√ Pengertian Filsafat Sejarah Menurut Para Ahli & Cabang Ilmunya

Pengertian Filsafat Sejarah Menurut Para Ahli & Cabang Ilmunya – Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai filsafat sejarah. Tentu bagi yang belum mengetahui apa itu filsafat sejarah pasti akan bertanya-tanya.

Pengertian Filsafat Sejarah Menurut Para Ahli & Cabang Ilmunya

Agar dapat menjelaskan bagi yang belum mengetahuinya maka akan dijelaskan pada artikel kali ini sehingga dapat menyimak dan memahami maksud yang sebenarnya dari filsafat sejarah. Untuk dapat lebih jelasnya mari sama-sama kita mulai pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Filsafat Sejarah

Filsafat ialah pemikiran reflektif atau merenung dan berusaha supaya memikirkan suatu hal dengan mendalam serta radikal. Yang berartikan pemikiran yang jauh untuk menjangkau ke dasar-dasar yang paling dalam untuk dapat mendapatkan hakikat sesuatu yang jauh yang dapat dicapai dengan kemampuan budi dan akal manusia (Van Der Maulen).

Pengertian sejarah yang terdiri dari tiga yaitu sejarah sebagai peristiwa ataupun kejadian yang sesungguhnya terjadi (res gestae), dan sejarah sebagai kisah (story) serta ilmu mengenai peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi (rerun gestarum) ataupun scientia rerum gestarum dan juga sejarah sebagai value ataupun nilai. Sedangkan secara umum pengertian filsafat sejarah ialah suatu pemikiran filosofis tentang peristiwa yang sudah terjadi.

Pengertian Filsafat Sejarah Menurut Para Ahli

Tentu didalam suatu pengetahuan atau sebuah teori pasti memiliki keikut sertaan orang-orang tertentu didalamnya. Ada beberapa pengertian dari filsafat sejarah menurut para ahli.

1. Harry Ritter

Didalam Dictionary of Concepts in History (1986) pengertian dari filsafat sejarah ialah “Philosophy of history is a reflection on the nature of history-history being understood as either the course of human events or more narrowly as the specialized activity of historians.

Baca Juga:  √ Tujuan ASEAN dan Negara Anggota ASEAN (Pembahasan Lengkap)
Loading...

2. R.G. Collingwood

Didalam bukunya yaitu The Idea of History (1956) bahwa pengertian dari filsafat sejarah ialah “The philosophy of history means the philosophical study of that phenomenon which we call historical knowledge or thought.

3. Karl R. Popper

Di dalam A pluralist Approach to the philosophy of History (1969), bahwa filsafat sejarah mempunyai hubungan dengan 3 pertanyaan besar ialah.

  1. What is the plot of History (Apa plot sejarah)
  2. How to write the history (Bagaimana dari cara menulisakan sejarah)
  3. What is the use of history (Apa kegunaan dari sejarah)

4. Patrick Gardiner

filsafat sejarah yang menjawab pertanyaan mengenai arti ataupun tujuan dari proses sejarah, takdir alami manusia (the nature of human destiny), the course of human history dan juga masa depan dari umat manusia (the future of mankid).

5. Ibn Khaldun

Filsafat sejarah merupakan pengkajian aspek internal dari suatu peristiwa eksternal sejarah (Zainab al-Khudairi, 1979:58).

Cabang Ilmu Filsafat

Berikut ini adalah beberapa cabang-cabang ilmu filsafat.

1. Logika

Logika merupakan cabang filsafat yang menyelidiki lurus tidaknya suatu pemikiran kita. Lapangan dalam logika adalah asas-asas yang menentukan pemikiran yang lurus, tepat dan sehat. Dengan mempelajari logika diharapkan seseorang akan dapat menerapkan asas bernalar sehingga dapat menarik kesimpula ndengan tepat. Persoalan-persoalan logika antara lain apa yang dimaksud dengan pengertian, apa yang dimaksud dengan penyimpulan, apa aturan-aturan untuk dapat menyimpulkan secara lurus, sebutkan pembagian silogisme.

2. Epistemologi

Epistemologi merupakan bagian filsafat yang menerangkan tentang terjadinya pengetahuan, sumber pengetahuan, asal mula pengetahuan, batas-batas, sifat, metode dan kesahihan pengetahuan. Contohnya dalam filsafat ilmu yaitu mempelajari tentang ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan bagaimana cara mendapatkannya. Dengan belajar epistemologi dan filsafat ilmu diharapkan dapat membedakan antara pengetahuan dan ilmu serta mengetahui kebenaran suatu ilmu itu ditinjau dari isinya. Persoalan dalam epistemologi diantaranya bagaimanakah manusia dapat mengetahui sesuatu, darimana pengetahuan itu diperoleh.

Baca Juga:  √ 6 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

3. Etika

Etika adalah cabang filsafat yang membicarakan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam hubungannya dengan baik-buruk. Etika dapat membantu kita mengetahui dan memahami tingkah laku apa yang baik menurut teori-teori tertentu. Jadi objek material etika adalah tingkah laku atau perbuatan manusia yang dilakukan secara sadar dan bebas. Objek formal etika adalah kebaikan dan keburukan. Contoh persoalan yang berkaitan dnegan etika diantaranya Bagaimana peranan hati nurani dalam setiap perbuatan manusia.

Loading...

4. Estetika

Estetika merupakan cabang filsafat yang membicarakan tentang keindahan. Objek dari estetika adalah pengalaman akan keindahan. Dengan belajar estetika diharapkan dapat membedakan antara estetika filsafat dan estetika ilmiah, teori-teori keindahan, definisi seni, nilai seni dan teori penciptaan dalam seni. Persoalan yang berkaitan dengan etika misalnya Bagaimana hubungan antara keindahan dengan kebenaran.

Pengertian Filsafat Sejarah Menurut Para Ahli Lengkap

5. Metafisika

Metafisika merupakan cabang filsafat yang membicarakan tentang yang ada. Metafisika membicarakan sesuaru di balik yang tampak. Dengan belajar metafisika maka seseorang akan mengenal Tuhannya. Perosalan metafisis dibagi tiga yaitu ontologi, kosmologi, dan antropologi. Contoh persoalan metafisika antara lain apakah ruang dan waktu itu?manusia sebagai mahluk bebas atau tidka bebas.

Sekian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai Pengertian Filsafat Sejarah Menurut Para Ahli & Cabang Ilmunya, filsafat sejarah yang dimengerti secara umum adalah sebuah pemikiran filosofis peristiwa yang sudah pernah terjadi, semoga bermanfaat 🙂

4.7
31
Loading...