Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Hewan (Bahas Lengkap)

Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Hewan (Bahas Lengkap) – Hewan melakukan perkawinan untuk dapat melanjutkan hidup. Untuk dapat meneruskan keturunan dan generasinya maka hewan tersebut harus melakukan perkembangbiakan.

Hewan berkembang biak dengan beberapa cara yaitu ada yang dengan bertelur, melahirkan dan ada yang bertelur melahirkan. Berbeda jenis maka berbeda juga cara berkembang biaknya. Ada mamalia, serangga, unggas dan masih banyak lagi kelompok hewan yang lainnya.

Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Hewan (Bahas Lengkap)

Pertumbuhan dan perkembangan hewan sangat beragam dan berbeda-beda setiap jenisnya. Untuk dapat mengerti tentang pertumbuhan dan perkembangan hewan akan di jelaskan sebagai berikut.

Tahap Perkembangan Dan Pertumbuhan Hewan

Dalam tahap ini akan di jelaskan bagaimana hewan dapat berkembagn dan dapat tumbuh. Untuk lebih jelasnya akan di jeaskan sebagai berikut.

Tahap Perkembangan Hewan

Tahap ini di mulai dengan zigot. Zigot adalah hasil dari proses pembuahan sel telur oleh sperma. Selanjutnya zigot akan berubah menjadi embrio. Pada tahapan tersebut melalui beberapa tahapan diantaranya.

1. Pembelahan

Zigot adalah satu sel dengan memiliki sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Lalu zigot tersebut memgalami suatu pembelahan mitosis dari satu sel lalu menjadi dua sel, empat sel, dan seterusnya dengan kelipatan yang sama.

Pembelahan tersebut akan berhenti ketika telah berbentuk bulat padat (morula) dan di dalamnya berisi cairan (blastosoel), bentuk inilah yang di sebut dengan embrio.

2. Gastrula

Sel yang terdapat di satu kutub membelah dari dengan cepat sehingga terbentuk lekukan menyerupai bola yang di tekan di sebelah sisinya. Lalu embrio tersebut memiliki dua lapisan yaitu lapisan luar dan lapisan dalam, bentuk ini disebut gastrula. Selama proses ini terjadi pembelahan sel dan membentuk lapisan baru diantara lapisan luar dan lapisan dalam, lapisan tersebut bernama mesoderm.

3. Pembentukan Organ

Setelah proses di atas selesai maka lapisan tersebut akan menjadi jaringan yang akhirnya akan membentuk organ-organ tubuh.

Lapisan luar (ektoderm) berkembang dan menjadi notokorda, sedangkan ektoderm dorsal membentuk bubung neural yang selanjutnya berkembang membuat bagian saraf, otak, dan juga sumsum tulang belakang.

Mesoderm berkembang dan membentuk dua lapisan, pertama lapisan bersisian dengan ektoderm dan kedua lapisan bersisian endoderm. Di lapiasan tersebut terdapat rongga yang akan menjadi bagian tubuh seperti otot, tulang ginjal, pembuluh darah, oviduk, uterus dan sistem limfa.

Endoderm selanjutnya membentuk usus primitif. Usus primitif menjadi faring, usus, lambung, hati pankreas Lapisan endoderm ikut berkembang.

Tahap Perkembangan Hewan Dengan Embrio

Pada tahap ini tidak ada proses embrio yaitu non embrio. Pada tahap ini akan di jelaskan dengan metamorfosis.

Metamorfosis

Beberapa jenis hewan melalui fase metamorfosis untuk dapat menjadi dewasa.

Metamorfosis Yang Di Alami Serangga

Tahapan ini memiliki dua jenis yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Yang di alami oleh belalang, kecoa, dan laron ketika telur menetas menjadi nimfa lalu menjadi imago atau dewasa. Ketika menjadi nimfa tidak memiliki organ yang lengkap, sayap baru keluar ketika memasuki fase imago.

Tahap Perkembangan Dan Pertumbuhan Hewan Lengkap

Metamorfosis Yang Di Alami Pada Katak

Pada tahapan metamorfosis katak berbeda dengan yang dialami serangga karena katak tidak berganti kulit. Tahap awal berubah menjadi berudu ketika menetas dari telur lalu menjadi berudu yang memiliki kaki dan ekor selanjutnya berubah menjadi katak dewasa dengan di tandai munculnya paru-paru dan menghilangnya ekor yang ada di belakang tubuhnya.

Sekianlah penjelasan mengenai Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Hewan (Bahas Lengkap) yang di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Dengan mengamati pertumbuhan dan berkembangnya hewan kita dapat melihat bagaimana hewan tersebut menjadi dewasa. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi