Pengertian Konsumsi, Tujuan dan Faktornya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Konsumsi, Tujuan dan Faktornya (Pembahasan Lengkap) – Di dalam kehidupan seseorang pastinya dirinya memiliki keinginan untuk memdapatkan barang yang dapat dirinya konsumsi dangan tujuan untuk mempertahankan kehidupannya.

Dalam mendapatkan barang konsumsi tersebut pada umumnya terdapat banyak usaha yang mesti di lakukan olehnya dengan cara bekerja dengan giat. Dengan cara itu dapat memberikan peluang mendapatkan barang konsumsi menjadi lebih mudah.

Pengertian Konsumsi, Tujuan dan Faktornya (Pembahasan Lengkap)

Sebenarnya apa itu konsumsi kenapa menjadi hal yang paling penting di kehidupan umat Manusia di bumi ini. Untuk dapat mengerti tentang pengertian konsumsi beserta tujuan dan faktornya akan di jelaskan sebgai berikut :

Pengertian Konsumsi

Konsumsi merupakan kegiatan yang di lakukan dengan tujuan menggunakan manfaat yang ada di dalam suatu barang atau jasa dalam rangka untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Konsumsi juga berarti tindakan yang di lakukan Manusia dalam memakai dan menikmati kegunaan dari barang atau jasa untuk dapat memnuhi kebutuhan hidupnya.

Tujuan Konsumsi

Konsumsi memiliki tujuan utaman yaitu untuk dapat memnuhi kebutuhan hidup seseorang secara langsung, menggunakan barang atau jasa yang di luar tujuan tersebut yang pasti bukan termasuk suatu kegiatan konsumsi. Yang bukan termasuk kegiatan konsumsi adalah seperti sopir angkot yang mengantarkan para penumpangnya di setiap hari dari pagi hingga sore. Hal ini tidak dapat di kategorikan sebagai suatu kegiatan konsumsi melainkan kegiatan produksi.

Konsumsi memiliki ciri yang dapat membedakan itu prilaku konsumsi atau bukan prilaku konsumsi. Berikut adalah ciri benda atau barang konsumsi yang di jelaskan sebagai berikut :

  1. Barang yang di konsumsi dapat memnuhi kebutuhan hidup. Seperti penggunaan cangkul, palu, paku bukan lah termasuk kegiatan konsumsi karena itu termasuk dalam kegiatan produksi.
  2. Barang konsumsi dapat memiliki manfaat, nilai serta volume yang ketika di pakai akan habis sekaligus atau dapat habis dengan cara berangsur-angsur. Dan barang konsumsi dapat habis sekaligus apabila barang konsumsi tersebut memanglah jenis barang yang dapat habis sekaligus seperti makanan dan juga minuman. Barang yang tidak langsung habis dalam sekali pakai atau dapat habis secara berangsur adalah seperti pakaian, ember, tv, dan lain-lain.
  3. Barang konsumsi dapat di peroleh dengan pengorbanan dan merupakan barang ekonomi. Dan barang tersebut harus di peroleh denganan pengorbanan dan merupakan barang ekonomis. Karena jika kita menghirup udara dan berjemur di pagi hari itu bukanlah kegiatan produksi karena dapat di lakukan secara Cuma-Cuma atau gratis.

Faktor Produksi

Faktor yang dapat mempengaruhi produksi yang diantaranya adalah:

1. Harga Barang

Harga barang sangat menetukan karena jika harga suatu barang naik maka akan memberi dampak tingkat konsumsi yang di lakukan menurun. Sebaliknya jika harga menjadi murah akan banyak tingkat konsumsi yang akan di lakukan.

2. Jumlah Anggota Keluarga

Jumlah anggota keluarga memberi dampak yang cukup besar karena semakin banyak anggota keluarga maka akan semakin banyak pula pengeluaran yang di butuhkan setiap harinya.

Pengertian Konsumsi Beserta Tujuan Dan Faktornya Lengkap

3. Tingkat Penghasilan Dan Pendapatan

Tingkat pendapatn dan penghasilan yang di dapatkan oleh seseorang akan menjadi faktor penghalang. Ketika pendapatan atau penghasilan yang di dapatkan menjadi besar maka tingkat konsumsi yang akan di lakukannya menjadi besar dan sebaliknya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Konsumsi, Tujuan dan Faktornya (Pembahasan Lengkap)Β yang di berikan seputarpengetahuan. Dengan adanya takaran atau control terhadap pengeluaran yang kita keluarkan akan memberikan kita tabungan yang nantinya akan bermanfaat bagi diri kita tidak hanya memikirkan apa yang kita konsumsi terus menerus. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Daftar Isi