√ Jenis Hutan Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Jenis Hutan Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Di dunia ini terdapat hutan-hutan yang masih dapat kita temui di hampir setiap daerah. Hutan memiliki fungsi yang penting bagi kehidupan makhluk hidup yang tinggal di dunia ini.

Banyak yang belum mengerti akan pentingnya hutan bagi kehidupan kita di dunia ini karena mereka masih saja menebang hutan secara sembarangan dan tidak memikirkan dampaknya untuk anak dan cucu kita nanati bahkan bagi kita sendiri.

Jenis Hutan Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Kehidupan hutan ini sangat penting karena hutan sebagai paru-paru dunia atau sebagai penyuplai oksigen terbesar bagi dunia. Untuk lebih jelas mengenai jenis dari hutan akan di jelaskan sebagai berikut.

Jenis Hutan

Hutan sebagai paru-paru dunia dan sebagai tempat tinggal dari hewan dan juga tumbuhan memiliki jenis yang beragam. Jenis beragam ini akan di bagi menjadi beberapa bagian yaitu adalah sebagai berikut.

Jenis Hutan Berdasarkan Fungsinya

Jenis hutan yang di kelompokkan berdasar fungsinya ini dibagi menjadi beberapa bagian lai yaitu sebagai berikut.

Hutan Lindung

Hutan lindung adalah hutan yang di lindungi oleh pemerintah yang berfungsi untuk dapat menjaga kelestaraian tanah dan tata air di wilayan itu.

Hutan Suaka Alam

Hutan suaka alam adalah hutan yang karena di dalam hutan tersebut memiliki ciri khasnya maka hutan tersebut di manfaatkan dengan membuat suatu perlindungan khusus untuk alam hayati atau untuk di manfaatkan lainnya. Pemanfaatannya adalah dengan mejadikan cagar alam atau suaka margasatwa.

Baca Juga:  √ Pengertian Peta Beserta Fungsi, Syarat dan Jenisnya (Lengkap)

Hutan Wisata

Hutan wisata adalah hutan yang sengaja di peruntukkan dengan binaan dan peliharaan untuk di kemudian hari di gunakan untuk pariwisata atau untuk wisata baru. Pemanfaatan hutan wisata ini terdiri atas Taman Wisata, Taman Baru, dan juga Taman Laut.

Taman wisata memiliki ciri khas dengan keindahan alam yang memukau. Keindahan ini terdiri dari keindahan alam maupun keindahan hewan yang ada di dalamnya dan dapat menarik para wisatawan untuk dapat menjelajahi tempat tersebut.

Hutan Produksi

Hutan produksi adalah hutan yang di gunakan kekayaan alamnya khususnya tumbuhannya untuk dapat di gunakan oleh manusia. Pemanfaatan hutan produksi ini adalah dengan menghasilkan industri kayu dan industri obat-obatan.

Jenis Hutan Berdasarkan Jenis Pohonnya

Selain pengelompokkan hutan berdasarkan jenisnya saja ada pula pengelompokan hutan berdasar jenis pohon yang ada di dalamnya. Pengelompokan hutan berdasarkan jenis pohonnya akan di jelaskan sebagai berikut.

Hutan Heterogen

Hutan heterogen adalah jenis hutan yang banyak di tumbuhi oleh berbagai jenis pohon, seperti hutan rimba. Hutan ini tersebar di daerah tropic seperti pada daerah Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, Australia Timur, dan Asia Tenggara.

Hutan Homogen

Hutan homogen adalah hutan yang penuh di tumbuhi oleh satu macam saja tumbuhan. Tumbuhan ini di peruntukkan dengan tujuan tertentu saja yaitu adalah untuk penghijauan, reboisasi, atau untuk industri. Contoh dari hutan ini adalah hutan jati dan hutan pinus.

Jenis Hutan Beserta Fungsinya Lengkap

Jenis Hutan Berdasarkan Proses Terjadinya

Jenis hutan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu ada hutan yang terjadi secara alami ada pula hutan yang terjadi secara buatan.

Hutan Asli (Hutan Alam)

Hutan asli ini atau yang di sebut hutan alam ini adalah hutan yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia di dalamnya seperti hutan rimba.

Baca Juga:  √ Pengertian Tata Surya, Teori Terbentuk dan Susunannya (Lengkap)

Hutan Buatan

Hutan buatan ini adalah suatu hutan yang secara sengaja di buat oleh para manusia. Hutan ini di buat untuk dapat memenuhi suatu tujuan tertentu . Hutan ini di buat berdasar pada keingain dari kelompok manusia itu sendiri akan di buat untuk apa.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Jenis Hutan Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap) yang telah di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Hutan sangatlah penting bagi kehidupan kita di dunia ini karena dari hutan ini kita dapat menghirup oksigen dan udara yang bersih. Semoga bermanfaat 🙂