Pengertian Gerak Tropisme Pada Tumbuhan dan Macamnya

Pengertian Gerak Tropisme Pada Tumbuhan dan Macamnya – Tumbuhan sering kita tidak sadari dapat bergerak. Seperti makhluk hidup yang lainnya tumbuhan juga dapat memilih bagaimana dia bergerak.

Pengertian Gerak Tropisme Pada Tumbuhan dan Macamnya

Ada beberapa gerakan pada tumbuhan yang diantaranya adalag gerak tropisme. Gerak Tropisme pada tumbuhan dapat di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Gerak Tropisme

Pengertian gerak tropisme adalah suatu gerak pada tumbuhan yang bergerak dengan pengaruh dari arah rangsangan yang di dapatkan. Gerak ini memiliki dua gerakan yaitu tropisme positif dan tropisme negatif.

Tropisme positif adalah gerakan tumbuhan yang arah geraknya mendekati dan menghampiri sumber rangsangan. Tropisme negetif adalah gerakan tumbuhan yang arah geraknya menjauhi sumber rangsangan.

Macam-macam Gerak Tropisme

Gerak ini terbagi menjadi beberapa macam jenisnya. Untuk mengenal macam-macam maka akan di jelaskan sebagai berikut:

1. Geotropisme

Geotropisme adalah suatu gerakan tropisme yang terjadi karena adanya rangsangan dari gravitasi bumi. Gravitasi yang di terima tumbuhan dari bumi seperti saat ini menunjukkan pertumbuhan geotropisme. Pertumbuhan geotropisme ini di terima baik sisi positif maupun negatif.

Gerakan geotropisme positif ini dapat di lihat pada akar tumbuhan yang menembus tanah ke arah bawah. Gerakan geotropisme negatif dapat di lihat ketika melihat pertumbuhan batang tumbuhan yang menjulang ke atas.

2. Fototropisme

Fototropisme adalah suatu gerakan tropisme yang terjadi karena adanya rangsangan dari cahaya. Bagian atas dari tumbuhan yang sering terkena cahaya matahari memberikan dampak fototropisme positif.

Sedangkan akar dari tumbuhan tersebut yang tidak terkena cahaya memberikan dampak fototropisme negatif. Akan tetapi meski berdampak fototropisme negatif akartumbuhan menjadi cepat memanjang di karenakan adanya distribusi auksin yang turun dari batang pohon ke bawah menuju akar.

3. Tigmotropisme

Tigmotropisme adalah suatu gerakan tropisme yang terjadi karena adanya rangsangan sentuhan. Gerakan ini terjadi pada beberapa tumbuhan seperti ubi, anggur dan jenis tumbuhan pemanjat lainnya.

Sulur yang memanjang mengenai bagian benda yang tersentuh dan memberikan efek pertumbuhan pada sel-sel tumbuhan tersebut yang terkena sentuhan menjadi melambat dan memendek di bandingkan dengan bagian yang tidak terkena sentuhan. Dan akibat dari sentuhan tersebut maka bagian tersebut akan melengkung mengikuti benda yang menyentyhnya tersebut.

Pengertian Gerak Tropisme Pada Tumbuhan Dan Macamnya Lengkap

4. Kemotropisme

Kemotropisme adalah suatu gerakan tropisme yang terjadi karena adanya rangsangan kimia. Rangsangan ini ada ketika gerakan akar menjadi menumpuk dan ketika pertumbuhan saluran serbuk sari yang akan menuju bakal buah ketika mengali pembuahan.

5. Hidrotropisme

Hidrotropisme adalah suatu gerakan tropisme yang terjadi karena adanya rangsangan dari air. Rangsangan ini akan menyebabkan bagian tumbuhan akan mendekati air seperti akar yang bergerak untuk mendekati air.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Gerak Tropisme Pada Tumbuhan dan MacamnyaΒ yang telah di jelaskan seputarpengetahuan. Tumbuhan bergerak secara tropisme memiliki banyak sekali macamnya yang telah di pisahkan dan di bedakan menurut jenis rangsangan yang di terimannya dan dampaknya berbeda-beda. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Baca juga:

Daftar Isi