√ Penyebaran Flora di Indonesia (Pembahasan Lengkap)

Penyebaran Flora di Indonesia (Pembahasan Lengkap) – Flora yang ada di indonesia ini memiliki banyak sekali ragam dan warnanya. Ragam flora yang ada di indonesia ini berpengaruh terhadap lingkungan iklim yang ada di indonesia ini.

Banyaknya flora yang ada di indonesia berakibat indonesia memiliki keanekaragaman yang banyak di incar para turis untuk datang ke negara ini. Sebenarnya negara ini banyak sekali potensi yang di gunakan untuk dapat menarik para turisnya.

Penyebaran Flora di Indonesia (Pembahasan Lengkap)

Untuk lebih memahami tantang daerah pembagian flora yang ada di indonesia ini akan di jelaskan seabagai berikut.

Penyebaran Flora Di Indonesia

Penyebaran flora yang ada di dunia ini terbagi berdasarkan beberapa kriteria. Untuk negara indonesia flora yang ada di dalamnya termasuk kedalam flora malesiana. Malesiana itu adalah bagian negara Malaysia, Indonesia, Filipina dan juga Papua Nugini. Flora yang ada di Indonesia terbagi menjadi flora daratan sunda, flora daratan bagian tengah, dan flora bagian sahul.

Flora yang ada di bagian sunda adalah tumbuhan yang banyak berasal dari famili dipterocarpacceae dan nepenthaceae. Contoh tumbuhan ini adalah pohom keruing dan kantung semar.

Flora daerah sahul adalah berasal dari famili myristiceae yaitu adalah Myristica fragrans. Flora pada daerah tengah atau wallace memiliki ciri khas atau endemik seperti leda yang barangnya berwarna-warni.

Baca Juga:  √ Pengertian Gastritis, Tanda, Gejala & Faktor Penyebab (Lengkap)

Ahli yang ada di jerman mengklasifikasikan flora yang ada di indonesia ini sesuai iklim yang ada di pulau jawa secara vertikal. Pulau jawa yang di gunakan sebagai dasar pengelompokkan ini secara vertikal. Pengelompokkan ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu.

  1. Daerah ketinggian 0-650 m merupakan daerah pantai dan juga hutan mangrove. Jenis yang ada di daerah tersebut adalah jenis bakau, bogem, kayu api, sagu,dan nipah.
  2. Daerah ketinggian 650-1.500 m merupakan daerah sedang yang di tumbuhi oleh tanaman aren, kopi, t*mbakau, rasamala, teh, dan kina.
  3. Daerah ketinggian1.500-2.500 m tanaman yang banyak seperti anggrek tanah, berri, cantigi koneng, dan cemara gunung.
  4. Daerah ketinggian diatas 2.500 m merupakan daerah yang tinggi dan juga dingin. Di daerah tersebut tumbuh tumbuhan seperti lumut, lichen, dan bunga edelweiss.

Penyebaran Flora Di Indonesia Lengkap

Sekianlah penjelasan kita kali ini mengenai Penyebaran Flora di Indonesia (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan.

Dengan melihat banyaknya flora yang ada di Indonesia kita harusnya dapat menjaga dan melestarikannya untuk dapat menarik para turis untuk dapat datang ke Indonesia dan menjadikan objek wisata dan dapat mengenalkan Indonesia ke pada dunia tentang flora yang di milikinya. Semoga bermanfaat 🙂