√ Gerakan Pada Tumbuhan (Pembahasan Lengkap)

Gerakan Pada Tumbuhan (Pembahasan Lengkap) – Tumbuhan adalah jenis makhluk hidup yang dapat hidup dengan cara mencari nutrisi dari dalam tanah. Untuk dapat mencari nutrisi tersebut tumbuhan memiliki akar sebagai organ tubuh tumbuhan yang dapat memnbus dalamnya tanah.

Gerakan Pada Tumbuhan (Pembahasan Lengkap)

Tumbuhan dapat kita lihat berdiam diri dan tidak melakukan hal apa pun. Tetapi tanpa kita sadari tumbuhan dapat bergerak dengan alami dan dari faktor lainnya. Gerakan tumbuhan dapat di bedakan menjadi dua.

Gerakan tumbuhan dapat kita amati dengan cara mencatat pergerakan yang terjadi ataupun dengan sering mengontrolnya atau melihatnya agar mengerti perbedaanya. Gerakan tumbuhan di bedakan menjadi gerak endonom dan gerak etionom. Gerakan ini akan di jelaskan sebagai berikut.

Gerakan Pada Tumbuhan

Gerakan pada tumbuhan terjadi karena beberapa faktor yang di antaranya ada dari diri tumbuhan itu sendiri atau dari rangsangan yang di terimanya. Gerakan pada tumbuhan di bagi menjadi dua yaitu gerakan endonom dan gerakan etionom. Gerakan tersebut akan di jelaskan di bawah ini.

Gerak Endonom

Gerak endonom adalah gerak tumbuhan non pengeruh faktor. Yang arti gerak endonom adalah gerak yang berasal dari diri tumbuhan tersebut tanpa faktor lainnya. Gerakan ini memiliki dua macam yaitu

Baca Juga:  √ 6 Fungsi Akar Pada Tumbuhan dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)
  1. Gerak nutrisi adalah suatu gerakan spontan yang tidak ada kaitannya dengan rangsangan dari luar tubuh tumbuhan. Contoh dari gerakan nutrisi ini adalah gerakan aliran sitoplasma yang ada pada tanaman air yaitu hydrilla verticullata.
  2. Gerak higroskopis adalah suatu gerakan tumbuhan dengan adanya perubahan kadar air. Contoh dari gerakan higoskopis ini adalah gerak pecahnya kulit dari buah polong-polongan yang memang sudah kering.

Gerakan Pada Tumbuhan Lengkap

Gerak Etionom

Gerka etinom adalah gerak tumbuhan yang berasal dari luar. Rangsangan yang di maksud adalah berupa rangsangan fisik, kimia dan juga mekanik. Banyak faktor gerak etinom yang di antaranya cahaya, gravitasi, sentuhan dan yang lainnya. Gerakan etion di bedakan menjadi 3 bagain yaitu adalah Gerakan Tropisme, Gerakan Nasti, dan Gerakan Taktis.

Sekianlah penjelasan mengenai Gerakan Pada Tumbuhan (Pembahasan Lengkap) yang telah di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Tumbuhan dapat bergerak seperti halnya makhluk hidup yang lain tetapi hanya cara bergeraknya yang tidak sama dengan makhluk hidup yang lainnya yaitu manusia dan hewan. Semoga bermanfaat 🙂