√ Pengertian Rantai Makanan dan Macamnya (Bahas Terlengkap)

Pengertian Rantai Makanan dan Macamnya (Bahas Terlengkap) – Bertemu lagi dan kali ini kita akan membahas mengenai rantai makanan dan juga contoh dari rantai makanan. Sudah sering kita ketahui mengenai rantai makanan.

Pengertian Rantai Makanan dan Macamnya (Bahas Terlengkap)

Bagi yang belum paham dan juga ingin mencari tahu mengenai rantai makanan, disini kita akan mebahas bersama-sama tentang pengertian dan juga contoh dari rantai makanan itu sendiri. Jadi langsung saja kita mulai pembahasannya sebagai berikut.

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan ialah jalur pemindahan atau transferan energi dari stu tingkat trofik ke tingkat trofik yang berikutnya. Dengan melalui peristiwa makan dan juga dimakan, sedangkan herbivor mendapatkan energi dengan memakan tanaman.

Pada saat herbivor dimangsa oleh karnivor kemudian energi tersebut akan berpindah dan setrusnya akan begitu. Semakin pendek rantai makanannya maka semakin besar pula energi yang disimpan organisme pada ujung rantai makanan.

Berdasarkan dari tipe organisme atau produsen yang menjadi tingkatan trofik yang pertama. Dan terdapat dua jenis rantai makanan antara lain rantai makanan perumput dan juga rantai makanan detritus. Rantai makanan yang kemudian dimulai dari organisme produsen atau tumbuhan hijaudisebut juga dengan rantai makanan perumput.

Sedangkan contoh dari rantai makanan perumput ialah padi => belalang => katak => ular. Sedangkan rantai makanan yang dimulai dari detritus atau serpihan organisme yang sudah mati dan juga disebut senagai rantai makanan detritus ialah serpihan daun atau sampah => cacing tanah => itik => manusia.

Baca Juga:  √ Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Macam-macam Rantai Makanan

Rantai makanan mempunyai beberapa macam, dan para ilmuwan ekologi yang mengenal tiga macam rantai makanan pokok antara lain adalah sebagai berikut.

1. Rantai Pemangsa

Didalam rantai pemangsa terdapat landasan utama produsen. Rantai pemangsa sendiri dimulai dari hewan yang mempunyai sifat sebagai konsumen I, dan kemudian dilanjutkan hewan karnivor yang memangsa hewan herbivor sebagai konsumen II, dan kemudian akan berakhir pada hewan pemangsa karnivor ataupun herbivor yang menjadi konsumen III ataupun IV. Contoh dari rantai makanan pemangsa adalah sebagai berikut.

2. Rantai Parasit

Rantai parasit yang dimulai dari organisme yang besar hingga ke organisme yang hidupnya hanya sebagai parasit. Contoh dari organisme parasit ialah bakteri, cacing dan juga benalu. Contoh rantai makanan parasit adalah sebagai berikut.

Pengertian Rantai Makanan Dan Macam-Macam Rantai Makanan

3. Rantai Saprofit

Rantai saprofit yang dimulai dari organisme mati ke pada jasad pengurai misalkan jamur dan juga bakteri. Contoh rantai makanan saporift adalah sebagai berikut.

Sekian penjelasan yang dapat diberikan mengenai Pengertian Rantai Makanan dan Macamnya (Bahas Terlengkap), rantai makanan adalah sebagai jalur pemindahan ataupun transferan energi, dan juga rantai makanan mempunyai tiga macam yang masuk kedalam rantai makanan, semoga bermanfaat 🙂