√ Pengertian CV, Kelebihan dan Kekurangannya (Bahas Lengkap)

Pengertian CV, Kelebihan dan Kekurangannya (Bahas Lengkap) – Dalam berkerja di perlukan suatu kelompok atau individu lain untuk membantu melakukan suatu pekerjaan yang berat. Dalam melakukan pekerjaan yang berat tersebut bebanpun akan berat di rasakan.

Maka untuk melakukan perkerjaan tersebut di perlukan ahli atau anggota yang kompeten di bidangnya untuk membantu mendirikan suatu perusahaan. Tipe perusahaan yang baru akan di buat dan terdiri dari setidaknya 2 orang adalah CV.

Pengertian CV, Kelebihan dan Kekurangannya (Bahas Lengkap)

CV dapat di dirikan minimalnya 2 orang di dalamnya yang berkompeten dan memiliki keahlian dalam mengelola perusahaan tersebut. Untuk dapat mengerti tentang apa itu CV akan di jelaskan beserta kelebihan dan kekurangannya lengkap sebagai berikut :

Pengertian CV

CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennootschap yang berarti persekutuan dari 2 orang atau lebih untuk dapat mendirikan suatu badan usaha yang sebagain besar dari anggotanya mendapatkan tanggung jawab yang tidak terbatas tetapi ada pula anggota yang memiliki tanggung jawab yang terbatas.

Di Indonesia CV di kenal sebagai Persekutuan Komoditer yang terdiri dari sebagian sekutu aktif dan sebagaian sekutu pasif. Sekutu yang aktif berperan penting dan memiliki tanggung jawab yang tinggi karena merancang dan menyumbangkan segala pikiran dan tenaganya untuk dapat memajukan perusahaan. Sedangkan sekutu pasif adalah sekutu yang hanya memberi modal kepada perusahaan dan pergi begitu saja dengan mengandalkan bagain dari keuntungan yang di sepakati bersama.

Baca Juga:  √ Pengertian PT Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Kelebihan CV

CV memiliki beberapa kelebihan yang ada di dalamnya, kelebihan itu adalah sebagai berikut:

  • CV pada biasanya mudah dalam mendapatkan modal, karena pihak perbankan lebih mempercayainya.
  • Kemampuan dalam bermanajemennya besar.
  • Lebih mudah dalam mendapat suntikan modal, karena CV sudah pupoler di Indonesia.
  • Resiko yang dihadapi di tanggung bersama.
  • Dapat mudah berkembang karena di duduki oleh yang paling ahli dari sekutu di bidangnya.

Kelemahan CV

Kelemahan yang dimiliki oleh CV adalah :

  • Kelangsungan dari perusahaan tidak menentu.
  • Dapat terjadi konflik diantara sekutu perusahaan.
  • Modal yang telah ditanamkan sulit untuk di Tarik kembali.
  • Anggota yang aktif berperan penting dan memiliki tanggung jawab yang tak terbatas.

Pengertian CV Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Bentuk dan Jenis CV

CV memiliki beberapa bentuk dan jenis yang diantaranya adalah :

CV Murni

Bentuk CV ini hanya memiliki satu sekutu yang aktif.

CV Campuran

Bentuk CV ini berasal dari Firma yang sangat memerlukan modal dan menjadi sekutu aktif apa bila ada sekutu lain akan di jadikan sekutu pasif.

CV Bersaham

Bentuk CV ini adalah CV yang dapat mengeluarkan saham, yang mana saham yang di dalmnya tidak dapat di perjualbelikan dan di bagi kepada pihak sekutu untuk dapat diambil olehnya. Ini untuk menghindari dari terjadinya modal beku.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian CV, Kelebihan dan Kekurangannya (Bahas Lengkap) yang di jelasakan oleh Seputar Pengetahuan. Untuk mendirikan CV yang baik memerlukan anggota dan sekutu yang kuat serta memiliki pengalaman yang baik dan dapat diandalkan untuk keberlangsungan CV tersebut. Semoga bermanfaat 🙂