√ Pengertian Oligarki Dan Monarki dan Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Oligarki Dan Monarki dan Contohnya (Pembahasan Lengkap) – Pemerintahan di dunia ini memiliki banyak sekali jenisnya ada yang dengan pemerintahan berbentuk kerajaan, kementrian, presiden dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pemerintahan di bentuk untuk dapat membuat suatu negara menjadi lebih baik dan menjadi negara yang berdaulat. Pemerintah yang baik akan membuat negara itu menjadi negara yang maju dan dapat menyelesaikan permasalahan apa pun yang ada di kehidupan masyarakat di dalamnya.

Pemerintahan yang kita mengerti saat ini adalah pemerintahan dengan sistem kepresidenan. Akan tetapi ada bentuk pemerintahan lainnya yaitu oligarki dan monarki. Untuk dapat mengenal lebih jelas akan oligarki dan monarki akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Oligarki Dan Monarki dan Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas dulu pengertian dari oligarki.

Pengertian Oligarki

Oligarki adalah suatu bentuk dari struktur kekuasaan yang dimana kekuasaan efektif ini berada di tangan sejumlah kecil orang. Orang yang di maksudkan adalah orang yang di bedakan berdasarkan royalti, kekayaan, pendidikan, ikatan keluarga, kontrol militer, atau perusahaan. Negara ini sering kali di kendalikan oleh keluarga yang terkemuka dan beberapa yang lulus akan mewarisi ke generasi ke generasinya yang akan datang.

Baca Juga:  √ 30 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Aristokraswi adalah suatu bentuk dari pemerintahan yang dimana warganya adalah kalangan elit. Di dalam asal-usul yang berasal dari Yunani Kuno, di gambarkan bahwa yang dapat tinggal adalah warga yang memenuhi syarat dan kontras dengan monarki. Setelah sekian lama maka aristokrasi di lihat sebagai pemerintahan yang berisi kelompok istimewa, berkelas bangsawan, dan kontras akan demokrasi.

Tidak jauh berbeda dengan plutokrasi yang pemerintahannya di perintah oleh orang kaya. Berbeda dengan sistem demokrasi, sistem yang di gunakan plutokrasi tidak berakar dalam suatu filsafat politik dan tidak ada pendukung.

Contoh dari plutocracies adalah Replublik Romawi, beberapa negara yang letaknya berada di Yunanai Kuno, Florence, peredaban Cathage, Genoa, Venesia, dan pada Pra-Perang Dunia Ke II pada Kekaisaran Jepang Zaibatsu.

Pengertian Oligarki Dan Monarki Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Monarki

Monarki adalah suatu bentuk dari pemerintahan yang dimana kedaulatan yang sebenarnya atau nominal yang terwujud di dalam satu individu yaitu adalah raja. Monarki ini adalah pemerintahan yang di pimpin oleh raja dan masa jabatannya hingga raja tersebut turun tahta atau meninggal dunia.

Raja memiliki banyak gelar yang di antaranya adalah Raja, Ratu, Pangeran ataupun Putri, Kaisar atau Permaisuri, Shah, Duke atau Besar Duke, Dan Malik atau Malikah. Monarki sering di kaitkan dengan aturan dari keturunan politik ataupun sosial budaya. Dari kebanyakan raja telah di lahirkan dan di persiapakan dengan pendidikan untuk dapat mengerjakan tudas-tugas kenegaraan pada masa yang akan datang. Tetapi ada pula yang menjadikan pemimpin tidak melalui keturunan atau non-keturunan.

Baca Juga:  √ Macam-macam Demokrasi dan Penjelasannya (Terlengkap)

Monarki telah menjadi banyak dan tersebar di seluruh dunia tetapi banyak yang menghapuskan monarki menjadi bentuk republik.

Sekianlah pengertian mengenai Pengertian Oligarki Dan Monarki dan Contohnya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Pemerintahan di indonesia mengikuti pemerintahan kepresidenan yaitu pemerintahan yang demokrasi. Karena pemimpin yang di kehendaki di pilih langsung oleh masyarakatnya sendiri. Semoga bermanfaat.

5.0
11