Pengertian Ekologi Serta Organisme dan Komunitasnya (Lengkap)

Pengertian Ekologi Serta Organisme dan Komunitasnya (Lengkap) – Makhluk hidup di bumi ini memiliki banyak sekali jenis dan macamnya. Hewan, manusia dan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang menempati bumi ini.

Hewan dan tumbuhan memiliki jenis yang sangat banyak dan beragam dan memiliki tempat hidup atau lingkungan yang beragam pula. Ada yang hidup di air, ada yang hidup di darat bahkan ada yang dapat hidup di kedua lingkungan tersebut.

Pengertian Ekologi Serta Organisme dan Komunitasnya (Lengkap)

Dalam suatu lingkungan hidupnya, organisme ini di bagi menjadi beberapa macam sesuai dengan tempat tinggal dan kondisinya. Cabang ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya di namakan dengan ekologi. Untuk dapat mengenal tentang ekologi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Ekologi

Pengertian ekologi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme yang ada dengan lingkungan sekitarnya. Contoh ekologi adalah ada ekologi air tawar, asin atau laut, ekologi pertanian dan sebagainya.

Ekologi ini memiliki banyak sekali jenis dan macamnya karena dari setiap lingkungan yang ada memiliki ekologinya masing-masing. Dari ekologi tersebut bahkan ada hewan atau tumbuhan tertentu yang hanya bisa menempati lingkungan tersebut.

Organisasi Ekologi

Organisme ekologi adalah ketika melihat bagaiman cara individu atau organisme berinteraksi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Organisasi ekologi terdiri dari komponen berupa biotik atau hidup dan abiotik atau tidak hidup.

Di tingkat organisme, ekologi di lihat cara organisme dapat menyesuaikan antara komponen abiotik atau hidup dan abiotik atau tidak hidup mereka dengan lingkungannya. Seperti contohnya adalah pada hewan buaya yang memiliki darah dingin di tubuhnya maka dia perlu memaksimalkan kehidupannya di siang hari dengan menyerap panas cahaya matahari, sehingga dapat di lihat ketika berada di tepi rawa meraka menyerap cahaya matahari dengan berjemur (adaptasi prilaku).

Ketika akan melakukan perburuan, buaya akan menahan nafasnya dan berada di dalam air hingga satu jam untuk menunggu mangsanya lengah lalu memangsanya (adaptasi fisiologis). Pada mata dan hidung buaya berada di kepala bagian atas agar dapat dengan mudah melihat adanya mangsa dan mempermudah dalam pengambilan nafas di udara (adaptasi morfologi).

Populasi Ekologi

Populasi ekologi adalah suatu perkumpulan individu yang berasal dari jenis dan spesies yang sama dan menempati lingkungan geografis yang sama dan pada waktu tertentu. Sumber daya alam yang mereka gunakan atau pakai sama dan pengaruh dari lingkungan yang sama pula. Populasi ekologi meneliti tentang faktor-faktor dapat mempengaruhi jumlah kepadatan penduduk berupa jumlah individu dalam suatu daerah serta distribusi atau bagaimana individu keluar dan menyebar. Contohnya adalah ketika buaya pada rawa tertentu popolasinya terganggu atau tidak ketika makanan yang berada di daerahnya berkurang karena sakit atau habis, atau ketika ada saingan lain yang memakan makanan serupa.

Dengan mengamati tingkah dan kepadatan jumlahnya dengan melihat kelahiran dan kematian dari populasi yang ada, ekologi dapat menentukan dukungan pada habitat yang mendukung. Hal ini dapat membantu dalam hal menentukan apakah spesies di daerah tersebut akan berkembang atau malah akan musnah. Jika jumlahnya mulai berkurang maka akan di kontrol dan sumber daya alamnya akan di tingkatkan kembali agar spesies tersebut dapat pulih.

Pengertian Ekologi Serta Organisme Dan Komunitasnya Lengkap

Komunitas Ekologi

Komunitas ekologi secara biologis terbagi menjadi dua atau lebih tergantung dari jumlah spesies yang berbeda pada suatu wilayah geografis tertentu. Ekologi komunitas dapat melihat interaksi yang terjadi antara populasi seperti contohnya kompetisi dan predasi. Sebagai contoh adalah dengan melihat melalui jaringan makanan yang di tunjukkan oleh predator dan mangsanya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Ekologi Serta Organisme dan Komunitasnya (Lengkap)Β yang telah di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Organisai pada setiap daerah berbeda dan bermacam-macam jenisnya. Seperti pada perkotaan beda dengan pedesaan dan yang lainnya. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Baca juga:

Daftar Isi