√ Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional, Manfaat dan Bentuknya

Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional, Manfaat dan Bentuknya – Kerjasama merupakan suatu kegiatan yang memilki tujuan tertentu sesuai dengan kesepakatan bersama. Kerjasama ini meliputi banyak kegiatan seperti bisnis, bahkan tujuan lainnya.

Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional, Manfaat dan Bentuknya

Kerjasama ini di perlukan oleh negara agar dapat menjalin hubungan yang erat antar beberapa negara. Untuk dapat mengerti tentang pengertian, manfaat serta bentuk kerjasama ekonomi internasional secara lengkap akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional

Pengertian kerjasama ekonomi internasional adalah merupakan kerjasama yang terjadi antara satu Negara dengan satu atau beberapa negara lain sekaligus. Kerjasama ekonomi di tujukan untuk dapat memberikan keuntungan di masing-masing negara dalam aspek bidang ekonomi.

Di dalam sebuah kerjasama ekonomi yang terjalin antar negara haruslah mengharapkan keuntungan untuk negara tersebut. Contoh dari kerjasama ini dapat di lihat pada kerjasama antara negara maju dengan negara berkembang. Negara maju mendapat semua bahan baku produksinya dari negara berkembang sedangkan negara berkembang mendapat peralatan, teknologi, serta modal dari negara maju.

Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional

Indonesia merupakan negara berkembang yang melakukan kerjasama ekonomi internasional. Untuk dapat menjalin kerjasama ekonomi internasional maka di perlukan hubungan yang kuat. Tujuan dari menjalin kerjasama ekonomi internasional adalah untuk dapat menciptakan kesejahteraan pada negara tersebut. Manfaat kerjasama internasional bagi negara Indonesia adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  √ Pengertian APEC, Tujuan APEC dan Sejarah APEC Lengkap
  1. Kemajuan di bidang perekonomian, kemajuan ini dapat di amati pada perjalanan ekspor dan impor barang serta jasa. Ekspor yang tinggi dapat menghasilkan devisa yang tinggi pula.
  2. Negara Indonesia dapat di berikan kesempatan dalam mencari dan menimba ilmu pengetahuan serta teknologi yang berasal dari negara maju.
  3. Dapat memperkuat dalam daya tawar dan posisi Indonesia di mata dunia internasional.
  4. Setelah kegiatan ekonomi di Indonesia berkembang maka modal dari negara asing akan dapat ikut masuk.
  5. Tinggi permintaan pada barang maupun jasa baik dari luar negeri dan dari dalam negeri dapat menekan jumlah harga pokok per unit produksi.
  6. Negara ikut dapat mngimpor barang-barang yang di produksi menjadi lebih mahal.
  7. Dapat meningkatkan kecerdasan, keterampilan serta kreativitas dari para tenaga kerja yang merupakan tuntutan kegiatan ekspor ke luar negeri secara pesat.
  8. Kemudahan akan mendapat bahan baku dan bahan penolong guna di gunakan dalam proses produksi.
  9. Dapat membuka lapangan pekerjaan dan dapat menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan yang ada di Indonesia.

Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional

Bentuk kerjasama ekonomi internasional terbagi menjadi beberapa macam yang akan di jelaskan sebagai berikut:

1. Kerjasama Bilateral

Kerjasama bilateral ini adalah merupakan bentuk kerjasama ekonomi yang terjadi di antara dua negara. Contoh kerjasama ekonomi internasional secara bilateral adalah kerjasama Indonesia dengan korea selatan. Kerjasama itu di kenal dengan Indonesia-Korea Joint Task Force on Economic Coorperation (JTF-FC) yang melakukan pertemuan pada tahun 2007 dan kemudian pada tahun 2011 JTF-EC menjadi Working Level Task Force Meeting (WLTFM) yang di laksakan di bali. Bentuk kerjasama internasional di lakukan seperti melakukan pertukaran antar kedutaan besar dan kunjungan antar negara.

Baca Juga:  √ 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan Indikatornya

2. Kerjasama Ekonomi Regional

Kerjasama ekonomi regional ini adalah merupakan bentuk dari kerjasama ekonomi yang dilakukan antar negara pada suatu wilayah atau kawasan tertentu. Contoh dari kerjasama ini adalah terbentuknya APEC, AFTA, serta ASEAN.

3. Kerjasama Ekonomi Multilateral

Kerjasama ekonomi multilateral adalah meruoakan suatu bentuk kerjasama yang di lakukan oleh dua negara atau lebih, yang tidak terbatas wilayah atau kawasan tertentu dan bersifat internasional. Contoh dari kerjasama ini adalah IMF dan ILO.

Pengertian, Manfaat Serta Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional Lengkap

4. Kerjasama Ekonomi Antarregional

Bentuk kerjasama ekonomi antarregional ini adalah kerjasama yang di lakukan dua lembaga-lembaga ekonomi regional atau lebih . contoh dari kerjasama ini adalah ASEAN and Uni Eropa.

5. Kerjasama Ekonomi Berdasarkan Tujuan Dan Lapangan Usaha

Bentuk kerjasama ini adalah tidak adanya batasan pada wilayah dan hubungan internasionalnya saja tetapi kerjasama yang tebentuk atas dasar tujuan dan lapangan usaha. Contoh dari kerjasama ini adalah OECD dan OPEC.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional, Manfaat dan Bentuknya yang telah di jelaskan di atas. Kerjasama ekonomi internasional ini di butuhkan untuk dapat berinteraksi antara negara agar dapat memenuhi kesejahteraan negaranya. Semoga bermanfaat 🙂