√ 10 Pengertian Sastra Menurut Ahli, Ciri dan Fungsinya Lengkap

10 Pengertian Sastra Menurut Ahli, Ciri dan Fungsinya Lengkap – Dalam bahasa indonesia terdapat bermacam jenis bahasa yang terkandung di dalamnya. Bahasa yang terkandung di dalamnya dapat memberikan kita para pembacanya nilai positif atau pun nilai negatif.

Dari bahasa kita dapat lebih mengenal tentang apa yang terjadi di kehidupan bermasyarakat dan bersosialisasi. Kehidupan bernegara juga sering di bahas di dalam bahasa, karena bahasa dapat mempersatukan berbagai suku dan budaya.

10 Pengertian Sastra Menurut Ahli, Ciri dan Fungsinya Lengkap

Dalam bahasa indonesia ada sastra yang merupakan bentuk bahasa. Sastra memiliki banyak sekali makna yang terkandung di dalamnya. Untuk lebih mengenal sastra dapat di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Sastra

Pengertian sastra secara umum adalah merupakan bentuk suatu karya yang sangat indah baik itu tulisan atau lisan. Pengertian asal mula Sastra adalah merupakan sebuah kata serapan dari bahasa sangsakerta yaitu Sastra yang memiliki arti “teks yang mengandung instruksi” atau  Pedoman, arti dari ‘Sas’ yang memiliki arti instruksi atau berupa ajaran dan arti dari ‘tra’ yang memiliki arti alat atau sarana. Di dalam kata bahasa indonesia di gunakan menuju ke bahasa kesusastraan atau jenis tulisan yang terdapat makna tertentu atau meiliki keindahan tertentu.

Sastra di bagi menjadi dua bagian yaitu prosa dan puisi. Prosa merupakan sebuah karya sastra yang tidak terikat. Puisi merupakan sebuah karya sastra yang memiliki ikatan dengan kaidah ataupun aturan tertentu. Contoh sastra prosa diantaranya adalah Novel, Cerita atau Cerpen, dan Drama. Contoh sastra puisi diantaranya adalah Puisi, Pantun, dan juga Syair.

Baca Juga:  √ Pengertian Novel Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Sastra Menurut Para Ahli

Pengertian sastra menurut para ahli bermacam-macam dan di antaranya berbeda. Maka pengertian sastra menurut para ahli akan di jelaskan sebagai berikut:

1. Mursal Esten

Pengertian Sastra atau Kesusastraan adalah pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia. (dan masyarakat) melalui bahasa sebagai medium dan memiliki efek yang positif terhadap kehidupan manusia (kemanusiaan).

2. Semi

Pengertian Sastra. adalah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai mediumnya.

3. Panuti Sudjiman

Pengertian Sastra sebagai karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi, dan ungkapanya.

4. Ahmad Badrun

Pengertian Kesusastraan adalah kegiatan seni yang mempergunakan bahasa dan garis simbol-simbol lain sebagai alai, dan bersifat imajinatif.

5. Eagleton

Pengertian Sastra adalah karya tulisan yang halus (belle letters) adalah karya yang mencatatkan bentuk bahasa. harian dalam berbagai cara dengan bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan, dipanjangtipiskan dan diterbalikkan, dijadikan ganjil.

6. Plato

Pengertian Sastra adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan. Oleh karena itu, nilai sastra semakin rendah dan jauh dari dunia ide.

7. Aristoteles

Pengertian Sastra sebagai kegiatan lainnya melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat.

8. Robert Scholes

Pengertian sastra dan Tentu saja, sastra itu sebuah kata, bukan sebuah benda.

9. Sapardi

Memaparkan bahwa sastra itu adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium. Bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. Sastra menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan social.

Baca Juga:  √ Pengertian Iklan Baris, Ciri, Jenis dan Contohnya (Bahas Lengkap)

10. Taum

Pengertian Sastra adalah karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif atau “sastra adalah penggunaan bahasa yang indah dan berguna yang menandakan hal-hal lain”

Ciri-ciri Sastra

Untuk dapat di sebut karya sastra maka di perlukan ciri-ciri atau hal unik yang dapat mendevinisikan bahwa ini adalah sastra. Ciri-ciri tersebut adalah:

  1. Isinya dapat menggambarkan akan manusia dengan berbagai bentuk permasalahnnya.
  2. Terdapat tatanan bahasa yang baik dan indah.
  3. Cara penyajiannya dapat memberi kesan dan menarik bagi.

10 pengertian sastra menurut para ahli

Fungsi Sastra

Fungsi dari karya sastra bermacam-macam. Fungsi-fungsi sastra tersebut akan di jelaskan sebagai berikut:

  1. Fungsi reaktif adalah dapat memberikan sebuah kesangan atau hiburan untuk para pembacanya.
  2. Fungis didaktif adalah dapat memberikan sebuah pengetahuan atau wawasan mengenai persoalan-persoalan yang ada di kehidupan kepada para pembacanya.
  3. Fungsi estetis adalah dapat memberi keindahan bagi para pembacanya.
  4. Fungsi moralitas adalah dapat memberi pengetahuan moral antara yang baik dan yang buruk begi para pembacanya.
  5. Fungsi religius adalah dapat menghadirkan nilai ajaran keagamaan di dalamnya yang dapat di teladani oleh para pembacanya.

Sekianlah penjelasan mengenai 10 Pengertian Sastra Menurut Ahli, Ciri dan Fungsinya Lengkap  yang di jelaskan di atas. Sastra dapat memberikan dampak yang negatif dan juga dampak yang negatif kepada para pembacanya, maka harus di manfaatkan dengan benar bentuk dari sastra tersebut. Semoga bermanfaat 🙂

5.0
62