√ Pengertian Mitokondria dan Fungsi Mitokondria (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Mitokondria dan Fungsi Mitokondria (Pembahasan Lengkap) – Untuk pembahasan kali ini kita akan memulai pembahasan mengenai mitokondria dan juga fungsinya. Sudah tahukah mengenai mitokondria? Untuk itu akan kita bahas di artikel kali ini.

Pengertian Mitokondria dan Fungsi Mitokondria (Pembahasan Lengkap)

Supaya dapat lebih jelas mari sama-sama kita membahas artikel ini supaya bisa memahami apa sebenarnya mitokondria itu. Dan bagi yang ingin mempelajari ataupun mendapatkan informasi beserta wawasan yang lebih luas, kita langsung saja kepembahasan berikut ini.

Pengertian Mitokondria

Mitokondria ialah sebuah organel, mitokondria yang berasal dari bahasa yunani mitos yang mempunyai arti “benang” dan chondros yang mempunyai arti “butir”. Pemberian nama dari mitokondria itu sendiri menggambarkan bahwa organel mempunyai kemiripan seperti benang apa bila dilihat dengan sebuah mikroskop cahaya.

Mitokondria ialah sebuah organel sel yang memiliki bentuk yang bulat panjang seperti cerutu dan juga memiliki ukuran sekitar 0,3 sampai 0,4 mikron. Mitokondria yang biasanya dijumpai diseluruh sel eukariotik, dan paling banyak biasanya ditemukan di dalam sel-sel yang aktivitas dari metaboliknya tinggi, dan juga letaknya berada di dalam sitoplasma,tepi sel dan juga nukleus.

Adanya sebuah mitokondria di dalam sebuah sitoplasma yang berkaitan dengan sebuah fungsi mitokondria sebagai pembuat dan juga pemberi energi. Serta secara relatif pada setiap sel memiliki jumlah mitokondria yang berbeda. Misalkan sel hewan yang memiliki kandungan mitokondria yang lebih banyak jika dibandingkan dengan sel tumbuhan. Mitokondria memiliki membran ganda yaitu membran dalam yang terlipat secara ekstensif dan juga membrane luar yang halus dan membentuk perbatasan luar.

Baca Juga:  √ Pengertian Rantai Makanan dan Macamnya (Bahas Terlengkap)

Krista atau juga lipatan-lipatan itu menjulur ke dalam bagian organel. Dan di dalam mitokondria terdapat sebuah zat antara ataupun matrik yang mempunyai kandungan beberapa enzim yang bisa memungkinkan berlangsungnya sebuah siklus asam sitrat(siklus kreb’s) yang terutama pada enzim ATP Synthetase dan juga energi.

Selain itu juga matrik ini mengandung protein, lipida, ribosom, granula-granula tertentu , dan juga DNA. Sejumlah enzim tadi memiliki keterkaitan di dalam pemecahan sistemik molekul organik supaya bisa menghasilkan energi sel. Sedangkan fungsi dari DNA sendiri di dalam mitokondria ialah untuk mengatur sintesisprotein di dalam ribosom dan juga sitoplasma.

Pengertian Mitokondria Dan Fungsi Mitokondria Lengkap

Fungsi Mitokondria

Selain dari penjelasan mengenai mitokondria ada juga penjelasan mengenai fungsi dari mitokondria yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Sebagai power house of cell atau pusat dari pembangkit tenaga dari sel
  2. Sebagai sintesis lipid pada matriks mitokondria
  3. Sebagai oksidasi makanan
  4. Sebgai fosforilasi oksidatif
  5. Sebagai system transfer electron dan juga dehidrogenasi

Sekian penjelasan yang dapat diberikan mengenai Pengertian Mitokondria Dan Fungsi Mitokondria Lengkap, semoga dengan penjelasan yang diberikan bisa bermanfaat 🙂