4 Sifat Gelombang dan Pengertian Gelombang (Pembahasan Lengkap)

4 Sifat Gelombang dan Pengertian Gelombang (Pembahasan Lengkap) – Gelombang tanpa kita sadari terjadi secara otomatis di sekitar kita mau secara alami ataupun buatan. Gelombang akan terus terjadi dan tak bisa di hentikan karena memang tidak dapat di hentikan.

4 Sifat Gelombang dan Pengertian Gelombang (Pembahasan Lengkap)

Gelombang memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang sangat berguna bagi makhluk hidup di bumi ini. Karena dari gelombang kita dapat mengukur kedalaman, mendengar dan masih banyak lagi yang lain. Sebenarnya apa itu gelombang akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Gelombang

Gelombang adalah suatu gejala rambatan yang berasal dari suatu getaran. Dan gelombang ini akan terjadi terus menerus karena sumber getar terus bergetar. Gelombang ini membawa energi yang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Gelombang dapat memantul, melentur, membias dan masih banyak lagi. Contoh gelombang secara sederhana adalah ketika kita mengikat tali ke tiang ketika ujung tali tersebut di goyangkan maka akan terbentuk gundukan dan lembah yang terjadi ketika di goyangkan, dan inilah yg di sebut gelombang.

Sifat Gelombang

Sifat yang di miliki gelombang bervariasi dan beragam. Untuk sifat dari gelombang akan di jelaskan sebagai berikut:

1. Gelombang Dapat Memantul

Gelombang dapat memantul ketika gelombang tersebut terkena halangan. Contohnya adalah ketika gelombang bunyi yang kita hasilkan terhalang oleh tebing atau gedung-gedung yang banyak maka akan memantul. Dan pemantukan tersebut di namakan gema. Pantulan itu dapat di amati dengan staboskop.

2. Gelombang Dapat Membias

Pembiasan yang di lakukan gembang adalah pembelokan yang di lalui oleh batas kedua medium yang berbeda. Pembiasa ini akan mengakibatkan perubahan cepat rambat gelombang, panjang gelombang, dan arah gelombang. Sedangkan frekuensinya tetap.

3. Gelombang Dapat Interferansi

Interferensi adalah merupakan perpaduan antara dua gelombang atau lebih yang jika kedua gelombang di padukan akan terjadi suatu kemungkinan khusus. Kemungkinan khusus tersebut dapat melemahkan dan dapat juga menguatkan. Interferensi yang menguatkan di sebut dengan interferensi konduktif dan yang melemahkan di sebut interferensi distruktif.

4 Sifat Dan Pengertian Gelombang Lengkap

4. Gelombang Dapat Melentur

Difraksi atau pelenturan gelombang adalah peristiwa di mana pembelokan atau penyebaran gelombang melalui celah. Pelenturan gelombang akan terasa besar jika celah yang di lalui besar dan sebaliknya akan kecil jika celah yang di lalui kecil. Maka jika kita berteriak keras di dalam kamar yang di tutup pintunya akan terasa lebih kecil suara yang di hasilkan di luar kamar ketimbang ketika kita berteriak ketika kamar tidak tertutup pintu.

Sekianlah penjelasan mengenai 4 Sifat Gelombang dan Pengertian Gelombang (Pembahasan Lengkap) yang telah seputarpengetahuan berikan. Gelombang memang sangat berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup karena sangatlah penting dan sangat di perlukan, karena contohnya makhluk hidup tidak akan bisa mendengar bunyi jika gelombang tidak ada dan manusia tidak akan dapat mengukur kedalaman laut dengan infrasonic jika tidak ada gelombang. Semoga bermanfaat.

Daftar Isi