√ Pengertian Hormon beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Hormon beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Tubuh makhluk hidup memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Tubuh makhluk hidup dapat bergerak bebas sesuai yang di inginkan walaupun tumbuhan yang bergerak mengikuti arah cahaya matahari.

Pengertian Hormon beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Untuk dapat bergerak di perlukan zat yang ada di dalam tubuh untuk dapat menjalankan organ tersebut dengan lancar. Zat yang ada di dalam tubuh manusia memiliki banyak manfaat bagi berkerjanya organ dalam tubuh. Zat tersebut di namakan hormon. Untuk dapat mengerti tentang hormon maka akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Hormon

Pengertian hormon secara umum adalah merupakan zat kimia yang di hasilkan organ tubuh tertentu yang berasal dari kelenjar endokrin. Kegunaan dari hormon ini adalah sebagai pemicu fungsi organ tubuh tertentu. Hormon berasal dari bahasa yunani “hormein” yang artinya memacu atau “harmao” yang artinya menggairahkan (membangkitkan).

Hormon di produksi oleh semua organisme yang bersifat multiseluler yang diantaranya adalah manusia, hewan dan tumbuhan. Hormon dapat berperan dalam pengendalian proses bertumbuh, reproduksi, metabolisme, kekebalan dan berpola dari hidup manusia.

Kelenjar endokrin adalah sebagai pemproduksi hormon yang ada di dalam tubuh. Kelenjar endokrin memiliki beberapa macan yaitu kelenjar hipotalamus, kelenjar tiroid, kelenjar ovarium, kelenjar adrenal, kelenjar pankreas, kelenjar timus, kelenjar ovarium dan kelenjar pencernaan.

Baca Juga:  √ 31 Macam Jenis Hormon Manusia Beserta Fungsinya Lengkap

Hormon masuk ke dalam aliran darah mengalir ke seluruh tubuh dan ketika sampai pada organ tertentu maka akan merangsang untuk terjadinya suatu perubahan. Perubahan yang terjadi adalah seperti waktu panjang seperti pertumbuhan dan pemasakan seksual. Tetapi ada juga hormon yang memliki waktu pendek seperti saat ada kejadian menakutkan.

Pengertian Hormon Beserta Fungsinya Lengkap

Fungsi Hormon

Fungsi hormon yang ada di dalam tubuh sangatlah bermanfaat karena memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Mempengaruhi dalam memetabolisme tubuh seperti metabolisme glukosa, protein dan lemak.
  2. Dapat mengendalikan tekanan darah.
  3. Merangsang pembentukan sel darah merah dalam tubuh.
  4. Mengendalikan perkembangan dalam ciri-ciri seksual dan sistem reproduksi.
  5. Mengendalikan pembentukan dan dalam pelepasan hormon oleh korteks adrenal.
  6. Merangsang dalam pembentukan dan pelepasan yang berasal dari kelenjar tiroid.
  7. Mempertahankan keseimbangan keadaan tubuh dengan lingkungan yang ada di sekitarnya atau homeostasis.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Hormon beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap) yang telah di jelaskan diatas. Hormon yang ada di dalam tubuh manusia sangat berperan penting karena hormon dapat membantu beberapa organ dalam manusia untuk dapat bekerja seperti semestinya. Semoga bermanfaat 🙂

4.6
16