√ 5 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

5 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Negara Indonesia adalah Negara yang memiliki banyak sekali pulau-pulau dan terbentang luas dari sabang hingga marauke. Di negara Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan alam yang terdapat di dalamnya.

5 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Di suatu Negara seluas dan sebanyak ini jumlah pulaunya maka banyak pula jumlah penduduknya. Di pulau jawa sebagai pulau tempat ibukota Negara Indonesia sendiri memiliki kepadatan penduduk yang melimpah.

Sebagai Negara berpenduduk padat dan memiliki banyak pulau-pulau maka Negara ini memiliki banyak suku bangsa. Suku bangsa sangat banyak dan beragam. Untuk lebih memahami tentang suku bangsa maka akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Suku Bangsa

Pengertian suku bangsa secara umum adalah merupakan suatu golongan social yang di gunakan sebagai pembeda antara golongan satu dengan golongan sosial yang lain. Pembeda golongan sosial ini di karenakan adanya ciri-ciri yang saling terkait dengan tempat asal usulnya serta kebudayaannya.

Suku bangsa dapat di artikan pula suatu golongan manusia yang telah terikat dengan kesadaran dan identitas pada kesatuan kebudayaan. Suku bangsa adalah merupakan penggabungan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial lain karena memiliki ciri mendasar berhubungan dengan asal usul dan daerah tempat dia tinggal serta budaya di daerahnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Pemilu, Tujuan, Fungsi, Asas, Bentuk & Sistemnya

Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli

pengertian suku bangsa menurut beberapa ahli sangat meragam dan memiliki opini tersendiri. Pengertian suku bangsa menurut para ahli akan di jelaskan sebagai berikut:

1. Menurut Ensiklopedia Indonesia

Suku adalah merupakan kelompok sosial di dalam sistem sosial atau kebudayaan yang memiliki arti atau kedudukan tertentu yang di dapat karena adanya garis keturunan, adat, agama, bahasa, dan lain sebagainya. Anggota pada kelompok etnik dapat memiliki kesamaan di dalam hal sejarah atau keturunan, bahasa (yang sering di gunakan ataupun tidak), sistem nilai, adat istiadat dan juga tradisi.

2. Menurut Koentjaraningrat

Suku bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan dalam budaya dan terikat oleh kesadarannya akan identitasnya tersebut. Kesadaran dan identitas yang di miliki biasanya di perkuat dengan kesatuan bahasa.

3. Menurut Frederick Barth

Pengertian suku adalah berupa himpunan manusia karena adanya kesamaan res, agama, asal-usul bangsa ataupun merupakan kombinasi dari kategori yang masuk terikat pada sistem nilai budaya.

4. Menurut Hasan Shadily MA

Hasan Shadily MA memaparkan bahwa suku bangsa (etnis) adalah merupakan segolongan rakyar yang di anggap memiliki hubungan biologis.

5. Menurut Perspektif Teori Situasional

Suku merupakan suatu hasil yang terbentuk dari pengaruh yang berasal dari luar kelompok. Faktor luar yang mempengaruhi etnisitas adalah klonialisme. Kolonialisme adalah yang memiliki kepentingan administrative pemerintah kolonial yang telah mengkotak-kotakkan warga daerah jajahan masuk kedalam kelompok-kelompok etnis dan ras. Untuk yang selanjutnya sisa dari warisan colonial itu akan terpakai hingga sekarang.

Baca Juga:  √ Pengertian Kedaulatan Rakyat Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

pengertian suku bangsa menurut kuncoroningrat

Setelah membahas Pengertian Suku Bangsa selanjutnya akan di klasifikasikan menjadi beberapa bagian suku bangsa di Indonesia seperti di pulau Sumatra terdapat suku Aceh, Batak, lampung, Palembang, Jambi, dan lainnya.

Di pulau Jawa terdapat suku Jawa, Sunda, dan lainnya. Dan di pulau Sulawesi terdapat suku Gorontalo, Toli-toli, dan lainnya. Serta masih banyak lagi suku dari berbagai daerah yang terdapat di Indonesia.

Sekian penjelasan mengenai 5 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli yang telah di jelaskan di atas. Kita tinggal di Negara Indonesia yang memiliki beragam suku dan budaya karena wilayahnya yang luas dan beraneka macam jenis penduduknya. Semoga bermanfaat 🙂

5.0
87