Sudut Pandang : Pengertian dan Jenisnya (Lengkap)

Sudut Pandang : Pengertian dan Jenisnya (Lengkap) – Kita lanjutkan lagi pembahasan kali ini yang mengenai sudut pandang dan juga jenisnya. Dan apa sebenarnya sudut pandang didalam sebuah cerita? Disini akan kita bahas.

Sudut Pandang : Pengertian dan Jenisnya (Lengkap)

Semoga dengan pembahasan kali ini akan memberikan ilmu yang bermanfaat mengenai sudut pandang dan juga jenis dari sudut pandang. Agar lebih jelasnya mari kita mulai saja pembahasan mengenai sudut pandang dan juga jenis dari sudut pandang dibawah ini.

Pengertian Sudut Pandang

Sudut pandang ialah cara bagaimana penulis cerita dalam menempatkan dirinya didalam cerita, ataupun dari sudut mana penulis cerita memandang cerita yang dibuat olehnya. Sudut pandang juga bisa dikatakan sebagai suatu teknik atau juga siasat yang disengaja dilakukan oleh penulis untuk dapat menyampaikan ceritanya. Oleh karena itu sudut pandang bisa mempengaruhi penyajian suatu cerita dan juga alurnya.

Jenis Sudut Pandang

Sudut pandang mempunyai jenis-jenisnya, apa saja jenis-jenis dari sudut pandang mari sama-sama kita lanjutkan pembahasannya dibawah ini.

1. Sudut Pandang Orang pertama Sebagai Pelaku Utama

Yang pertama adalah sudut pandang orang pertama sebagai pelau utama, dimana sudut pandang ini pada umumnya menggunakan kata ganti aku ataupun saya didalam tokoh utama serita.

Contoh dari sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama adalah pagi hari aku bangun dari tidur panjang yang sudah melelapkanku, aku kemudian bergegas untuk pergi ke kamar mandi sebelum berangkat sekolah.

2. Sudut Pandang Orang Pertama Sebagai Pelaku Sampingan

Yang kedua adalah orang pertama sebagai pelaku sampingan, maksudnya adalah didalam sudut pandang ini seolah-olah si tokoh utama bercerita, akan tetapi posisinya didalam cerita bukan sebagai tokoh utama.

Contoh dari sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan adalah aku bangga melihat putri teman baik ku, dia sangatlah cerdas didalam berbagai mata pelajaran yang ada disekolah.

3. Sudut Pandang Orang Ketiga Serba Tahu

Yang ketiga adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu, pada sudut pandang ini pada umumnya menggunakan kata ganti seperti ia, dia atau nama dari pelaku yang ada didalam cerita yang dibuat oleh penulis.

Contoh dari sudut pandang orang ketiga serba tahu adalah sudah satu bulan aku sering melihat dia menunggu bus di bangku yang ada di pingggir jalan itu, tapi belum satu kalipun dia terlihat menunggu bus dengan temannya.

4. Sudut Pandang Orang Ketiga Pengamat

Dalam sudut pandang ini memiliki maksud dari kata β€œdia” sangat terbatas. Penulis cerita yang menggambarkan apa yang dilihat, didengar, dan juga yang dialaminya dan yang dirasakan juga oleh tokoh utama didalam cerita. Akan tetapi hal tersebut sangat terbatas hanya pada satu orang tokoh saja.

Pengertian Sudut Pandang Dan Jenis Sudut Pandang Lengkap

Contoh dari sudut pandang orang ketiga pengamat adalah datang seorang siswa baru yang berpakaian keren kedalam kelas. Wajahnya yang juga tampan membuat semua siswi dikelas itu terdiam. Dan tiba-tiba siswa baru itu tersenyum dan membuat seluruh siswi dikelas menjerit histeris karena tidak menyangka bahwa senyum siswa baru tersebut sangat mempesona.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan mengenai Sudut Pandang : Pengertian dan Jenisnya (Lengkap), sudut pandang adalah bagai mana seorang penulis cerita menempatkan dirinya didalam cerita yang dia tulis, dan juga memiliki beberapa jenis didalamnya, semoga bermanfaat πŸ™‚

Daftar Isi