√ Pengertian Katrol dan Jenis Katrol (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Katrol dan Jenis Katrol (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai katrol. Apa itu katrol ? untuk dapat mengetahui arti yang sebenarnya dari katrol kita akan mulai membahasnya di artikel kali ini.

Semoga dengan membahas mengenai katrol dapat memberikan informasi dan juga ilmu bagi para pembaca ataupun yang sedang mencari tahu tentang katrol ini. Mari sama-sama kita menyimaknya agar mendapatkan informasi yang diinginkan. Langsung saja kita mulai pembahasan yang akan menjelaskan tentang katrol di bawah ini.

Loading...

Pengertian Katrol dan Jenis Katrol (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian katrol terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Katrol

Katrol merupakan salah satu dari jenis pesawat sederhana yang mempunyai fungsi untuk bisa memudahkan pekerjaan manusia. Bagian utama katrol yang terdiri dari roda kecil yang berputar pada porosnya dan juga mempunyai alur tertentu disepanjang sisinya yang nantinya akan dililiti tali, kabel, dan rantai. Katrol yang digunakan bersama dengan seutas tali ataupun rantai tersebut, yang dipergunakan untuk mengangkat beban-beban yang berat ataupun untuk mengubah arah tenaga. Sedangkan prinsip kerja dari katrol adalah menarik ataupun mengangkat suatu benda dengan menggunakan roda atau poros sehingga bisa terasa menjadi lebih ringan. Kemudian ujung tali dikaitkan ke suatu beban, dan ujung yang lainnya ditarik oleh kuasa sehingga menjadikan roda katrol akan berputar.

Baca Juga:  √ Pengertian Satelit, Cara Kerja, Jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Jenis-Jenis Katrol

Katrol memiliki beberapa jenis, untuk dapat mengetahui apa saja jenis-jenis dari katrol mari kita lanjutkan pembahasan mengenai artikel kali ini.

1. Katrol Tetap

Katrol tetap merupakan katrol yang terpasang di suatu tetap (tetap). Dimana katrol tetap tidak mengurangi gaya, melainkan memudahkan untuk mengubah arah gaya. Misalkan katrol yang dipasangkan kekerekan sumur untuk dapat memindahkan air.

Loading...

Pengertian Katrol Dan Jenis-Jenis Katrol Lengkap

2. Katrol Majemuk

Katrol majemuk merupakan paduan antara katrol tetap dengan katrol bebas. Sedangkan pada katrol majemuk terdapat dua katrol yang masing-masingnya mempunyai fungsi sebagai katrol tetap dan juga katrol majemuk. Tetapi ada juga katrol majemuk yang terdiri dari dua blok katrol. Dan ada juga katrol majemuk yang terdiri dari dua balok katrol. Sedangkan katrol jenis ini bisa digunakan untuk mengangkat suatu beban yang sangat berat sehingga bisa untuk menarik tali yang digunakan oleh mesin penarik.

3. Katrol Bebas

Katrol bebas memiliki kedudukan atau juga posisi yang berubah disaat digunakan. Katrol jenis ini pada biasanya berada di atas tali yang kedudukannya bisa berubah. Kemudian katrol dipasang pada tali yang bergantung sehingga mudah untuk dipindahkan. Setelah itu salah satu ujung tali diikat pada tempat tertentu misalkan, alat-alat perangkat dari peti kemas dipelabuhan.

Loading...

Sekian penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Katrol dan Jenis Katrol (Pembahasan Lengkap), katrol merupakan salah satu dari jenis pesawat sederhana dimana katrol sendiri mempunyai beberapa jenis diantaranya katrol tetap dan masih ada yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Loading...