√ Pengertian Kerjasama, Bentuk dan Manfaatnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Kerjasama, Bentuk dan Manfaatnya (Bahas Lengkap) – Artikel yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai kerjasama. Tentu sudah tidak asing bagi kita dengan istilah kerjasama, karena biasanya dilakukan kerjasama disaat bekerja.

Pengertian Kerjasama, Bentuk dan Manfaatnya (Bahas Lengkap)

Karena manusia merupakan makhluk sosial yang mempunyai arti manusia harus hidup saling berdampingan dengan manusia yang lainnya. Untuk itu selalu terjadi kerjasama antara seseorang dengan orang yang lainnya. Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini.

Pengertian Kerjasama

Kerjasama ialah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih agar bisa mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama. Atau juga kerjasama bisa diartikan sebagai sebuah tindakan-tindakan di dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih agar bisa mencapai tujuan serta demi keuntungan bersama.

Biasanya di dalam sebuah perusahaan atau juga lembaga-lembaga kerjasama tim sudah menjadi sebuah kebutuhan agar dapat mewujudkan keberhasilan di dalam mencapai tujuan. Kerjasama sebuah tim yang akan menjadi sebuah dorongan sebagai energi ataupun motivasi bagi setiap individu yang juga tergabung di dalam sebuah tim kerja.

Baca Juga:  √ 15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Jika sebuah kerjasama tim bisa berjalan secara baik, maka sebuah kelancaran di dalam berkomunikasi ataupun rasa bertanggung jawab kepada setiap individu yang ada di dalam sebuah tim kerja akan dapat terbentuk.

Cara untuk Membina Kerjasama

Sebuah kerjasama dapat dilakukan jika cara yang digunakan sudah tepat, untuk itu pembahasan yang selanjutnya ialah membahas tentang cara membuat kerjasama yang akan di bahas berikut ini.

  1. Menentukan Sebuah Tujuan
  2. Menyiapkan profil
  3. Membuat sebuah pesan yang positif
  4. Menghargai setiap pendapat dan juga kebiasaan rekan kerja
  5. Selalu fokus kepada kualitas
  6. Menawarkan bantuan
  7. Menunjukan antusiasme

Bentuk Kerjasama

Selain bagaimana cara untuk dapat membentuk kerjasama, tetapi ada juga bentuk-bentuk dari kerjasama. Apa saja bentuk tersebut? mari langsung saja kita melanjutkan pembahasan berikut ini.

  1. Tawar menawar atau Bargaining, ialah membentuk kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
  2. Koalisi atau Coalition, ialah gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang memiliki tujuan yang sama, mereka bekerjasama agar mencapai tujuan tersebut.
  3. Joint Venture, ialah kerjasama agar mengerjakan proyek-proyek tertentu supaya bisa cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
  4. Cooptation, ialah proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini bisa dijadikan sebuah cara agar menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi.
  5. Atas dasar kerukunan, ialah kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
Baca Juga:  √ Pengertian Kelompok Sosial dan Ciri-cirinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Kerjasama Dan Manfaat Kerjasama Terlengkap

Manfaat Kerjasama

Selain dari penjelasan yang sudah diberikan ada sebuah manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, apa manfaat tersebut? mari kita melanjutkan pembahasannya berikut ini.

  1. Dapat mempererat ikatan kerjasama
  2. Menumbuhkan sebuah semangat persatuan
  3. Pekerjaan bisa lebih cepat selesai
  4. Pekerjaan menjadi lebih ringan

Sekian penjelasan yang dapat diberikan mengenai Pengertian Kerjasama, Bentuk dan Manfaatnya (Bahas Lengkap), kerjasama adalah hal yang biasa dilakukan saat bekerja baik itu di perusahaan ataupun wiraswasta, semoga bermanfaat.

4.8
362