√ Pengertian Negara Maju dan Berkembang dan Cirinya (Lengkap)

Pengertian Negara Maju dan Berkembang dan Cirinya (Lengkap) – Negara berkembang merupakan negara yang memiliki standar hidup tinggi dengan teknologi yang tinggi yang dimiliki negara tersebut dan pemerataan penghasilan sehingga tidak terjadinya kesenjangan sosial.

Pengertian Negara Maju dan Berkembang dan Cirinya (Lengkap)

Negara berkembang adalah negara yang pendapatannya rendah dan teknologi yang dimiliki lebih rendah dari negara maju, dan sering terjadi kesenjangan sosial serta perkembangan sumber daya manusia yang cenderung lebih rendah dari standar global.

Pengertian Negara Maju

Negara yang mempunyai Pendapatan Nasional Bruto (PNB) dimana perkapitanya tinggi sehingga dianggap sebagai negara maju. Dimana negara yang maju mempunyai angka pertumbuhan penduduk berkisar 0,4% pertahunnya.

Sedangkan tingkat kematian pada bayi bisa sangat rendah yakni 8/1000 kelahiran hidup, dikarenakan memiliki kemajuan pada bidang kesehatan baik kedokteran serta peralatan kesehatan yang dimiliki. Sedangkan angka harapan hidup bisa mencapai kisaran 79 tahun dimana angka tergantungan pada anak hanya 20%.

Negara maju memiliki penduduk yang (98%) bisa membaca serta melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Salah satu faktor yang membuat kemajuan dalam bidang pembangunan sosial pada negara maju adalah dimana memiliki jaminan sosial yang dapat terhindar dari resiko kehilangan pendapatan misalkan, kecelakaan saat kerja, sakit, hamil, cacat, dan bahkan pengangguran serta masa tua.

Dimana 46% dari PNB dipergunakan untuk pembiayaan pada pelayanan sosial serta kesehatan. Sedangkan pengembangan wilayah pada negara maju memiliki model seperti pola metropolis, metropolis galaktika, metropolis cincin, metropolis bintang, memusat, dan juga menyebar.

Baca Juga:  √ 11 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli, Jenis, Ciri, Komponen, Tipe dan Contohnya

Negara Maju Yang Tersebar Di Dunia

  1. Benua Amerika Seperti Amerika Serikat Dan Juga Kanada.
  2. Benua Eropa
  3. Benua Asia Seperti Singapura Dan Juga Jepang.
  4. Benua Australia.

Ciri Negara Maju

Dimana memiliki standar kehidupan yang tinggi serta angka kelahiran dan kematian yang cenderung rendah. Dimana memiliki angka harapan hidup yang tinggi dan penduduk hanya terpusat pada kota, karena memiliki keterkaitan pada industri yang ada.

Dimana masyarakat dinegara maju memiliki angka yang rendah untuk masyarakat yang buta huruf. Serta kegiatan yang bertumpuh dibidang industri untuk kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

Pengertian Negara Berkembang

Negara Berkembang merupakan negara yang memiliki standar hidup yang masih rendah, dimana standar pendapatannya masih sangat rendah. Dimana infrastruktur yang dimiliki relatif dibawah negara maju, sedangkan perkembangan sumber daya manusianya juga masih jauh dari standar global.

Dimana pembangunan sosialnya juga masih sangat rendah karena sumber daya manusia yang tidak memadai atau masih jauh dari standar. Usia harapan hidup yang sangat rendah 51 tahun, sedangkan angka kematian bayi dan juga anak mencapai 177/1000.

Dikarenakan kesadaran masyarakat yang masih kurang terhadap program pemerintah Keluarga Berencana (KB) dimana tingkat pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi karena kurangnya kesadaran dari individu masyarakat itu sendiri.

Pendapatan Nasional Bruto (PNB) rata – rata pada negara berkembang hanya mencapai USS$ 950, dimana memiliki pertumbuhan ekonomi yang masih sangat rendah (3%) serta angka inflasi yang tinggi ( 37% ). Serta sarana dan infrastruktur baik sarana komunikasi maupun infrastruktur transportasi yang masih terbatas.

Serta pemerintahan memiliki tabungan sektor swasta yang rendah, dimana roda sektor swasta memiliki ketergantungan pada pemerintah yang juga bergantung terhadap penggabungan hutang luar negeri.

Baca Juga:  √ Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan (Pembahasan Lengkap)

Negara maju memiliki tingkat pengangguran yang tinggi, pengangguran yang tercatat secara resmi mencapai 20% tetapi fakta yang ada pada lapangan bisa lebih banyak dari cacatan resmi yang dimiliki pemerintah.

Dimana pengangguran yang lebih didominasi oleh para laki – laki yang sudah mencapai usia 45 tahu, penduduk yang buta huruf, penyandang cacat, dan juga wanita.

Dimana negara tidak memiliki anggaran untuk kesejahteraan sosial bagi para penganguran seperti asuransi dan juga jaminan sosial bagi masyarakat yang sakit, hamil, cacat, dan juga mati.

Negara Berkembang Yang Tersebar Di Dunia

  1. Benua Asia Terkecuali Singapura Dan Jepang
  2. Benua Amerika Bagian Tengah Dan Juga Amerika Bagian Selatan
  3. Benua Afrika

Pengertian Serta Ciri Negara Maju Dan Negara Berkembang Lengkap

Ciri Negara Berkembang

Dimana standar hidup yang masih sangat rendah, tingkat pendapatan yang masih rendah serta beban ketergantungan yang tinggi, angka pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi dan juga tingginya angka pengangguran yang menyebabkan ketergantungan dibidang pertanian maupun bidang ekspor produk primer.

Dimana memiliki kesenjangan sosial dan ketidak seimbangan antara lapangan kerja yang tersedia dengan pengangguran yang ada.

10 Contoh Negara Maju

  1. Austria
  2. Jepang
  3. Belgia
  4. Singapura
  5. Perancis
  6. Amerika Serikat
  7. Rusia
  8. Jerman
  9. Belanda
  10. Denmark

10 Contoh Negara Berkembang di Dunia

  1. Kroasia
  2. Polandia
  3. Turki
  4. Libya
  5. Mesir
  6. Kamboja
  7. Indonesia
  8. Vietnam
  9. Malaysia
  10. India

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Negara Maju dan Berkembang dan Cirinya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih.