√ Pengertian Biotik, Komponen dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Biotik, Komponen dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Di lingkungan sekitar tanpa kita sadari telah terjadi hubungan atau interaksi yang terjadi secara terus menerus setiap harinya. Sering kali perubahan yang ada di sekitar kita berdasarkan interaksi yang di hasilkan dan berdampak pada lingkungan sekitar.

Pengertian Biotik, Komponen dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Interaksi yang terjadi adalah interaksi yang berhubungan antara organisme atau organisme dengan lingkungan sekitar. interaksi yang terjadi menghasilkan suatu ekosistem yang merupakan sistem ekologi yang terjadi karena hasil dari interaksi antar organisme atau dengan lingkungan. Interaksi ini  terjadi dengan pengaruh dari beberapa komponen yang akan di jelaskan di bawah ini.

Pengertian Biotik

Biotik atau yang sering di sebut dengan lingkungan biotik adalah semua lingkungan yang terdiri dari komponen-komponen dari makhluk hidup yang ada di permukaan bumi. Biotik sendiri sering di sebut untuk menyebut makhluk yang hidup atau organisme. Komponen biotik terdiri dari manusia, tumbuh-tumbuhan dan juga hewan.

Komponen Biotik

Komponen biotik ini di bedakan menjadi 2 yaitu:

Komponen Biotik Berdasarkan Tingkat Trofik Dan Nutrisi

Komponen-komponen pada biotik terbagi berdasarkan tingkat trofik atau nutrisi yang dimiliki. Komponen biotik yang terjadi di dalam ekosistem terbagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. Komponen Autotrof

Komponen autotrof atau organisme autotrof adalah merupakan organisme uniseluler dan organisme multiseluler yang mereka dapat berfotosintesis. Contoh dari autotrof adalah fitoplankton, tumbuhan lumut, ganggang, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji. Ketika mereka berfotosintesis maka akan menghasilkan karbohidrat serta oksigen. Organisme yang masuk kedalam autotrof merupakan produsen yang paling utama di dalam ekosistem.

Baca Juga:  √ Pengertian Sel Hewan, Bagian dan Fungsinya (Bahas Lengkap)

2. Komponen Heterotrof

Komponen Heterotrof atau organisme heterotrof adalah merupakan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik yang telah di sediakan oleh organisme lain yang di gunakan sebagai bahan makanan. Heterototrof memiliki organisme yang terdiri:

  1. Herbivora merupakan organisme yang memakan tumbuh-tumbuhan. Tingkatan tropik menduduki tingkat II dan tingkat I sebagai konsumen.
  2. Karnivora merupakan organisme yang memakan daging makhluk hidup lain. Tingkatan tropik menduduki tingkat III dan tingkat II sebagai konsumen.
  3. Omnivora merupakan organisme yang memakan segalanya seperti daging dan tumbuhan. Tingkatan tropik menduduki tingkat II atau ke II dan tingkat I atau ke II sebagai konsumen
  4. Dekomposer merupakan micro organisme yang bertugas sebagai pengurai zat organik dari hasil sisa-sisa hewan atau tumbuhan. Seperti selulosa atau kitin, merubah zat menjadi lebih sederhana. Contoh dari dekomposer adalah bakteri dan fungi.
  5. Parasit merupakan organisme yang hidup di luar dari tubuh inang. Contoh dari parasit adalah kutu yang ada dan hidup di kepala manusia.
  6. Detritivor merupakan organisme hidup dengan cara memakan serpihan makhluk hidup yang telah mati. Contoh dari detrivor adalah rayap, cacing, dan kaki seribu.

Komponen Biotik Berdasarkan Peran Dan Fungsi

Berdasarkan fungsi dan peran biotik di bedakan menjadi 3 yaitu:

a. Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang berperan mengolah zat anorganik menjadi zat organik yang selanjutnya di gunakan untuk membuat makanannya sendiri dengan cara berfotosintesis.

b. Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang bergantung pada organisme lain karena tidak bisa menghasilkan makanan sendiri.

Pengertian Biotik Beserta Komponen Dan Fungsinya Lengkap

c. Dekomposer

Dekomposer adalah makhluk hidup yang dapat menguraikan bahan anorganik menjadi bahan organik yang selanjutnya dapat di gunakan oleh produsen.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Biotik, Komponen dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) yang telah di jelaskan oleh seputarpengetahuan.com. Organisme-organisme yang ada di lingkungan ini semua memiliki tugasnya masing-masing sesuai dengan rantai makanannya. Semoga bermanfaat 🙂