Pengertian Berita, Jenis, Sifat dan Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Berita, Jenis, Sifat dan Cirinya (Pembahasan Lengkap) – Pada kali ini kita akan membahas mengenai berita. Sering sekali kita lihat dan juga kita dengar tentang berita, tapi terkadang kita belum mengetahui apa arti yang sebenarnya dari berita.

Pengertian Berita, Jenis, Sifat dan Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Untuk itu kita akan membahas mengenai berita agar para pembaca dapat mengetahui arti sebenarnya dari berita, karena berita selalu ada di dalam kehidupan sehari-hari kita dari mulai berita ekonomi, olah raga dan masih banyak yang lainnya. Untuk itu mari sama-sama kita langsung saja mulai pembahasan yang akan menjelaskan tentang arti berita yang sesungguhnya di bawah ini.

Pengertian Berita

Berita ialah suatu laporan cepat tentang peristiwa terbaru yang juga penting yang akan disampaikan pada masyarakat. Berita juga bisa disajikan pada bentuk surat kabar, radio, siaran tv ataupun media online. Sedangkan arti yang lainnya dari berita adalah suatu informasi mengenai suatu fakta maupun sesuatu yang sedang terjadi. Dan biasanya disampaikan kedalam bentuk media cetak, radio, siaran tv, media online maupun mulut ke mulut.

Berita juga bisa dikatakan sebagai laporan mengenai suatu kejadian yang sedang terjadi maupun keterangan yang terbaru dari suatu peristiwa. Berita ialah sebuah fakta yang memang sangat dianggap penting yang harus segera disampaikan pada masyarakat.

Walaupun begitu tidak semua fakta bisa dijadikan berita oleh media, fakta-fakta yang nantinya akan dipilih dan kemudian akan mengetahui mana saja yang layak untuk di sampaikan pada masyarakat.

Pada biasanya berita tidak saja memberikan informasi mengenai peristiwa-peristiwa terbaru, tapi juga terkadang berita di gunakan supaya memberikan pengaruh terhadap masyarakat yang mendengarnya dan juga membacanya.

Dan yang paling utama adalah berita mengenai politik, dan seiring berita tersebut masyarakat yang membaca akan dipengaruhi pembaca maupun penulis berita agar mengikuti arus politik tersebut.

Jenis-Jenis Berita

Didalam sebuah berita terdapat beberapa jenis yang dimilikinya. Untuk dapat lebih jelasnya apa saja jenis-jenis dari berita langsung saja kita lanjutkan pembahasannya dibawah ini.

1. Straight News

Merupakan berita langsung, dan di tulis secara singkat, lugas dan juga apa adanya. Didalam jenis straight news dibagi lagi menjadi 2 macam yaitu Hard news, Soft news.

2. Depth news

Adalah berita yang mendalam, beritanya dikembangkan lebih mendalam agar dapat lebih mengangkat suatu permasalahan lebih mendalam.

3. Investigation news

Berita yang dikembangkan dengan penelitian maupun penyelidikan yang dilakukan dengan berbagai macam sumber.

4. Interpretative news

Adalah berita yang juga dikembangkan dengan pendapat dan juga penelitian yang dilakukan oleh penulisnya.

5. Opinion news

Ialah berita mengenai pendapat seseorang, contohnya pendapat dari mahasiswa, para ahli, pejabat mengenai suatu peristiwa maupun kejadian.

Bagian Pada Berita

Di dalam berita mempunyai bagian-bagiannya, apa saja bagian dari berita mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan mengenai berita di bawah ini.

  1. Headline
  2. Deadline
  3. Lead
  4. Body

Sifat-Sifat Berita

Di dalam berita memiliki sifat-sifat yang ada didalamnya, apa saja sifat yang di miliki oleh berita kita lanjutkan saja menyimak penjelasan dibawah ini.

  1. Baru atau aktual
  2. Penting
  3. Akibat
  4. Jarak
  5. Emosi

Pengertian Berita, Jenis, Sifat dan Ciri-Ciri Berita Lengkap

Ciri-Ciri dari Berita Yang Baik

Di dalam berita haruslah mempunyai ciri-ciri yang dapat menjadikan sebuah berita itu baik, untuk dapat mengetahui apa saja ciri-ciri dari sebuah berita yang baik. Mari sama-sama kila melanjutkan pembahasannya dan juga meyimaknya dibawah ini.

  1. Menarik perhatian
  2. Terkini ataupun aktual
  3. Dipercaya
  4. Jelas dan juga menggunakan kalimat yang sederhana

Itulah penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Berita, Jenis, Sifat dan Cirinya (Pembahasan Lengkap), berita merupakan suatu informasi yang terbaru dan juga peristiwa terbaru yang akan di sampaikan kepada masyarakat. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi