Pengertian Ciliata, Ciri & Klasifikasinya (Lengkap)

Pengertian Ciliata, Ciri & Klasifikasinya (Lengkap) – masih kembali membahas diseputar biologi, kali ini kita akan membahas mengenai ciliata. Pasti banyak yang belum tahu mengenai ciliata dan bertanya apa itu ciliata?

Karena itu disini akan membahas mengenai ciliata dan bisa membantu para pencari ilmu dan yang ingin memahami tentang biologi tidak terkecuali ciliata. Untuk itu harus membaca dan menyimak ulasan dari artikel ini. Untuk dapat dengan mudah memahami mari kita mulai pembahasan mengenai ciliata.

Pengertian Ciliata, Ciri & Klasifikasinya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian ciliata terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Ciliata

Ciliata ialah protista yang bersel satu serta permukaan tubuhnya ditumbuhi oleh rambut getar. Ciliata yang berasal dari kata cillium yang berarti rambut getar, sedangkan ciliophora dapat bergerak dengan menggunakan silia atau rambut getar. Sehingga ciliata dan juga ciliophora adalah hewan yang dapat bergerak dengan menggunakan alat bantu dari rambut getar atau silia, dan pada suatu fase kehidupannya dan digunakan sebagai alat gerak dan juga untuk mencari makanan.

Ukuran silia sendiri lebih pendek dibandingkan dengan flagel, dan memiliki dua intisel (nukleus). Yaitu makronuskleus atau inti besar yang mengendalikan fungsi dari hidup sehari-hari RNA, serta penting bagi reproduksi aseksual. Dan mikronukleus atau inikecil yang bertukaran disaat konjugasi bagi proses reproduksi seksual. Dan ditemukan juga vakuola kontraktil yang mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan air didalam tubuhnya.

Ciri Ciliata

Ciliata juga memiliki ciri dan juga beberapa karakteristik yang dapat membedakan jenis-jenis protozoa yang lainnya. Supaya dapat lebih jelas mengetahui apa saja ciri dari ciliata mari kita lihat dibawah ini.

  1. Mempunyai sifat heterotrof
  2. Bergerak dengan menggunakan silia (rambut getar)
  3. Pada umumnya mempunyai ukuran mikroskopis, tetapi ada juga spesies yang memiliki ukuran 3 mm sehingga bisa dilihat dengan menggunakan mata telanjang
  4. Pembelahan secara biner
  5. Membantu pergerakan makanan menuju sistoma
  6. Terdapat di seluruh bagian sel dan juga pada bagian tertentu
  7. Mempunyai bentuk tubuh oval dan juga tidak berubah-ubah atau tetap
  8. Hidup bebas di lingkungan yang berair baik di air laut ataupun air tawar yang terdapat banyak kandungan zat organiknya
  9. Hidup secara parasit, simbiosi dan ada juga yang hidup di alam bebas
  10. Mempunyai dua inti sel yaitu makronukleus dan juga mikronukleus

Klasifikasi Dari Ciliata

Berikut ini adalah klasifikasi dari ciliata.

1. Paramecium

Jenis ciliata yang pada bagian ujung depannya tumpul, dan di bagian belakang meruncing sehingga tampak berbentuk sepatu ataupun sandal

2. Vorticella

Jenis dari ciliata yang mempunyai bentuk seperti lonceng dan juga bertangkai panjang dengan bentuk yang lurus atau spiral yang terdapat silia pada sekitar mulutnya. Hidupnya berada di air tawar, menempel pada tangkai batang yang bersifat kontraktil dan juga substrak. Makanannya adalah bakteri ataupun sisa-sisa bahan organik yang masuk dengan bersamaan melalui celah mulutnya.

3. Didinium

Jenis dari ciliata ini adalah predator pada ekosistem perairan yaitu merupakan pemangsa dari pramecium

4. Stentor

Jenis dari ciliata ini mempunyai bentuk seperti terompet dan juga menetap di air tawar yang bergenang ataupun mengalir, makanan dari hewan ini ialah ciliata yang memiliki ukuran yang lebih kecil

5. Balantidium Coli

Jenis dari ciliata yang paling besar didalam usus yang terbesar dan juga satu-satunya golongan dari ciliata manusia yang patogen dan juga menimbulkan balantidiasis atau juga ciliata dysentri. Ciliata jenis ini bisa dijumpai pada daerah yang tropis atau sub tropis.

Pengertian Ciliata, Ciri Ciliata Dan Klasifikasi Ciliata

Peranan Dari Ciliata

Ciliata juga mempunyai peranan yang dapat menguntungkan dan juga merugikan apa saja peranan dari ciliata mari kita bahas di bagian selanjutnya.

  1. Peranan Ciliata Yang Menguntungkan seperti Didinium yang mirip dengan ceret bertangkai yang mempunyai peranan sebagai predator di air tawar
  2. Peranan Ciliata Yang Merugikan seperti Balantidium coli yang hidupnya parasit didalam usus manusia yang bisa menyebabkan gangguan perut dan juga bisa menyebabkan diare berdarah

Itulah penjelasan yang sudah diberikan tentang Pengertian Ciliata, Ciri & Klasifikasinya (Lengkap), ciliata suatu protista yang tubuhnya ditumbuhi dengan rambut getar yang mempunyai kegunaan untuk bergerak, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Daftar Isi