Sejarah Agama Hindu di Indonesia (Pembahasan Lengkap)

Sejarah Agama Hindu di Indonesia (Pembahasan Lengkap) – Agama hindu merupakan salah satu agama yang di akui di indonesia, mayoritas pemeluk agama hindu yang ada di indonesia dari daerah bali tetapi didaerah lain juga banyak yang memeluk agama hindu. Agama hindu merupakan sejarah bagi indonesia.

Agama hindu lahir karena latar belakang yang sudah tercantum kedalam sejarah agama hindu, dimana seperti yang sering kita ketahui bahwa agama hindu mempunyai berbagai macam kasta dalam kalangan masyarakatnya, serta mempunyai berbagai macam dewa yang mereka sembah. Tetapi menurut R. Antoine sangat sulit apa bila untuk mendefinisikan Hinduisme, dikarenakan Hinduisme bukan satu agama yang hanya dengan syahadat tunggal dimana semua orang tidak harus mematuhinya.

Sejarah Agama Hindu di Indonesia (Pembahasan Lengkap)

Hinduisme lebih condong sebagai sebuah federasi berbagai pendekatan terhadap realitas yang berada dibalik sebuah kehidupan. Tetapi di indonesia sendiri agama hindu sudah di akui oleh pemerintah bahwa agama hindu merupakan salah satu dari agama yang disahkan pemerintah.

Sejarah Agama Hindu

Agama hindu sebenarnya lahir dan tumbuh serta berkembang dari tradisi yang diajarkan oleh kitab weda. Dimana penganut dari ajaran kitab weda berasal dari bangsa arya. Di sekitar tahun 1500 SM bangsa arya mulai memasuki wilayah india, pada perkiraan bangsa arya memasuki india dengan melalui celah kaiber dengan secara bergelombang.

Pada pertama kali suku arya yang mendiami lembah indus serta mendesak suku Dravida, dimana yang harus kita ingat bahwa bangsa dravida mempunyai pusat di Mohenjo Daro dan juga Harappa. Karena bangsa dravida terdesak oleh bangsa arya, peradapan dari Mohenjo Daro dan juga Harappa mengalami kemunduran. Dan kemudian bangsa arya menyebar di berbagai wilayah, antara lain ke Lembah Sungai Gangga dan juga Yamuna. Didalam penyebarannya bangsa arya ada yang melangsungkan pernikahan dengan bangsa dravida dan kemudian terbentuklah masyarakat dengan generasi yang baru.

Dimana masyarakat dengan generasi yang baru disebut dengan bangsa Hindu. Tradisi serta kepercayaan yang di anut bangsa Hindu itu yang kemudian disebut dengan agama dan juga kebudayaan Hindu. Meskipun perubahan dari bangsa arya dan dravida yang berubah ke zaman Hindu, tetapi ajaran yang mereka anut tetap menggunakan kitab weda yang dahulu digunakan oleh bangsa arya.

Agama hindu adala agama yang menyembah serta memuja dan mempercai para dewa. Dewa yang paling utama disebut dengan Trimurti, trimurti sendiri merupakan kesatuan dari tiga dewa. Agar lebih jelas mari kita bahas dibawah ini.

Trimurti (Kesatuan Tiga Dewa)

1. Dewa Brahma (Sebagai Pencipta)
2. Dewa Wisnu (Sebagai Dewa Pemelihara)
3. Dewa Siwa (Sebagai Dewa Pelebur)

Didalam praktik pemujaannya dewa-dewa tersebut diwujudkan dalam sebuah bentuk patung. Dimana patung merupakan unsur yang sangat penting bagi agama hindu. Sumber ajaran dari agama hindu adalah kitab weda yang merupakan kitap suci agama hindu. Kitab weda sendiri terdiri dari empat bagian diantaranya.

Sejarah Agama Hindu Lengkap

Empat Bagian Kitab Weda

1. Rigweda yang berisi puji-pujian bagi para dewa
2. Samaweda yang berisi nyanyian suci
3. Yayurweda yang berisi mantera-mantera
4. Atharwaweda yang berisi doa-doa sebagai pengobatan

Yang sering kita ketahui bahwa kehidupan masyarakat hindu dibagi dengan kelas dan juga kasta yang secara umum masyarakat hindu dibagi kedalam empat kasta yaitu.

Empat Kasta Masyarakat Hindu

1. Kasta Brahmana yang terdiri dari para pendeta
2. Kasta Kesatria yang terdiri dari para raja dan juga keluarganya, para bangsawa, dan juga para prajurit
3. Kasta Waisya yang terdiri dari para pengusaha, para pedagang dan juga para petani
4. Kasta Sudra yang terdiri dari pelayan, pekerja kasar, dan juga rakyat jelata

Sekian penjelasan tentang Sejarah Agama Hindu di Indonesia (Pembahasan Lengkap) yang sudah diterangkan seputarpengetahuan, dimana agama hindu merupakan salah satu agama yang diakui oleh pemerintah indonesia. Agam hindu mempunyai kasta bagi masyarakatnya dan mempunyai banyak tradisi yang masih dilestarikan contohnya seperti didaerah bali yang masih melestarikan dengan baik segala tradisi yang ada. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Daftar Isi