√ Pengertian Devisa, Sumber Devisa dan Fungsi Devisa (Lengkap)

Pengertian Devisa, Sumber Devisa dan Fungsi Devisa (Lengkap) – Untuk pembahasan artikel kali ini mengenai devisa. Mungkin bagi beberapa kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan istilah devisa. Namun untuk beberapa orang masih ada yang belum mengetahui apa itu devisa.

Pengertian Devisa, Sumber Devisa dan Fungsi Devisa (Lengkap)

Untuk itulah kami ingin membahasnya agar setiap para pembaca yang membaca artikel ini dapat mengerti arti yang sebenarnya dari devisa. Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasan tentang artikel kali ini yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Devisa

Devisa ialah seluruh barang yang dapat untuk digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Dan ada pula pengertian devisa yang lainnya yaitu devisa ialah sejumlah valuta asing untuk membiayai sebuah transaksi perdagangan Internasional. Devisa juga terdiri dari valuta asing yakni ialah mata uang yang diterima oleh seluruh negara yang ada di dunia ialah UU Dollar ($), Yen Jepang, Euro, Poundsterling (Inggris), Prancis-Franc, Switzerland-Franc, Dollar-Canada, DM (Deutshe Mark) Germany, surat berharga dan juga emas yang berlaku sebagai pembayaran internasional.

Hal tersebut masuk ke dalam pengawasan otoritas moneter yakni Bank Sentral. Devisa sama dengan sebuah fungsi uang pada umumnya, akan tetapi devisa berbeda di dalam transaksi internasional ataupun antarnegara yang mana sebagai alat pembayaran di antarnegara, pertukaran barang dan juga jasa, menimbun kekayaan, cadangan moneter, serta mengukur kekayaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Ekonomi Manajerial, Ruang Lingkup dan Contohnya

Pemerintah wajib untuk mempunyai cadangan devisa supaya perdagangan internasional di dalam menjaga sebuah stabilitas moneter dan juga ekonomi makro suatu negara. Dan cadangan devisa adalah sebuah indikator moneter kuat ataupun lemahnya ekonomi dari suatu negara.

Sedangkan pengertian dari cadangan devisa ialah sejumlah valas yang dicadangkan oleh Bank Sentral (Bank Indonesia) untuk sebuah keperluan pembiayaan dan juga kewajiban luar negeri, misalnya seperti pembiayaan impor dan juga pembiayaan yang lainnya kepada pihak asing.

Sumber-Sumber Devisa

Setelah pengertiannya yang sudah dijelaskan, untuk yang selanjutnya akan dijelaskan tentang sumber-sumber devisa dari suatu negara yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Dari kegiatan ekspor barang
  • Sebuah penyelenggaraan jasa-jasa
  • Pariwisata
  • Pinjaman luar negeri
  • Hibah dan juga hadiah dari luar negeri
  • Jika warga negara bekerja di luar negeri

Jenis-Jenis Devisa

Selain dari dua penjelasan yang sudah diberikan, masih ada lagi penjelasan yang akan diberikan berikut ini.

Devisa Umum

Merupakan sebuah jenis devisa yang dapat diperoleh tanpa adanya kewajiban untuk mengembalikan, misalkan ekspor, penyelenggaraan jasa-jasa dan juga yang lainnya.

Devisa Kredit

Adalah sebuah jenis devisa yang dapat diperoleh dengan sebuah syarat untuk mengembalikan misalkan pinjaman luar negeri.

Pengertian Devisa, Sumber devisa Dan Fungsi Devisa Lengkap

Fungsi Devisa

Sudah ada tiga penjelasan yang diberikan, akan tetapi masih ada penjelasan berikutnya yang akan di jelaskan di bawah ini.

  • Sebagai sebuah alat pembayaran utang luar negeri.
  • Sebagai sebuah alat pembiayaan sebuah hubungan internasional, misalkan seperti perjalanan dinas, diplomatik kedaulatan, konsultan dan lain sebagainya.
  • Sebagai sebuah alat pembayaran internasional misalnya ekspor, impor dan lain sebagainya.
  • Sebagai sebuah sumber pendapatan negara, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.
Baca Juga:  √ 12 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Sekian penjelasan yang bisa diberikan seputarpengetahuan secara singkat mengenai Pengertian Devisa, Sumber devisa Dan Fungsi Devisa Lengkap, semoga dengan membaca artikel ini dapat menambahkan sebuah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para pembaca, semoga bermanfaat 🙂

5.0
04