebih jelasnya mari sama-sama kita membahasnya di bawah ini.

Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Persediaan Barang

Persediaan yang pada umumnya ialah salah satu jenis aktiva lancar yang jumlahnya cukup besar di dalam suatu perusahaan. Dimana hal ini dapat dipahami dengan mudah dikarenakan persediaan ialah sebuah faktor yang penting di dalam menentukan kelancaran operasi sebuah perusahaan. Persediaan sendiri merupakan sebuah bentuk investasi, dari mana keuntungan atau laba tersebut dapat diharapkan melalui sebuah penjualan di kemudian harinya. Dan oleh sebab itu kebanyakan dari perusahaan sejumlah minimal dari persediaan harus dipertahankan supaya dapat menjamin kontinuitas dan juga stabilitas penjualan.

Baca Juga:  √ Pengertian Perdagangan Internasional, Ciri, Bentuk, Faktor, Tujuan, Manfaat & Contoh

Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli

Di dalam penjelasan mengenai pengertian persediaan barang secara umum, tetapi ada juga pengertian berdasarkan para ahli. Untuk itu kita akan membahas mengenai pengertian berdasarkan para ahli yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Sofyan Assauri dalam buku Marihot dan Dearlina Sinaga (2005:50)

Persediaan barang ialah sebagai suatu aktiva lancar yang meliputi barang-barang yang merupakan milik perusahaan dengan sebuah maksud supaya dijual dalam suatu periode usaha normal ataupun persediaan barang-barang yang masih dalam pekerjaan sebuah proses produksi maupun persediaan bahan baku yang juga menunggu penggunaannya di dalam suatu proses produksi.

2. Zaki Badridwan (2000:149)

Beliau menerangkan bahwa pengertian persediaan barang secara umum adalah sebuah istilah dari persediaan barang yang dipakai agar menunjukan barang-barang yang diliki supaya dijual kembali atau juga digunakan untuk bisa memproduksi barang-barang yang akan dijual.

3. M. Munandar dalam buku Marihot Manullang dan Dearlina Sinaga (2005:50)

Persediaan ialah sebagai persediaan barang-barang atau bahan-bahan yang menjadi sebuah objek usaha pokok perusahaan.

4. John J Wild, K R. Subramanyam dan Robert F Halsey (2004:265)

Beliau menerangkan bahwa persediaan (inventory) merupakan sebuah barang yang dijual di dalam aktivitas operasi normal perusahaan.

Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli Terengkap

Jenis-Jenis Persediaan Barang

Di dalam persediaan barang ada beberapa jenis-jenisnya, untuk mengetahui jenis-jenisnya mari kita sama-sama menyimaknya. Berikut adalah jenis persediaan barang menurut R.Agus Sartono (2001:443) ialah sebagai berikut.

  1. Perusahaan jasa persediaan yang biasanya timbul misalkan seperti persediaan bahan pembantu atau juga persediaan habis pakai, yang termasuk ke dalamnya ialah kertas, karton, stempel, tinta, buku, kwitansi dan juga materai.
  2. Perusahaan manufaktur jenis persediaan ialah meliputi persediaan bahan pembantu, persediaan barang jadi, dan juga persediaan barang dalam proses serta persediaan bahan baku.
Baca Juga:  √ Pengertian Akuntansi Keperilakuan, Manfaat, Aspek, Ruang Lingkup dan Masalahnya

Sekian penjelasan yang dapat diberikan artikel ini mengenai Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli (Lengkap), persediaan barang adalah hal yang harus dilakukan perusahaan untuk kelangsungan dari operasi perusahaan, semoga bermanfaat 🙂

4.8
16