√ Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan beserta Fungsinya Lengkap

Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan beserta Fungsinya Lengkap – Makhluk hidup di dunia ini memiliki banyak ragam dan spesiesnya. Ada yang hidup di darat ada pula yang hidup di air bahkan ada pula yang hidup di dua alam.

Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan beserta Fungsinya Lengkap

Hewan dan tumbuhan memiliki banyak jenis dan ragamnya yang tersebar di seluruh dunia. Keaneka ragaman hewan dan tumbuhan ini tidak menjadi alasan untuk mengidentifikasi dan menandainya karena setiap makhluk hidup memiliki ciri khas yang di milikinya sendiri.

Ciri khas atau ciri khusus ini di miliki oleh dirinya dan menjadi penanda agar tidak tertukar. Untuk mengenal lebih jauh lagi ciri khusus hewan dan tumbuhan serta fungsinya lengkap akan di jelaskan sebagai berikut.

Ciri Khusus Hewan

Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki banyak jenis dan spesiesnya dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Untuk dapat menandainya adalah dengan mengamati ciri yang di milikinya karena ciri tersebut tidak akan sama dengan yang lain dan menjadi pembeda antara satu dengan yang lain. Ciri khusus hewan akan di jelaskan sebagai berikut.

1. Hewan berlidah panjang dan juga lengket. Fungsi yang memiliki lidah panjang dan lengket ini adalah untuk dapat menangkap mangsa yang ada di sekitarnya dengan menjulurkan lidahnya. Contoh dari hewan tersebut adalah cicak, tokek, bunglon dan landak semut.

Baca Juga:  √ Ciri Virus, Monera dan Jamur (Pembahasan Paling Lengkap)

2. Hewan yang mampu berelokasi. Fungsi dari kemampuan berelokasi ini adalah untuk dapat mendeteksi benda yang ada di sekitarnya walau dalam keadaan yang minim cahaya sekalipun. Contoh hewan tersebut adalah kelelawar.

3. Hewan kulit berduri. Fungsi dari kulit berduri di hewan ini adalah sebagai tempat berlindung dari para pemangsa yang memangsanya. Contoh hewan tersebut adalah landak.

4. Hewan berselaput kaki. Fungsi dari hewan yang memiliki selaput di kakinya adalah sebagai alat bantu untuk dapat berengan di air dan memudahkan untuk mencari makan di dalam air. Contoh dari hewan tersebut adalah itik, angsa dan bebek.

5. Hewan berangka luar. Fungsi dari hewan yang memiliki rangka luar ini adalah sebagai tempat berlindung dari mangsa yang memburunya. Contoh dari hewan tersebut adalah kepiting, rajungan, udang dan lobster.

Ciri Khusus Tumbuhan

Seperti halnya hewan, tumbuhan pun memiliki macam dan ragamnya di dunia ini dan tersebar di seluruh dunia. Untuk dapat membedakan antara yang satu dengan tumbuhan yang lain adalah dengan melihat ciri khususnya yang di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Tumbuhan yang memiliki batang berongga. Fungsi yang di miliki tumbuhan ini berfungsi sebagai landasan agara tumbuhan tersebut dapat mengapung di air dengan seimbang. Contoh dari tumbuhan tersebut adalah teratai dan juga enceng gondok.

2. Tumbuhan yang beraroma busuk. Fungsi yang di miliki tumbuhan ini berfungsi sebagai cara menarik hewan lain seperti semut dan serangga agar mendekat dan membantu penyerbukannya. Contoh tumbuhan tersebut adalah bunga bangkai.

Baca Juga:  √ Lidah : Pengertian, Struktur, Fungsi, Papilla dan Prosesnya

3. Tumbuhan yang memiliki daun tipis dan lebar. Fungsi dari tanaman ini adalah untuk dapat mempercepat proses penguapan yang di lakukaknnya. Contoh dari tumbuhan tersebut adalah teratai dan talas.

Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan Serta Fungsinya Lengkap

Sekianlah penjelasan mengenai Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan beserta Fungsinya Lengkap yang di jealaskan oleh seputarpengetauan. Dengan melihat ciri khusus yang di miliki oleh tumbuhan dan hewan tersebut di harapkan dapat membuat kita mengetahui jenis apa dan mana dari tumbuhan serta hewan tersebut. Semoga bermanfaat 🙂

4.8
89