√ Pengertian Angiospermae dan Ciri-cirinya (Pembahasan Terlengkap)

Pengertian Angiospermae dan Ciri-cirinya (Pembahasan Terlengkap) – kali ini kita akan kembali membahas mengenai mata pelajaran biologi. Apa yang akan kita bahas kali ini ialah mengenai angiospermae, kata angiospermae mungkin masih jarang didengar oleh seseorang yang tidak mempelajari tentang biologi.

Pengertian Angiospermae dan Ciri-cirinya (Pembahasan Terlengkap)

Kali ini kita akan membahas angiospermae dan mengulas apa sebenarnya angiospermae itu. Untuk anda yang tertarik dengan artikel yang akan dibahas ini, tentu jangan sampai meninggalkan pembahasan yang selanjutnya, tidak perlu berlama-lama langsung saja kita mulai pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Angiospermae

Angiospermae yang berasal dari dua kata yaitu angios yang mempunyai arti tertutup sedangkan sepermae yang mempunyai arti biji. Sehingga dapat kita simpulkan  bahwa angiospermae merupakan golongan tumbuhan yang dapat menghailkan biji.

Serta dilindungi dengan karpel atau daun buahnya serta pembuahannya ganda. Dan memiliki alat perkawinan yang berupa bunga yang disebut juga  Anthophyta. Angiosperma juga mempunyai nama lain yaitu Magnoliophyta.

Sedang ciri utama yang dimiliki angiosperma adalah bakal biji yang berada didalam megasporofil yang kemudian termodifikasi menjadi daun buah, sehingga membuat serbuk sari harus menembus jaringan dari daun buah supaya dapat mencapai bakal biji dan juga membuahi ovum.

Baca Juga:  √ Ciri Pokok Taksonomi & Siklus Hidup Kormophyta Berspora (Lengkap)

Secara umum daun buah mempunyai daging tebal, seperti mangga, semangka dan juga jeruk. Sedangkan pada kacang-kacangan antara lain kacang panjang, kapri, buncis, yang daun buahnya berupa kulit polng yang tipis.

Daun buah yang mempunyai fungsi sebagai pelindung dari biji supaya tidak kekeringan disaat mengalami dormansi atau tidak aktif. Sedang tubuh dari angiospermae mempunyai bentuk serta ukuran yang bervariasi. Ada yang berupa tumbuhan yang berbunga kecil yang hanya berdiameter 2 mm.

Dan juga ada pohn raksasa yang mempunyai ketinggian lebih dari 100 m, dan tubuhnya mempunyai bagian diantaranya akar, batang, daun, serta bunga. Akar dari angiospermae mempunyai bentuk serabut ataupun tunggang. Sedangkan batangnya ada juga yang memiliki kambium dan ada pula yang tidak berkambium.

Ciri-ciri Angiospermae atau Tumbuhan Biji Tertutup

Angiospermae memiliki berbagai macam ciri, apa saja ciri dari angiospermae? Untuk lebih jelasnya mari bersama-sam kita lanjutkan pembahasan ini.

  1. Memiliki bunga sejati
  2. Daun buah yang berdaging tebal
  3. Biji yang dilindungi oleh bakal buah
  4. Memiliki bentuk serta ukuran yang bervariasi
  5. Tubuhnya yang terdiri dari akar, batang, daun serta bunga
  6. Akarnya yang memilki bentuk tunggang atau serabut
  7. Bentuk tulang danu yang bervariasi atau menyirip, lurus dan menjari
  8. Pada umumnya daunnya lebar, tunggal atau majemuk
  9. Reproduksinya secara vegetatif dan generatif
  10. Bunga mempunyai kelopak, mahkota, benang sari dan putik
  11. Batangnya ada yang mempunyai kambium dan juga ada yang tidak mempunyai kambium
  12. Memiliki pembuluh xilem dan diperkuat oleh serat dengan dinding sel yang tebal dan berlendir
  13. Habitatnya berupa semak, herba, perdu atau juga pohon
  14. Selisih waktu relatif pendek diantara penyerbukandan pembuahan
  15. Batang yang bercabang dan tidak bercabang
Baca Juga:  √ 2 Jenis Peredaran Darah Manusia & Penjelasannya (Bahas Lengkap)

Pengertian Angiospermae Dan Ciri Angiospermae Lengkap

Itulah penjelasan yang sudah diberikan tentang Pengertian Angiospermae dan Ciri-cirinya (Pembahasan Terlengkap)Angiospermae adalah tumbuhan biji tertutup yang mempunyai banyak ciri, semoga bermanfaat bagi pembaca 🙂

5.0
12