√ Pengertian Laporan, Fungsi Laporan & Manfaat Laporan Lengkap

Pengertian Laporan, Fungsi Laporan & Manfaat Laporan Lengkap – Untuk pembahasan kali ini kita akan mulai membahas mengenai pengertian dari laporan fungsi dan juga manfaatnya. Di setiap kegiatan baik kegiatan disekolahan ataupun dipekerjaan tentu harus memberikan laporan untuk dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk itu kita akan membahas semua mengenai artikel ini agar dapat membantu para pembaca dan juga yang membutuhkan informasi mengenai artikel kali ini. Dimana laporan merupakan hal penting disemua kegiatan dari perusahaan maupun di sekolah.

Mari sama-sama kita mulai pembahasannya agar dapat mengetahui penjelasan mengenai laporan supaya dapat mengetahui semuanya dengan baik, untuk itu kita langsung saja menyimak dibawah ini.

Pengertian Laporan, Fungsi Laporan & Manfaat Laporan Lengkap

Mari kita bahas pengertian laporan terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Laporan

Laporan merupakan suatu bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai suatu keadaan ataupun suatu kegiatan. Dan pada dasarnya suatu fakta yang disajikan itu adalah tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor.

Sedangkan fakta yang disajikan adalah bahan ataupun keterangan dari informasi yang dibutuhkan. Dan berdasarkan dari suatu objektif yang dialaminya sendiri oleh si pelapor atau dilihat, didengar, dirasakan sendiri. Dan ketika si pelapor telah melaksanakan kegiatan ataupun suatu kegiatan.

Baca Juga:  √ Pengertian Makalah, Ciri-Ciri Makalah dan Jenisnya (Lengkap)

Fungsi Laporan

Di dalam sebuah laporan tentu terdapat fungsi yang dimilikinya, untuk dapat mengetahui apa saja fungsi yang dimiliki dari sebuah laporan mari kita bahas di bawah ini.

  1. Sebagai bahan untuk pertanggungjawaban
  2. Sebagai alat untuk menyampaikan informasi
  3. Sebagai alat pengawasan
  4. Sebagai bahan penilaian
  5. Sebagai bahan pengambilan keputusan

Manfaat Laporan

Didalam sebuah laporan sudah tentu mempunyai manfaat didalamnya, apa saja manfaat yang dimiliki sebuah laporan ? mari langsung saja kita melanjutkan pembahasan dibawah ini.

  1. Sebagai dasar penentuan kebijakan
  2. Sebagai bahan untuk penyusunan rencana kegiatan berikutnya
  3. Dapat mengetahui perkembangan dan proses dari peningkatan kegiatan
  4. Menjadi sumber informasi

Pengertian Laporan, Fungsi Laporan, Dan Manfaat Laporan

Ciri-Ciri Laporan

Selain yang sudah dijelaskan diatas ada lagi ciri-ciri dari sebuah laporan, apa saja ciri-ciri tersebut? langsung saja kita melanjutkan pembahasan mengenai artikel kali ini adalah sebagai berikut.

  1. Ringkas
  2. Lengkap
  3. Logis
  4. Sistematis

Sekian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Pengertian Laporan, Fungsi Laporan & Manfaat Laporan Lengkap, laporan merupakan sesuatu yang sangat penting didalam semua kegiatan yang ada.

Dimana laporan merupakan salah satu bahan untuk dapat mempertanggungjawabkan sebuah kegiatan dan juga dapat berfungsi sebagai bahan untuk mengatur acara di kegiatan yang berikutnya. Semoga bermanfaat 🙂