√ Pengertian Bakteri, Jenis, Ciri dan Peranan Bagi Kehidupan Manusia

Loading...

Pengertian Bakteri, Jenis, Ciri dan Peranan Bagi Kehidupan Manusia – Di muka bumi ini ada banyak sekali jenis makhluk hidup mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Banyak sekali organisme yang menyebar di sekitar kita.

Organisme ini memiliki peran positif jika kita manfaatkan dengan benar dan memiliki peran negatif jika tidak kita hiraukan. Organisme ini telah tersebar ke berbagai tempat walaupun sudah kita bersihkan dengan sangat bersih.

Loading...

Pengertian Bakteri, Jenis, Ciri dan Peranan Bagi Kehidupan Manusia

Organisme ini bernama bakteri. Bakteri ini berada di setiap benda yang kita sentuh, di dalam tubuh kita, dan ada di mana-mana. Untuk dapat lebih mengenal dengan bakteri dapat di lihat penjelasan di bawah ini:

Pengertian Bakteri

Pengertian bakteri adalah suatu organisme bersel tunggal atau uniseluler, prokariota atau prokariot, berukuran microskopik atau sangat kecil dan tidak memiliki klorofil. Bakteri berasal dari kata “bacterium” dalam bahasa latin.

Bakteri memiliki banyak spesies mencapai ratusan ribu jumlahnya. Bakteri merupakan organisme yang paling banyak di muka bumi ini. Mereka berada di dalam tanah, di atas tanah, di udara, di air, di organisme lain dan masih banyak lagi. Bakteri bertumbuh dan berkembang sesuai dengan ph, suhu, temperatur, kandungan garam, zat kimia, zat metabolisme dan sumber nutrisi.

Loading...

Bakteri pertama di temukan oleh ilmuan yaitu bernama Anthony Van Leewenhoek. Kemudian di perkenalkan dengan bentuk buku bergambar bekteri pada tahun 1684. Ilmu yang mempelajari tentang bakteri adalah bakteriologi.

Baca Juga:  Pengertian Insomnia, Gejala, Penyebab, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Mengatasi Terlengkap

Jenis Bakteri

Jenis pada bakteri di pisahkan berdasarkan cara mereka untuk dapat memperoleh makanan dan dari cara mereka memperoleh oksigen. Pengelompokkan berdasarkan cara mereka mencari makan adalah sebagai berikut:

  1. Bakteri Heterotrof adalah merupakan bakteri yang memakan senyawa organika dari organisme lain. Bakteri heterotof terbagi menjadi 2 yaitu bakteri parasit dan bakteri sprofit.
  2. Bakteri Autotrof adalah merupakan bakteri yang dapat membuat makanan untuk dirinya sendiri. Bakteri ini terbagi menjadi 2 yaitu bakteri kemoautotrof dan bakteri fotoautotrof.

Pengelompokkan berdasar kepada cara mereka memperoleh oksigen adalah sebagai berikut:

  1. Bakteri Aerob adalah merupakan bakteri yang memperoleh energi dengan cara menangkap oksigen bebas. Bakteri ini adalah nitrosomonas, nitrosococcus, dan nitrobacter.
  2. Bakteri Anaerob adalah merupakan bakteri yang dalam memperoleh energi tidak membutuhkan oksigen bebas. Energinya berasal dari proses perombakan senyawa organik tanpa penggunaan oksigen di dalam proses itu, proses itu di sebut dengan fermentasi. Bakteri ini di bedakan menjadi 2 yaitu anaerob obligat dan anaerob fakultatif.

Ciri Bakteri

Organisme lain agar dapat di sebut bakteri haruslah memiliki ciri khusus yang di butuhkan. Ciri khusus tersebut adalah :

  1. Umumnya tidak memiliki klorofil di tubuhnya.
  2. Memiliki hidup bebas layaknya parasit atau patogen.
  3. Memiliki bentuk yang beragam.
  4. Tubuhnya berukuran kecil yaitu 1 sampai 5 mikron.
  5. Tidak memiliki membran pada inti sel atau prokariot.
  6. Bakteri pada umumnya uniseluler atau memiliki satu sel.
  7. Memiliki dinding sel peptidoglikan pada lingkungan yang ekstrim dan kosmoploit mengandung peptidoglikan.

Pengertian, Jenis, Ciri Dan Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Manusia Lengkap

Peranan Bagi Kehidupan

Bakteri juga memiliki perannya di dalam kehidupan di dunia ini. Peranan ini memiliki dampaknya masing-masing. Adal yang memiliki dampak yang positif tetapi ada pula yang memiliki dampak negatif. Yang termasuk kedalam dampak positif adalah:

  1. Membantu dalam penyuburan tanah dengan cara menghasilkan nitrat.
  2. Sebagai pengurai sisa dari makhluk hidup.
  3. Membantu pembuatan fermentasi pada makanan atau minuman.
  4. Sebagai penghasil obat-obat antibiotik.
  5. Dapat menguraikan sampah menjadi energi.
  6. Membantu dalam pembuatan zat kimia dan lain-lain.
Baca Juga:  12 Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia Lengkap

Dampak buruk yang di dapat adalah sebagai berikut:

  1. Dapat sebagai sumber penyakit bagi makhluk hidup.
  2. Membuat busuk makanan atau minuman yang kita miliki.
  3. Dapat merusak tanaman yang ditanam dengan serangan penyakit.
  4. Dapat menimbulkan bau busuk pada proses pembusukan.
  5. Ketika manusia kotor akan menyebabkan bau pada badannya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Bakteri, Jenis, Ciri dan Peranan Bagi Kehidupan Manusia yang telah di jelaskan di atas. Bakteri adalah organisme yang tidak dapat kita hindari keberadaanya di muka bumi ini, karena di manapun kita berada pasti ada bakteri. Bakteri dapat kita manfaatkan untuk dapat melanjutkan hidup dan dapat memberikan dampak positif bagi makhluk hidup jika di gunakan dengan tepat. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 7 votes
Loading...