√ Pengertian Status, Peran Sosial dan Kelas Sosial (Bahas Lengkap)

Pengertian Status, Peran Sosial dan Kelas Sosial (Bahas Lengkap) – sekarang kita akan membahas tentang status, peran sosial dan juga kelas sosial. Banyak sekali yang harus kita ketahui mengenai sosial atau sosialisasi terhadap sesama makhluk hidup.

Pengertian Status, Peran Sosial dan Kelas Sosial (Bahas Lengkap)

Dibawah ini akan menjelaskan pengertian status sosial, peran sosial dan juga kelas sosial.

Pengertian Status Sosial

Status sosial atau kedudukan memiliki pengertian dimana mempunyai satu tempat atau posisi seseorang pada suatu kelompok sosial dan juga masyarakat secara umum dan memiliki hubungan dengan adanya orang lain dilingkungannya.

Pengertian Peran Sosial

Peran sosial memiliki pengertian untuk melaksanakan hak dan juga kewajiban dari seseorang berdasarkan status sosialnya.

Pengertian Kelas Sosial

Kelas sosial sendiri memiliki pengertian kelompok manusia dan menempati lapisan sosial sesuai dengan kriteria kelas ekonominya.

Pengertian Kelas Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi kelaas sosial menurut ahlinya.

1. Menurut Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, menurutnya kelas sosial memiliki kesamaan dengan lapisan sosial dimana tidak membedakan berdasarkan faktor uang, tanah, maupun kekuasaan. Serta ada juga yang menggunakan istilah kelas sosial hanya sebagai lapisan sosial sesuai kelas ekonomi, sedangkan lapisan sosial mempunyai dasar kehormatan.

Baca Juga:  √ Pengertian Nilai Sosial, Fungsi, Peran dan Pembagiannya

2. Kornblum

Kornblum mempunyai definisi tentang pengertian sosial yang mempunyai kesamaan dengan kasta, bedanya hanya ditentukan sesuai dengan kriteia ekonomi, misalkan Pekerjaan, penghasilan, danjuga kemakmuran. Pada umumnya kelas sosial mempunyai sifat terbuka dan tidak homogen yang mempunyai arti mobilitas baik keatas dan juga kebawah diantara kelas-kelas tersebut.

3. Max Weber

Max Weder memiliki definisi membuat adanya perbedaan berdasarkan kelas ekonomi dan juga kedudukan sosialnya. Tetapi tetap digunakannya istilah kelas sosial untuk semua kalangan. Dimana kelas yang memiliki sifat ekonomi terbagi lagi menjadi tiga sub kelas kemudian dipilih sesuai dengan kecukupan dibidang ekonominya.

Kajian Tentang Status Sosial Atau Kedudukan Sosial

Kedudukan sosial dapat terjadi karena lingkungan pergaulan, hak kewajiban dan juga prestasi. Setiap orang dapat memiliki beberapa kedudukan sosial pada masyarakat karena dapat ikut serta di dalam berbagai macam pola kehidupan sekaligus. Seperti, seorang pemuda bernama Rudi dari Desa Podomoro yang memiliki campuran dari seluruh kedudukan sebagai ketua karang taruna didesanya, mahasiswa yang teladan di tingkat provinsi, calon sarjana komputer, serta calon suami dari putri teman kampus yang beda jurusan dengan dia.

Kajian Peran Sosial

Jika setiap individu sudah melakukan kewajiban dan juga meminta hak-hak sesuai dengan status sosial yang di milikinya dan juga disandang olehnya, yang sudah dijalankan perannya dengan sesuai. Dimana peran mempunyai asal dari pola pergaulannya. Sehingga peran dapat menentukan apa yang akan diberikan oleh masyarakat disekitarnya. Peran dikalangan masyarakat dianggap sangatlah penting dikarenakan dapat mengatur seseorang dalam masyarakat sesuai dengan norma yang ada pada masyarakat.

Pengertian Status, Peran Sosial Dan Kelas Sosial Terlengkap

Kajian Kelas Sosial

Kelas sosial dapat menunjukan adanya perbedaan hierarki atau tingkatan diantara individu dalam kalangan masyarakat. Kelas sosial memiliki pengertian yang berbeda beda didalam tiap masyarakat dan juga di setiap zaman. Tetapi kelas sosial masyarakat dapat ditentukan dari tingkatan pendapatannya, kekuasaan dan juga pendidikannya. Misalkan kelas atas, orang kaya yang mempunyai pendidikan tinggi dan juga memiliki kekuasaan, kelas menengah, dan juga kelas bawah.

Baca Juga:  √ Pengertian Kontravensi, Tipe dan Bentuk Kontravensi (Terlengkap)

Sekian penjelasan tentang Pengertian Status, Peran Sosial dan Kelas Sosial (Bahas Lengkap). Penjelasan tentang status sosial, peran sosial, dan juga kelas sosial dimana status sosial ditentukan dari status ekononomi pada masing-masing individu tidak hanya status ekonominya tetapi dari tingkat pendidikan yang tinggi serta kekuasaan yang dimiliki, semoga bermanfaat 🙂