√ Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Kali ini kita akan membahas mengenai heterotrof. Apa itu heterotrof? Pasti belum banyak orang mengetahui dan pernah mendengar kata ini apa lagi bagi seseorang yang tidak menyukai tentang biologi.

Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Namun bagi seseorang yang memang menyukai biologi dan juga masuk ke dalam pendidikan biologi tentu tidak asing dengan kata heterotrof, untuk itu kita akan mulai membahas dan mempelajari apa sebenarnya yang dimaksud dengan heterotrof, agar lebih jelasnya mari kita lanjutkan ke pembahasan berikut ini.

Pengertian Organisme Heterotrof

Heterotrof merupakan organisme yang membutuhkan senyawa organik di mana karbon diekstrak bagi pertumbuhannya. Sedangkan heterotrof lebih dikenal sebagai konsumer atau tidak bisa membuat makanan sendiri didalam rantai makanan dan hanya bisa bergantung pada yang lainnya. Dan sebagian besar makhluk heterotrof adalah parasit. Yang masuk kedalam heterotrof ialah semua hewan, jamur dan juga bakteri. Heterotrof sendiri merupakan kebalikan dari autotrof.

Dan pengertian yang lain tentang organisme heterotrof ialah organisme yang tidak bisa menyusun anorganik menjadi zat organik sehingga mendapatkan makanan harus dengan cara memakan organisme yang lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Ovarium, Struktur Anatomi dan Fungsinya (Lengkap)

Jenis Organisme Heterotrof

Heterotrof mempunyai bermacam-macam jenis, dan berdasarkan jenis makanannya, organisme heterotrof dapat dibedakan menjadi herbivor, omnivor, karnivor, scavenger, dan juga detritivor. Supaya lebih jelasnya apa saja jenis dari organisme heterotrof mari kita bahas kelanjutan artikel ini.

1. Herbivor

Herbivor merupakan pemakan tumbuhan, dalam tingkatan rantai makanan, herbivor kegolongan konsumber antara lain sapi, kelinci, rusa, belalang dan juga ulat.

2. Omnivor

Omnivor merupakan pemakan segalanya, hewan omnobor juga dapat memakan tumbuhan dan juga daging. Sedangkan yang masuk kedalam kategori omnivor adalah beruang, orangutan, kera, siamang, dan juga manusia. Pada umumnya hewan omnivor biasanya mendominasi ekosistem terkecuali jika ekosistem sedang terganggu. Manusia adalah organisme omnivor yang bisa beradaptasi dalam segala jenis kondisi lingkungan, dan utamanya karena akal pikirannya. Karena itulah manusia mendominasi bumi.

3. Karnivor

Karnivor merupakan pemakan daging. Hewan yang masukkedalam golongan karnivor karena memangsa hewan lain, hewan ini juga disebut sebagai predator. Predator mendapatkan mangsanya dengan memburu mangsanya itu. Contoh dari karnivor ialah kodok, laba-laba, ular, elang, dan juga kucing.

4. Scavenger (Pemakan Bangkai)

Scavenger merupakan hewan yang memakan tubuh hewan yang lainnya yang sudah mati atau disebut juga pemakai bangkai atau scavenger. Contoh hewan pemakan bangkai atau scavenger ialah burung nasar.

Pengertian Organisme Heterotrof Dan Jenisnya Lengkap

5. Destritivor

Destritivor merupakan serpihan-serpihan organisme yang berupa serpihan daun. Batang ataupun potongan hewan yang disebut detritus. Organisme pemakan detritus disebut dengan setritivor contohnya ialah cacing tanah, serangga tanah dan juga rayap.

Baca Juga:  √ Pengertian Rambut dan Struktur Rambut (Pembahasan Lengkap)

Itulah penjelasan yang telah diberikan mengenai Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap), heterotrof lebih terkenal sebagai konsumer atau lebih dikenal dengan parasit. Semoga penjelasan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca 🙂

4.5
11