√ 8 Alat Pernapasan Pada Manusia dan Fungsinya (Bahas Lengkap)

8 Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Fungsinya Lengkap – Udara di dunia ini sangat tidak terbatas adanya. Udara sangat penting bagi kehidupan yang ada di dunia ini, jika tidak ada udara entah apa jadinya kehidupan yang ada di dunia ini.

Di udara terdapat banyak sekali zat yang terkandung di dalamnya termasuk oksigen. Oksigen di hasilkan oleh tumbuh-tumbuhan sebagai hasil dari fotosintesis. Tumbuh-tumbuhan menyerap karbon dioksida dari udara dan melepaskan oksigen yang berguna bagi makhluk hidup yang lainnya. Sebenarnya apa itu oksigen?

8 Alat Pernapasan Pada Manusia dan Fungsinya (Bahas Lengkap)

Oksigen adalah sebuah zat yang berasal dari hasil fotosintesis yang di lakukan oleh tanaman. Oksigen pada tubuh manusia adalah sebagai pemenuh kebutuhan dalam memetabolisme tubuh. Manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Oksigen sangat penting di perlukan oleh tubuh, apa jadinya jika penapasan kita terganggu pasti kita akan kesulitan. Berikut adalah alat-alat pernapasan pada tubuh manusia.

Alat Pernapasan Pada Manusia

Alat pernapasan sangatlah penting bagi manusia karena dari alat tersebut manusia dapat menghirup udara yang nantinya akan di alirkan keseluruh tubuh. Untuk lebih jelasnya tentang alat pernapasan pada manusia dapat di jelaskan sebagai berikut.

1. Hidung

Hidung adalah bagian yang sering kita lihat dengan jelas karena letaknya yang berada di tubuh bagian luar. Fungsi hidung adalah merupakan alat pernapasan pertama yang di lalui oleh udara. Hidung normal memiliki 2 lubang sebagai tempat keluar masuknya udara. Sekilas lubang ini memiliki ukuran yang sama, tetapi keduanya memiliki memiliki volume berbeda dalam pengambilan udara. Ada saluran bervolume besar dan saluran bervolume kecil. Di dalam hidung terdapat rambut halus dan lendir yang berguna untuk menyaring semua udara yang akan masuk karena udara yang masuk tidak semua bersih ada sebagian kotoran yang melekast seperti polusi, debu dan sebagainya.

Baca Juga:  √ Penyebaran Flora di Indonesia (Pembahasan Lengkap)

2. Faring

Faring atau tenggorokan adalah saluran pernapasan yang setelah hidung yang memiliki pangkal pada laring. Fungsi faring  sebagai tempat keluar masuknya udara dan juga sebagai tempat keluar masuknya makanan dan minuman. Agar tidak mengalami kesalahan ketika menghela maupun mengeluarkan udara tenggorokan ini akan menutup pintu masuk makan begitu pun sebaliknya. Didalam faring pun terdapat pita suara sebagai alat manusia untuk mengeluarkan suara sebagai alat komunikasi.

3. Laring

Laring adalah pangkal dari tenggorokan yang berfungsi sebagai pencegah masuknya benda asing yang masuk ke dalam sitem pernapasan manusia yang di kelilingi tulang rawan. Fungsi laring juga sebagai tempat menelan makanan yang masuk untuk di proses lebih lanjut.

4. Trakea

Trakea tersusun dari tulang rawan yang berada di lehar hingga ke bagian dada. Trakea memiliki selaput lendiri yang melapisinya yang berbentuk cincin dengan jumlah hingga 20 cincin. Fungsi dari selaput lendir yang ada di trakea adalah sebagai penahan kotoran dari udara yang ikut masuk melewati hidung agar tidak terus masuk ke paru-paru.

5. Bronkus

Bronkus memiliki dua bagian yang bagian-bagiannya berada pada rongga paru-paru bagian kanan dan pada paru-paru bagian kiri. Bronkus memiliki tulang rawan dengan otot halus dan cabang-cabang kecil yang di sebut dengan bronkiolus. Fungsi bronkus adalah sebagai media penghubung antara trakea dan paru-paru.

6. Bronkiolus

Bronkiolus merupakan cabang kecil halus yang terdapat pada bronkus. Cabang brokiolus semakin jauh cabangnya semakin mengecil, halus dan dindingnya semakin tipis. Fungsi dari bronkiolus adalah sebagai bagian yang menghubungkan udara yang mengandung oksigen untuk masuk ke dalam paru-paru. Semua cabang bronkiolus berakhir pada bagian alveolus.

Baca Juga:  √ 3 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia (Pembahasan Lengkap)

8 Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Fungsinya Lengkap

7. Pulmo

Pulmo atau peru-paru adalah bagian penting dalam system pernapasan manusia. Fungsi dari paru-paru ini adalah sebagai penerima oksigen, lalu memproses oksigen setelah itu mengeluarkan karbon dioksida dan uap air yang tidak di perlukan oleh tubuh. Setelah oksigen masuk lalu di proses oleh paru-paru dan di alirkan melalui darah ke seluruh tubuh. Paru-paru berletak di dada dan di lindungi oleh tulang rusuk.

8. Alveolus

Alveolus berada di jantung dan berfungsi sebagai pemisah oksigen dan karbondioksida yang ada di dalam darah. Fungsi dari alveolus adalah sebagai pengedar oksigen yang diolah oleh paru-paru ke seluruh tubuh.

Demikianlah penjelasan mengenai 8 Alat Pernapasan Pada Manusia dan Fungsinya (Bahas Lengkap) yang mesti kita tahu, kurang lebihnya kami mohon maaf. Kita sebagai manusia harus terus menjaga setiap anggota tubuh kita agar tidak mudah sakit. Semoga bermanfaat terima kasih 🙂