Pengertian Pers Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Pers Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Lengkap) – Hai pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pers dan juga fungsinya. Pers merupakan salah satu lembaga sosial yang mempunyai undang-undang tentang pers No. 4o tahun 1999.

Pengertian Pers Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Lengkap)

Nah untuk dapat mengetahui pengertian pers dan juga fungsi dari pers, mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan artikel ini. Yang akan di jelaskan dengan sejelas mungkin, sehingga yang ingin mengetahui dan juga mencari informasi tentang artikel yang akan kita bahas dapat lebih mudah mendapatkannya. Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini.

Pengertian Pers

Tentu saja sudah tidak asing bagi beberapa orang mengenai pers berdasarkan dari undang-undang tentang pers No. 40 tahun 1999, bahwa pers ialah sebuah lembaga sosial dan juga wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memiliki, memperoleh, menyimpan, mengelolah, dan juga menyampaikan informasi baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, suara, gambar dan juga suara, media cetak serta segala jenis saluran yang tersedia.

Pengertian Pers Menurut Para Ahli

Selain pengertian yang sudah diberikan diatas, ada juga pengertian dari pers berdasarkan para ahli. Untuk dapat mengetahui pengertian pers menurut para ahli mari langsung saja kita lanjutkan pembahasan yang akan menjelaskannya di bawah ini.

1. R.Eep Saefulloh Fatah

Beliau menerangkan bahwa pers merupakan sebuah pilar keempat bagi demokrasi yang juga memiliki sebuah peranan yang penting di dalam membangun kepercayaan, kredibilitas, bahkan legitimasi pemerintah.

2. Frederich S. Siebert

Pers ialah semua media komunikasi massa yang memenuhi sebuah persyaratan publisistik ataupun tidak dan juga media komunikasi massa yang memnuhi persyaratan publisistik yang tertentu.

3. Ensiklopedi

Pers indonesia menyebutkan bahwa istilah dari pers ialah sebutan bagi penerbit atau perusahaan dan juga kalangan yang memiliki keterkaitan dengan media masa ataupun wartawan.

4. Oemar Seno Adji

Pers yang terbagi atas dua yaitu ialah pers dalam arti yang sempit dan juga pers di dalam arti yang luas. Dimana dilam arti sempit ialah pers yang berartikan penyiaran gagasan serta perasaan seseorang dengan cara yang tertulis. Sedangkan dalam artian yang luas pers ialah memancarkan sebuah pikiran atau juga gagasan serta perasaan seseorang baik dengan menggunakan kata-kata yang tertulis ataupun lisan yang menggunakan seluruh alat media komunikasi yang ada.

Fungsi Pers

Sebuah fungsi  tentu saja dimiliki dengan adanya dan terbentuknya sebuah lembaga sosial, untuk dapat mengetahui apa saja fungsi tersebut, mari sama-sama kita lanjutkan pembahasan berikut ini yang dijelaskan menurut Harold D. Lasswell dan Charles R. Wright.

  1. Untuk alat pengamat sosial
  2. Sebagai alat korelasi sosial
  3. Sebagai alat sosialisasi

Pengertian Pers Menurut Para Ahli Dan Fungsinya Lengkap

Selain ketiga fungsi yang telah dijelaskan ada pula fungsi pers yang dijelaskan oleh beberapa sumber, diantaranya ialah sebgai berikut.

  1. Sebagai media informasi
  2. Sarana media pendidikan
  3. Sebagai media hiburan
  4. Sarana media kontrol sosial
  5. Sebagai sebuah lembaga ekonomi

Sekian penjelasan yang bisa diberikan seputarpengetahuan mengenai Pengertian Pers Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Lengkap), semoga penjelasan artikel kali ini dapat menambah wawasan dan informasi para pembaca, semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi