√ Pengertian Metabolisme, Proses dan Jenisnya (Lengkap)

Pengertian Metabolisme, Proses dan Jenisnya (Lengkap) – Makhluk hidup merupakan makhluk yang membutuhkan zat-zat tertentu untuk dapat bergerak dan melakukan kegiatan atau proses tertentu di dalam tubuhnya. Kegiatan ini memerlukan makanan sebagai penyedia zat-zat tersebut.

Dalam makanan terdapat berbagai zat yang di perlukan oleh tubuh untuk dapat terus melanjutkan hidup. setelah makanan masuk kedalam tubuh maka zat-zat yang ada di dalamnya kemudian di pisahkan menurut kegunaanya masing-masing.

Pengertian Metabolisme, Proses dan Jenisnya (Lengkap)

Dalam proses tersebut mengalami proses metabolisme. Metabolisme sangat penting bagi tubuh karena dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupannya. Penjelasan mengenai metabolisme dapat di jelaskan di bawah ini:

Pengertian Metabolisme

Pengertian metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadinya berada di dalam tubuh makhluk hidup. proses tersebut adalah berupa penyusunan atau penguraian dalam suatu zat tertentu agar dapat mudah terserap oleh tubuh. Kata metabolisme berasal dari “metabole” yang berarti perubahan. Perubahan yang di maksud adalah mengolah zat tertentu dalam proses kimiawi untuk dpat bertahan hidup.

Jenis Metabolisme

Jenis metabolisme memiliki 2 macam yaitu adalah:

  • Katabolisme – Katabolisme adalah proses menguraikan zat menjadi partikel-partikel kecil yang nantinya akan dapat di rubah menjadi energy.
  • Anabolisme – Anabolisme adalah proses dalam penyusunan senyawa organik yang berasal dari molekul tertentu agar dapat mudah di serap oleh tubuh.

Proses Metabolisme

Proses yang di miliki oleh metabolisme di bagi menjadi 3 yaitu:

Baca Juga:  √ Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Ciri dan Jenisnya
Loading...

Metabolisme Karbohidrat

Metabolisme karbohidrat telah mencangkup proses sintesis (anabolisme), penguraian (katabolisme), dan perubahan bentuk dari karbohidrat yang berada di dalam suatu organisme. Karbohidrat yang terpenting adalah ketika berbentuk glukosa.

Glukosa adalah senyawa gula sederhana atau monosakarida. Proses pencernaan karbohidrat mengealami proses hidrolisis adata merupakan proses penguraian yang mengguanakan media air.

Ketika makanan masuk kedalam mulut maka makanan akan tercampur dengn air liur yang di dalamnya mengandung enzim ptialin. Enzim tersebut selanjutnya menghidrolisis pati menjadi maltosa dan glukosa kecil. Setelah makanan itu tertelan yang selanjutnya di sekresikan di dalam lambung.

Setelah itu makanan masuk ke duedenum dan bercampur dangan getah pankreas. Hasil dari proses tersebut adalah glukosa, fruktosa, manosa dan monosakarida yang selanjutnya di bawa ke hati oleh darah.

Metabolisme Lemak

Metabolisme lemak adalah proses yang dimana asam lemak akan dicerna, dipecah dan untuk untuk menghasilkan energy atau dapat disimpan di dalam tubuh manusia untuk sebagai cadangan energy.

Setelah makanan masuk ke dalam usus akan mulai terjadi kontraksi yang merangsang untuk keluarnya hormon koleistokinin. Hormon ini dapat menyebabkan kantung empedu berkontraksi dan  dapat mengeluarkan cairan empedu.

Empedu mengandung garam empedu yang berguna untuk dapat berperan penting dalam mengemulsi lemak untuk menjadi butiran lemak lebih kecil lagi. Dan hal ini memudahkan dalam proses hidrolisis lemak oleh lipas yang telah dihasilkan pancreas. Dalam penyerapan metabolisme lemak, sebagian besar teradi di dalam usus halus.

Pengertian, Proses Dan Jenis Metabolisme Lengkap

Metabolisme Protein

Loading...
Baca Juga:  √ Pengertian Ekosistem Darat, Macam dan Cirinya (Terlengkap)

Mtabolisme protein adalah proses fisik dan juga kimia yang mencangkup pembentukan asam amino yang berubah menjadi protein atau anabolisme dan juga merupakan pemecahan protein menjadi asam amino atau katabolisme.

Asam amino masuk ke jaringan tubuh melalui darah yang akan di sintesiskan kembali menjadi protein. Keseimbangan yang terjadi antara sintesis protein dan karbolisme ini untuk dapat mempertahankan fungsi sel yang normal.

Tahapan awal metabolisme asam amino melepaskan gugus amino yang kemudian perubahan pada kerangka karbon dalam molekul asam amino. Dalam proses pelepasan asam amino meliputi transmisi dan deaminasi oksidatif.

Yang di maksud dengan transmisi adalah proses katabolisme adam amino yang di dalamnya melibatkan gugus amino. Sedangkan deaminasi oksidatif dengan menggunakan dehidrogenese yang sebagai katalisnya.

Asam amino tidak dapat tersimpan di dalam tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan sumber energi lain maka akan menggunakan asam amino sebagai penggantinya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Metabolisme, Proses dan Jenisnya (Lengkap) yang telah di jelaskan di atas. Metabolisme berlangsung secara alami yang di lakukan tubuh kita ketika mendapat suplaian makanan yang telah kita makan. Makanan tersebutpun di proses menjadi zat-zat yang di perlukan oleh tubuh. Semoga bermanfaat 🙂

4.9
62
Loading...