√ Pengertian Konsep, Ciri dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Konsep, Ciri dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Untuk kali ini kita akan mulai membahas mengenai konsep dan juga ciri-ciri beserta fungsinya. Apa itu konsep? pasti kita sudah sering mendengar kalimat konsep, tetapi sebenarnya kita belum mengetahui arti yang sesungguhnya.

Pengertian Konsep, Ciri dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Sekarang kita akan mencari tahu arti yang sesungguhnya mengenai konsep jadi kita bisa mengerti arti yang sebenarnya sehingga kita tidak salah dalam mengartikan sebuah konsep. Didalam sebuah rencana kita juga membutuhkan sebuah konsep jika konsep tidak benar maka rencana yang dibuatpun akan rusak. Maka mari langsung saja kita mulai pembahasannya mengenai arti konsep yang sebenarnya.

Pengertian Konsep

Konsep ialah istilah yang bisa digunakan untuk menggambarkan secara abstrak dari suatu objek untuk tujuan mengklasifikasikan ataupun mengkategorikan suatu kelompok dari suatu benda serta gagasan ataupun peristiwa.

Konsep juga dapat menyatukan sejumlah benda seperti gagasan, peristiwa maupun fenomena menjadi satu kesatuan. Sehingga dengan sebuah konsep bisa menyebutkan beberapa benda, gagasan, serta peristiwa ataupun fenomena dengan lebih simpel.

Baca Juga:  √ Pengertian Manajemen Konstruksi, Peran, Fungsi, Tujuan dan Tugasnya

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian dari konsep menurut para ahli diantaranya.

1. Menurut Soedjadi

konsep ialah ide abstrak yang bisa digunakan untuk mengadakan klasifikasi ataupun penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah maupun rangkaian kata.

2. Menurut Bahri

konsep ialah satuan dari arti yang dapat mewakili sejumlah objek yang memiliki ciri yang sama.

Ciri-ciri Konsep

Di dalam sebuah konsep memiliki beberapa ciri-cir, apa saja ciri-ciri dari konsep mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan mengenai konsep.

  1. Konsep itu mempunyai sifat abstrak dan merupakan gambaran mental tentang benda, peristiwa ataupun kegiatan.
  2. Konsep ialah kumpulan dari benda-benda yang mempunyai karakteristik ataupun kualitas secara umum. Jadi yang ada di dalam konsep terdapat beberapa hal yang bisa di satukan.
  3. Konsep mempunyai sifat personal, pemahaman orang mengenai konsep “kelompok” misalkan mungkin berbeda dengan pemahaman orang lainnya.
  4. Konsep dipelajari melalui sebuah pengalaman dengan belajar.
  5. Konsep bukanlah persoalan arti dari sebuah kata seperti yang ada di dalam kamus, kamus sendiri memiliki makana lain yang lebih luas.

Pengertian Konsep Dan Ciri-Ciri Konsep Beserta Fungsinya

Fungsi Konsep

Di dalam sebuah konsep terdapat fungsi di dalamnya, untuk mengetahui apa saja fungsi dari konsep mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan mengenai konsep ini.

  1. Fungsi Kognitif
  2. Fungsi Evaluatif
  3. Fungsi Operasional
  4. Fungsi Komunikasi

Itu saja penjelasan yang dapat di berikan mengenai Pengertian Konsep, Ciri dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap), konsep merupakan suatu yang dapat menggambarkan secara abstrak suatu objek dengan tujuan untuk mengklasifikasikan atau juga mengkategorikan suatu kelompok menjadi suatu gagasan ataupun peristiwa, semoga bermanfaat 🙂