Pengertian E-learning Dan Keuntungan E-learning Lengkap

Pengertian E-learning Dan Keuntungan E-learning Lengkap – Kali ini kita akan kembali dan juga membahas tentang E-learning. Tentu saja dikalangan sebagian orang masih sangat jarang sekali mendengar kata e-learning, dan akan bertanya apa itu e-learning?

Disini kita akan membahasnya dan akan meberikan informasi dan juga pengertian serta manfaat dari e-learning itu sendiri. Supaya dapat membantu yang sedang membutuhkan informasi mengenai e-learning dan dapat memahaminya dengan jelas. Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasannya.

Pengertian E-learning Dan Keuntungan E-learning Lengkap

Maria kita bahas pengertian E-learning terlebnih dahulu dengan seksama.

Pengertian E-learning

Electronic Learning atau yang lebih sering kita kenal dengan E-learning ialah cara belajar mengajar yang menggunakan media elektronik, yang khususnya menggunakan jaringan internet yang digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran. Atau juga bisa diartikan e-learning adalah sebuah metode belajar mengajar dengan melibatkan alat-alat elektronik sebagai media pembelajarannya misalkan komputer dan juga leptop.

Sedang kan yang termasuk kedalam belajar mengajar menggunakan e-learning seperti berbasis web dan berbasis online. Sedangkan arti e-learning secara luas adalah mencakup dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik seperti menggunakan internet, baik dengan cara formal ataupun dengan cara informal.

Tujuan E-learning

Agar dapat membuat materi pembelajaran bisa digunakan serta dipelajari oleh semua pihak yang membutuhkan. Karena e-learning bisa mempermudah didalam mengakses dan juga proses pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama masih ada jaringan internet.

Kelebihan Dan Kekurangan E-learning

E-learning memiliki kelebihan dan juga kekurangan, untuk dapat mengetahui apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari e-learning mari kita lanjutkan pembahasannya.

1. Kelebihan E-learning

  1. Adanya fasilitas yang disebut e-moderating dimana pengajar dan juga siswa dapat berkomunikasi dengan cepat.
  2. Bahan-bahan untuk pembelajaran dapat di review kapan saja dan dimana saja selama masih ada koneksi internet untuk mengaksesnya.
  3. Adanya bahan pembelajaran yang sudah terstruktur dan juga terjadwal dengan baik melalui internet dan juga dapat diakses kapan saja jika diperlukan.
  4. Bisa berdiskusi kapanpun dan juga melalui portal atau forum di internet diantar pengajar dan siswa.
  5. Siswa bisa menjadi aktif dalam proses pembelajaran.

2. Kekurangan E-learning

  1. Interaksi secara langsung antara penjara dan juga siswa akan berkurang.
  2. Proses pembelajaran akan cenderung mengarah pada pelatihan bukan mengarah kepada pendidikan.
  3. Akan mengabaikan aspek akademik dan juga sosial serta sebaliknya dapat mendorong aspek komersial.
  4. Serta siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi akan mengalami kegagalan.

Pengertian E-learning Dan Keuntungan E-learning Lengkap

Keuntungan E-learning

Pembelajaran dengan menggunkan e-learning bisa diterapkan di perguruan tinggi dan juga sekolahan. Dan metode e-learning mempunyai keuntungan, apa keuntungan dari e-learning mari kita lanjutkan pembahasan.

  1. Dengan menggunakan metode e-learning bisa menghemat waktu proses pembelajaran.
  2. Menggunakan metode e-learning bisa membuat proses pembelajaran membuat siswa menjadi aktif.
  3. Menggunakan metode e-learning membuat proses pembelajaran dapat hemat biaya.
  4. Dengan menggunakan metode e-learning akan membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan.

Sekian penjelasan yang dapat diberikan mengenai Pengertian E-learning Dan Keuntungan E-learning Lengkap, dengan mengunakan metode e-learning dapat mebuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menjadi lebih hemat biaya. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi