√ Pengertian Metode Ilmiah dan Langkah Metode Ilmiah (Lengkap)

Pengertian Metode Ilmiah dan Langkah Metode Ilmiah (Lengkap) – Untuk kali ini kita akan mulai membahas artikel mengenai metode ilmiah dan juga langkah-langkahnya. Metode ilmiah biasa di gunakan pada saat penyusunan skripsi untuk mengerti masalah yang ada dan juga jawaban dari masalah tersebut.

Pengertian Metode Ilmiah dan Langkah Metode Ilmiah (Lengkap)

Untuk itulah disini kita membahasnya agar dapat membantu yang ingin mengetahui tentang metode ilmiah. Jika kita sudah paham mengenai arti dan juga langkah-langkah yang harus dilakukan tentu saja tidak akan sulit untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tersebut. Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Metode Ilmiah

Secara sederhana metode ilmiah ialah langkah kerja yang dilakukan para peneliti di dalam menjawab masalah yang ada. Sedangkan menurut buku Schaum outline yang dijelaskan bahwa metode ilmiah ataupun metode saintifik ialah sebuah langkah-langkah kerja rutin dari saintis-saintis aktif dengan seiring dibimbingnya mereka dari keingintahuan untuk dapat mempelajari keteraturan dan juga hubungan antara fenomena-fenomena yang dipelajari oleh mereka.

Tetapi di dalam pengertian metode ilmiah yang terbaru yang juga dikembangkan oleh Francis Bacon (1561-1626) bahwa metode ilmiah ialah serangkaian dari langkah-langkah yang berupa melakukan sebuah identifikasi masalah.

Baca Juga:  √ Pengertian Perpustakaan, Fungsi, Tujuan, Jenis & Perannya Lengkap

Dengan mengumpulkan data di dalam cakupan masalah yang ada, serta memilah data untuk mencari suatu hubungan, dan juga merumuskan hipotesis ataupun dugaan dari ilmiah sementara.

Dengan menguji hipotesis secara tepat dan juga mengonfirmasi hipotesis atau dugaan ilmiah jika terdapat sebuah temuan-temuan baru di dalam eksperimen yang di lakukannya. Dan langkah-langkah ilmiah itu sendiri dilakukan secara sistematis dan juga berurut.

Sedangkan yang diterangkan oleh sumber Wikipedia pengertian dari metode ilmiah atau juga proses ilmiah (scientific method) yang merupakan sebuah proses keilmuan untuk dapat memperoleh pengaturan secara sistematis yang berdasarkan bukti fisis.

Saintis atau juga para peneliti ataupun ilmuwan yang melaksanakan pengamatan dan juga membentuk hipotesis di dalam usahanya sehingga dapat menjelaskan suatu fenomena alam.

Dan apa bila hipotesis itu lolos uji melalui sebuah eksperimen berkali-kali baik oleh satu peneliti atau juga oleh peneliti yang lainnya. Hipotesis tersebut bisa menjadi suatu teori ilmiah.

Saintis ataupun para peneliti mungkin tertarik kepada sebuah aspek-aspek yang berbeda dari alam, akan tetapi mereka semuanya menggunakan sebuah pendekatan intelektual yang serupa supaya mengarahkan penyelidikan-penyelidikan tersubut antar lain yaitu metode ilmiah.

Pengertian Metode Ilmiah Dan Langkah Metode Ilmiah Lengkap

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Di dalam sebuah metode ilmiah tentu saja ada langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Untuk bisa membuat sebuah metode tersebut berjalan dengan sempurna. Oleh sebab itu untuk bisa mengerti dengan baik langkah-langkah dari metode ilmiah mari kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

  1. Harus dapat merumuskan sebuah masalah dan dapat dicari jawabannya.
  2. Mencari jawaban dengan kumpulan data-data yang relevan.
  3. Pengajuan sebuah dugaan ilmiah atau tebakan ilmiah (hipotesis).
Baca Juga:  √ Pengertian Tipografi, Fungsi, Elemen & Klasifikasinya (Lengkap)

Sekian penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Metode Ilmiah dan Langkah Metode Ilmiah (Lengkap), metode ilmiah adalah salah satu hal penting yang harus di ketahui apa bila sedang menyusun sebuah skripsi. Semoga bermanfaat 🙂