√ Faktor Penyebab Terjadinya Kemunduran Kerajaan Majapahit

Faktor Penyebab Terjadinya Kemunduran Kerajaan Majapahit – Majapahit adalah salah satu kerajaan yang sangat besar, kerajaan majapahit pada masanya menjadi salah satu kerajaan yang sangat ditakuti oleh para lawannya. Majapahit terletak di jawa timur yang dipimpin oleh Raden Wijaya.

Dimana kerajaan majapahit adalah kerajaan indianisasi yang terakhir diindonesia yang bertempat di jawa timur yang berdiri sekitar abad ke 13 dan 16. Pada tahun 1293 Masehi para tentara mongol datang ke jawa untuk membalaskan penghinaan kepada Kaisar Cina yaitu Kubilai Khan yang telah mengirimkan utusannya Meng Chi ke Singasari untuk meminta upeti.

Tetapi kertanegara adalah penguasa kerajaan singasari yang terakhir dan menolak untuk membayarkan upeti serta merusak wajah dari utusan kaisar cina dan juga memotong telinga dari utusan kaisar cina.

Faktor Penyebab Terjadinya Kemunduran Kerajaan Majapahit

Pada saat itu Jayakatwang adipati dari kediri membunuh Kertanegara atas saran yang diberikan Aria Wiraraja kemudian Jayakatwang memberikan pengampunan kepada Raden Wijaya menantu dari kertanegara yang menyerahkan diri kemudian Raden Wijaya juga diberikan Hutan Tarik. Lalu kemudian Raden Wijaya membuka Hutan tersebut untuk membangun desa baru yang kemudian diberi nama Majapahit, nama Majapahit diambil dari “buah maja” dan juga “rasa pahit”.

Tapi terjadi kemunduran pada Kerajaan Majapahit dan terjadinya proses runtuhnya Majapahit dengan beberapa faktor yang kemudian mebuat majapahit benar-benar runtuh. Dan kemudian hanya menjadi sejarah dari kerajaan majapit beserta peninggalannya.

Baca Juga:  Sejarah, Makna Dan Isi Teks Sumpah Pemuda Lengkap

Faktor Penyebab Terjadinya Kemunduran Majapahit

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kemunduran pada kerajaan majapahit Untuk lebih jelasnya mari kita bahas apa saja faktor-faktor dari penyebab mundurnya kerajaan majapahit.

1. Tidak adanya pembentukan pimpinan baru (tidak ada kaderisasi)

2. Gajah Mada adalah Patih Amangkubumi yang memegang semua jabatan yang sangat penting. Dia tidak memberikan kesempatan kepada generasi penerus agar bisa tampil, dan setelah meninggalnya Gajah Mada tidak memiliki  pengganti yang cakap dan juga berpengalaman

3. Perang antara saudara yang juga melemahkan kekuatan, seperti Perang Paregreg yang kemudian menimbulkan malapetaka untuk rakyat dan juga para kaum bangsawan, dan kemudian melemahkan kekuatan dan juga tidak adanya persatuan. Daerah-daerah kemudian melepaskan diri, dikarenakan pemerintahan pusat dari Kerajaan Majapahit lemah dan semakin kacau, kemudian para adipati yang ada di jawa serta kerajaan-kerajaan yang ada diluar jawa juga ikut untuk melepaskan diri dari Kerajaan Majapahit

4. Kelemahan yang dimiliki pemerintahan pusat yang diakibatkan oleh perang antara saudara yang juga mengakibatkan kemunduran ekonomi Kerajaan Majapahit. Dan kemudian perdagangan yang ada di Kepulauan Nusantara diambil alih oleh para pedagang-pedagang dari melayu dan juga para pedagang-pedagang islam.

5. Masuk dan juga tersiarnya agama islam, dan kemudian Adipati dan juga daerah-daerah pesisir pantai serta daerah pedalaman yang memeluk agam islam dan merasa tidak memiliki keterikatan oleh kekuasaan Kerajaan Majapahit, sehingga mereka tidak menaati dan juga tidak setia kepada penguasa yang beragamakan Hindu.

Baca Juga:  √ Sejarah ASEAN dan Prinsip Utamanya (Pembahasan Terlengkap)

Faktor Penyebab Terjadinya Kemunduran Kerajaan Majapahit

Itu tadi yang sudah dijelaskan seputarpengetahuan.com tentang Faktor Penyebab Terjadinya Kemunduran Kerajaan Majapahit kekuasaan yang dimiliki Kerajaan Majapahit sangatlah besar tetapi dapat mengalami kemunduran akibat adanya pemimpin yang tidak memberikan kesempatan kaum muda untuk dapat belajar dan dapat menggantikannya dimasa yang akan datang, karena sifat yang dimiliki kemudian yang menghancurkan kerajaan tersebut karena tidak adanya pengganti dari Gajah Mada setelah dia meninggal dunia, semoga bermanfaat 🙂

4.7
08