√ Pengertian Ekosistem Darat, Macam dan Cirinya (Terlengkap)

Pengertian Ekosistem Darat, Macam dan Cirinya (Terlengkap) – Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ekosistem dibagi menjadi dua yaitu ekosistem darat dan ekosistem perairan. Kemarin kita sudah membahas mengenai ekosistem perairan dan kali ini kita akan membahas mengenai ekosistem darat.

Pengertian Ekosistem Darat, Macam dan Cirinya (Terlengkap)

Disini kita akan membahas mengenai ekosistem darat supaya dapat memberikan informasi yang dicari oleh para pembaca. Dimana para pembaca ingin mengetahui apa sebenarnya ekosistem darat dan juga macam-macam dari ekosistem darat beserta dengan cirinya. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita mulai pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Ekosistem Darat

Ekosistem darat atau terestrial adalah ekosistem yang faktor lingkungannya lebih didominasi oleh daratan. Ekosistem darat sendiri berada didalam area yang sangat luas atau juga disebut dengan bioma. Tipe bioma sendiri sangat dipengaruhi dengan iklim, sedangkan iklim sendiri dipengaruhi dari letak geografis didalam garis lintang dan jugadari ketinggian tempat suatu permukaan laut.

Dan sebagian dari nama bioma yang disesuaikan dengan vegetasi atau tumbuhan yang dominan. Terdapat tujuh macam dari bioma yang ada dibumi antara lain hujan tropis, padang rumput, savana, tundra, gurun, hutan gugur, dan juga taiga. Untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan pembahasan dibawah ini.

Macam-macam Ekosistem Darat

Berikut ini adalah macam-macam ekosistem darat.

1. Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis berada didalam khatulistiwa, seperti yang dad didalam lembah sungai amazon, amerika selatan, asia tenggara (Indonesia, Malaysia, Thailand) serta lembah sungai kongo.

2. Padang Rumput

Padang rumput berada didaerah tropis sampai yang beriklim sedang, antara lain hongaria, amerika selatan, australia, dan juga rusia selatan. Sedangkan di indonesia padang rumput berada di nusa tenggara. Sedangkan hewan yang dapat hidup dipadang rumput adalah reptil, kanguru, burung, kijang, singa, cheetah, serigala, jaguar dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Antibodi, Sifat, Fungsi, Struktur dan Jenisnya Lengkap

3. Savana atau Sabana

Savana atu sabana ialah padang rumput yang diselingi dengan pohon-pohon. Sabana berada di daerah yang tropis antara lain australia utara, nusa tenggara timur, kenya (afrika), dan nusa tenggara barat. Saban sendiri dibedakan menjadi dua sabana murni (satu jenis pohon) dan juga sabana campuran (beberapa jenis pohon).

4. Tundra

Tundra merupakan bioma yang paling dingin. Bioma tundra dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu tundra arktik dan tundra alpin. Tundra arktik terdapat pada daerah kutup utara (arktik) seperti Siberia, rusia dan kanada. Tundra alpin terdapat pada puncak pegunungan yang tinggi contohnya puncak gunung jaya wijaya, Papua. Vegetasi tundra alpin didomonasi dengan rumput alang-alang, lichen, perdu dan juga lumut daun.

5. Hutan Gugur

Hutan gugur terdapat pada daerah yang mempunyai empat musim, musim dingin, musim panas, musim semi dan juga musim gugur. Seperti yang ada di Amerika Serikat bagian timur, Asia Timur, Chili, dan juga Eropa Barat.

6. Gurun

Gurn merupakan padang yang luas dan tandus karena hujan yang jarang turun pada daerah gurun seperti gurun gobi di Asia dan Gurun sahara di Afrika.

7. Taiga

Taiga adalah hutan boreal yang terdapat di daerah antara subtropis dan juga kutub. Seperti alaska, rusia, amerika utara, dan juga semenanjung skandinavia. Bioma ini juga terdapat pada pegunungan yang berilim dingin.tumbuhan yang dominan berdaun jarum atau konifer yang tampak hijau di sepanjang tahun.

