14 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

14 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kita manusia diharuskan hidup bermasyarakat, mengapa harus bermasyrakat? Karena manusia adalah adalah makhluk sosial. Sudah seharusnya kita memang hidup berdampingan, bertetangga, berkeluarga agar kita tidak merasa sendirian. Karena memang sejatinya manusia tidak akan pernah bisa hidup sendirian, kita akan terus saling membutuhkan satu sama lain.

14 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Bayangkan jika kita hidup sendirian, jika kita sakit, terluka, bahkan saat kita kelaparan bayangkan tidak ada yang membuatkan kita makanan ataupun warung makan yang membuka warungnya, mau masak tidak ada yang menyediakan bahannya. kesimpulannya adalah memang kita harus hidup bermasyarakat. Namun tahukah kalian apa itu masyarakat? Kita memang sudah sering mendengar kata tersebut, namun mungkin kita belum memahami apa arti dari masarakat itu sendiri. Mari kita bahas disini.

Pengertian Masyarakat

Pada umumnya masyarakat merupakan sekumpulan individu yang hidup bersama. Istilah masyarakat berasal dari bahasa Arab dengan kata “syaraka”. Syaraka, yang artinya ikut serta (berpartisipasi). Sedangkan dalam bahasa Inggris, masyarakat disebut dengan “society”  yang pengertiannya adalah interaksi sosial, perubahan sosial, dan rasa kebersamaan. Tidak hanya itu, beberapa para ahli juga telah mendefinisikan apa itu masyarakat. Siapa saja mereka? Simak ulasannyadisini.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari masyarakat menurut ahlinya.

1. Soerjono Soekanto

Masyarakat pada umumnya mempunyai ciri-ciri dengan kriteria seperti di bawah ini:

  • Manusia yang hidup bersama, sekurang-kurangnya terdiri atas dua orang.
  • Bercampur atau bergaul dalam jangka waktu yang cukup lama. Berkumpulnya manusia akan menimbulkan manusia baru. Sebagai akibat dari hidup bersama, timbul sistem komunikasi dan peraturan yang mengatur hubungan antarmanusia.
  • Sadar bahwa mereka merupakan satu kesatuan.
  • Merupakan suatu sistem hidup bersama. Sistem kehidupan bersama menimbulkan kebudayaan karena mereka merasa dirinya terkait satu sama lain.

2. Marion Levy

Ada empat kriteria yang perlu ada agar suatu kelompok bisa disebut masyarakat, yakni sebagai berikut.

  • Kemampuan bertahan yang melebihi masa hidup seorang anggotanya.
  • Perekrutan seluruh atau sebagian anggotanya melalui reproduksi atau kelahiran.
  • Adanya sistem tindakan utama yang bersifat swasembada.
  • Kesetiaan terhadap suatu sistem tindakan utama secara bersama-sama.

3. Talcott Parsons

Menambahkan kriteria kelima dari pendapat Marion Levy yaitu melakukan sosialisasi terhadap generasi berikutnya.

4. Emile Durkheim

Pengertian masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif dari individu-individu yang merupakan anggotanya.

5. Max Weber

Masyarakat adalah suatu struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nila yang dominan pada warganya sendiri.

6. Paul B. Horton

Pengertian masyarakat merupakan sekumpulan manusia yang relatif mandiri dengan hidup bersama dalam jangka waktu cukup lama, mendiami suatu wilayah tertentu dengan memiliki kebudayaan yang sama, dan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.

7. Selo Soemardjan

Mengatakan pengertian masyarakat merupakan orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

8. M. J. Herkovits

Pengertian masyarakat merupakan kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti suatu cara hidup tertentu.

9. Karl Marx

Masyarakat adalah suatu sturktur yang mengalami ketegangan organisasi maupun perkembangan karena adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terpecah secara ekonomi.

10. J. L. Gillin dan J. P. Gillin

Pengertian masyarakat merupakan kelompok yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama.

11. An-Nabhani

Bahwa masyarakat adalah sekelompok individu seperti manusia yang memiliki pemikiran perasaan, serta sistem/aturan yang sama, dan terjadi interaksi antara sesama karena kesamaan tersebut untuk kebaikan masyarakat itu sendiri dan warga masyarakat.

14 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Lengkap

12. Linton

Masyarakat adalah sekelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama sehingga dapat terbentu organisasi yang mengatur setiap individu dalam masyarakat tersebut dan membuat setiap individu dalam masyarakat dapat mengatur diri sendiri dan berpikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batasan tertentu.

13. M. J. Heskovits

Masyarakat adalah sebuah kelompok individu yang mengatur, mengorganisasikan, dan mengikuti suatu cara hidup (the way life) tertentu.

14. S.R. Steinmentz

Masyarakat didefinisikan sebagai kelompok manusia yang terbesar meliputi pengelompokan-pengelompokan manusia yang lebih kecil yang mempunyai perhubungan erat dan teratur.

Itulah tadi pembahasan kita tentang 14 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dari penjelasan diatas kita jadi mengetahui dan bisa menyimpulkan pengertian dari masyarakat. Mungkin sekian dulu materi kita tentang pengertian masyarakat ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga:

Daftar Isi