14 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Terlengkap

14 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Terlengkap – Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang dimiliki indonesia, tidak hanya sebagai bumbu masakan saja, terkadang kunyit juga digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Manfaat yang ada didalam kunyit sangatlah banyak, salah satu yang lebih sering diketahui masyarakat umum adalah sebagai pelancar asi bagi ibu yang sedang menyusui, atau sebagai obat lambung ketika perut terasa tidak nyaman.

Selain manfaat bagi kesehatan tubuh sebagai salah satu rempah-rempah yang dimiliki indonesia ini kunyit juga berfungsi sebagai bahan kecantikan. Untuk lebih jelasanya kita bahas di bawah ini.

Manfaat Kunyit

Ada berbagai macam manfaat yang dimiliki kunyit, salah satunya adalah untuk memperlancar air asi ibu yang sedang menyusui, atau digunakan untuk jamu sebagai pereda sakit perut atau perut yang terasa tidak nyaman.

1. Sebagai Anti Inflamasi Atau Peradangan

Minyak volatile yang terkandung didalam kunyit sehingga berfungsi sebagai anti peradangan sehingga lebih kuat dibandingkan minyak atsiri, pigmen kuning atau warna kuning yang ada dalam kunyit atau dalam bahasa ilmiah sering disebut dengan curcumin. Anti inflamasi curcumin sudah dibuktikan manfaatnya dan sudah setara dengan obat fenilbutazon dan hydrocortisone.

2. Rheumatoid Arthritis Atau Peradangan Sendikronis

Kandungan kurkumin yang ada didalam kunyit juga memiliki efek antioksidan yang sangat tinggi. Kurkumin yang tekandung dalam kunyit memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat menetralisir radikal bebas, serta bahan kimia yang ada di dalam tubuh sehingga bisa mengakibatkan bermacam kerusakan pada sel-sel yang sehat.

Kunyit yang memiliki antioksidan serta anti inflamasi sehingga ketika mengkonsumsi kunyit secara rutin yang sudah di olah menjadi bahan herbal dapat merasakan lebih membaik.

3. Dapat Mencegah Kanker

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang bisa melindungi sel-sel usus besar. Dimana curcumin tersebut berguna untuk tidak menyebarkan sel kanker tersebar ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan yang semakin parah.

Dimana cara curcumin mencegah sel kanker agar tidak tersebar dengan cara meningkatkan fungsi hati. Curcumin juga berfungsi sebagai penghambat sintesis protein yang mana memiliki peranan sebagai pembentukan tumor juga dapat menghambat berkembangnya suplai darah tambahan yang berfungsi sebagai pertumbuhan sel kanker.

4. Dapat Meningkatkan Antioksidan

Curcumin yang terkandung dalam kunyit merupakan antioksidan yang kuat sehingga berfungsi sebagai penetral radikal bebas, curcumin juga dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan pada tubuh. Sehingga curcumin dapat meberikan perlawanan radikal bebas.

5. Dapat meningkatkan Fungsi Hati

Para peneliti yang pernah melakukan penelitian pengevaluasian pada efek kunyit pada kemampuan hati sebagai pendetoksifikasi xenobiotik (beracun)bahan kimia dimana menggunakan tikus sebagai bahan penelitian.

Karena dua enzim detoksifikasi hati yang sangat penting, tikus yang diberi makan kunyit secara signifikan mengalami peningkatan detoksifiksi dari pada tikus yang tidak diberi makan kunyit.

6. Dapat Mengurangi Resiko Leukimia

Kunyit dapat menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (bahan kimia karsinogenik tercipta oleh pembakaran  bahan bakar yang berbasis karbon seperti asap rokok).

Dimana dapat merusak kromosom, kunyit juga dapat mencegah terbentuknya anemia heterosiklik yang berbahaya serta senyawa nitroso yang terdapat pada beberapa makanan tertentu, seperti olahan daging yang mengandung nitrosamin. Yang dapat menghambat penyebaran sel leukimia dalam kultur sel.