Ciri-ciri Ekosistem Darat

Berikut ini adalah ciri-ciri ekosistem darat.

1. Ciri Hutan Hujan Tropis

  1. Mempunyai curah hujan yang sangat tinggi antara 200 sampai 450 cm/tahunnya.
  2. Disepanjang tahun matahari bersinar dengan suhu lingkungan diantara 21 sampai 30 derajat celcius.
  3. Pada hutan hujan tropis pohon-pohon bisa tumbuh tinggi hingga 55 m dan juga membentuk kanopi atau tudung.
  4. Ada beberapa tanaman yang tumbuh merambat atau liana, seperti rotan atau juga tumbuh menempel (epifit) seperti anggrek, dan cabang-cabang agar mendapatkan cahaya matahari.
  5. Sebagian besar hewan hidupnya disekitar kanopi sebab mudah mendapatkan makanan dan juga berpindah tempat.

2. Ciri Padang Rumput

  1. Terdapat daerah tropikan dan sub tropika.
  2. Curah hujan bioma pada padang rumpu berkisar 25 sampai 50 cm/tahun tetapi turun dengan tidak teratur.
  3. Iklim bioma padang rumput yang umumnya bersuhu panas.
  4. Ditemukan adanya posorita dan juga drainase yang tidak teratur sehingga menyebabkan tumbuhan sukar unutk mengambila air.
  5. Hewan yang hidup di padang rumput adalah reptil, burung kanguru, kijang dan masih banyak yang lainnya.
Baca Juga:  √ 3 Macam Otot Pada Manusia dan Penjelasannya (Artikel Lengkap)

3. Ciri Savana

  1. Terletak pada daerah tropis dengan curah hujan berkisar 90 sampai 150 cm/tahunnya
  2. Sabana terletak di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan juga Amerika utara serta Kenya
  3. Tumbuhan pembentuk bioma sabana ialah rumput, coryphautan, acacia, eucalyptus
  4. Jenis hewan bioma sabana adalah gajah, macan tutul, rayap, kijang dan masih banyak yang lain

4. Ciri Tundra

  1. Mendapatkan sedikit energi radiasi matahari, musim dingin terjadi sangat panjang dapat berlangsung selama 9 bulan dengan suasana yang gelap.
  2. Musim panas yang berlansung selama 3 bulan, pada saat inilah vegetasi mengalami pertumbuhan.
  3. Fauna yang khas dari bioma tundra adalah muskoxem (bison berbulu tebal) dan juga reindeer/caribou (rusa kutub).

5. Ciri Hutan Gugur

  1. Curah hujan yang merata antara 75 sampai 100 cm/tahunnya.
  2. Memiliki empat musim panas, dingin, gugur, dan juga semi.

Pengertian Ekosistem Darat, Macam Dan Cirinya Lengkap

6. Ciri Gurun

  1. Curah hujan yang sangat rendah kurang dari 25 cm/tahunnya.
  2. Keadaan tanah yang sangat tandus dan tidak bisa menyimpan air.
  3. Kecepatan evorasi atau penguapan sangat tinggi.
  4. Kelambapan udara yang sangat rendah.
  5. Suhu lingkungan pada beberapa gurun bisa sangat panas, dengansuhu di sisang hari yang mencapai 60 derajat celcius,sedangkan pada malam hari mencapai 0 derajat celcius.

7. Ciri Taiga

  1. Perbedaan suhu dari musim panas ke musim dingin sangat tinggi.
  2. Pertumbuhan tanaman terjadi di saat musim panas 3 sampai 6 bulan.
  3. Tumbuhan ataupun pohon yang seragam.

Itulah penjelasan yang dapat diberikan tentang Pengertian Ekosistem Darat, Macam dan Cirinya (Terlengkap), ekosistem darat merupakan ekosistem yang lebih dominan didarat dam memiliki beberapa macam dan juga ciridari ekosistem darat, semoga bermanfaat 🙂