7. Perlindungan Kardiovaskular

kunyit yang mengandung curcumin mungkin bisa sebagai pencegah oksidasi kolesterol pada tubuh. Kolesterol teroksida bisa merusak pembuluh darah ketika menumpuk di plak sehingga dapat memicu serangan jantung dan stroke, curcumin yang terkandung didalam kunyit bisa mengurangi perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung.

Kandungan vitamin B6 yang terkandung pada kunyit sangat diperlukan untuk menjaga homocysteine untuk tidak terlalu tinggi. Kandungan vitamin B6 adalah asupan yang baik untuk penurunan resiko penyakit jantung.

8. Dapat Mencegah Alzaimer

Konstituen biologis aktif dalam kunyit, yang bisa membantu pencegahan penyakit alzheimer dengan cara mengaktifkan gen yang  memproduksi protein antioksidan.

9. Dapat Mencegah Depresi

Penurunan fungsi neurotropik yang dapat menyebabkan depresi sebab diturunkan dari otak serta penyusutan hippocampus, kunyit yang berfungsi sebagai pembantu proses neurotropik sehingga dapat membuat efek anti depresi.

14 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Terlengkap

10. Dapat Membantu Masalah Pencernaan

Kunyit dapat membantu pelepasan empedu, yang dipercaya dapat membantu pencernaan makanan. Kunyit dipercaya dapat melakukannya dengan menstimulasi kandungan pada empedu sehingga bisa melepaskan empedu.

Peranan empedu yang sangat penting yang berguna untuk pencernaan sebagai penyerapan vitamin larut lemak dan juga lemak pada usus kecil.

11. Dapat Mencegah Penumpukan Gas

Sistem pencernaan bagian atas yang dapat ditenangkan dengan kunyit sebagai penyingkir gas. Kunyit berfungsi untuk meningkatkan penyerapan usus. Penyakit colitis adalah penyakit saluran pada pencernaan yang bisa dibilang kronis yang sering kambuh dimana penyakit ini susah untuk disembuhkan.

Penyakit colitis sendiri dapat menyebabkan sakit perut yang sering memiliki tanda adanya darah didalam tinja. Orang yang memiliki penyakit colitis ulserativa yang diberikan kunyit memiliki tingkat resiko kambuh yang lebih sedikit.

12. Baik Untuk Kesehatan Lambung

Berbagai macam makanan yang setiap hari kita konsumsi dapat menyebabkan kerusakan terhadap sistem pencernaan.

Makanan yang kita konsumsi mempunyai sifat korosif, dan bisa merusak dinding lambung dan usus. Kunyit dapat mengurangi efek tersebut karna kunyit dapat meningkatkan lendir dalam dinding lambung sehingga berfungsi sebagai lapisan pelindung.

13. Membantu Mengatasi Gangguan Sembelit

Seperti penjelasan diatas bahwa kunyit bisa menjaga kesehatan pencernaan. Dimana kunyit mempunyai gerakan peristaltik pada usus besar, membuat gerakan makanan bisa lancar, Serta terhindar dari susah buang air besar atau sembelit.

14. Dapat Mengurangi Resiko Serangan Jantung Dan Strok

Kunyit memiliki banayak manfaat salah satunya kandungan curcumin yang mampu mengurangi dampat terkena strok dan serangan jantung.

Dimana curcumin yang dilakukan penelitian pada hewan membuktikan bahwa curcumin dapat membantu menurunkan kolesterol dan pencegahan penumpukan plak atau kolesterol jahat. Dimana curcumin yang bisa menghentikan plak yang bisa menutup arteri sebagai penyebab serangan jantung dan strok.

Sekian penjalasan seputarpengetahuan.com tentang 14 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Terlengkap merupakan rempah-rempah yang banyak sekali tumbuh di indonesia, dimana kunyit dapat dijadikan penyedap pada masakan. Tidak hanya sebagai bahan penyedap melainkan sebagai obat trdisional yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi