12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli dan WHO (Pembahasan Lengkap)

12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli dan WHO (Pembahasan Lengkap) – Dalam tubuh kita terdapat banyak sekali organ dan sel-sel aktif yang dapat membantu kita dalam mengolah dan memelihara kesehatan tubuh. Makanan adalah merupakan hal yang wajib kita lakukan setiap harinya untuk dapat bertahan hidup.

Memakan makanan normal dapat melalui proses pencernaan dan di dalam pencernaan tersebut mengalami proses penyerapan gizi atau nutrisi. Memakan sembarangan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tuubuh manusia yang memakannya bahkan ada yang dapat mematikan.

12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli dan WHO (Pembahasan Lengkap)

Gizi adalah merupakan subtansi organik yang di butuhkan organisme untuk memulihkan fungsi normal tubuh seperti sistem tubuh, daya tahan tubuh dari virus maupun bakteri serta berperan dalam pertumbuhan. Gizi berasal dari kata berbahasa arab yaitu giza yang artinya zat makanan. Dalam bahasa inggris gizi di sebut juga dengan nutrisi yang berarti bahan makanan atau suatu zat gizi atau pun dapat di artikan sebagai ilmu gizi.

Pengertian lain tentang gizi adalah sebagai proses organisme dalam menggunakan makanan yang di makan atau di konsumsi secara normal melalui tahap pencernaan, penyerapan, transportasi, penyimpanan dan metabolisme sertapengeluaran zat gizi untuk dapat mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan berbagai fungsi normal dari organ tubuh serta dapat di gunakan sebagai penghasil tenaga.

Pengertian Gizi Menurut WHO

WHO lalu mengartikan ilmu gizi adalah sebagai ilmu yang mempelajari proses-proses yang terjadi pada hidup organisme hidup. Proses tersebut dapat mencakup pengambilan dan pengolahan antara zat padat dan cair yang berasal dari makanan yang diperlukan untuk memelihara kehidupan, pertumbuhan, serta berfungsinya organ-organ tubuh dan menghasilkan energi.

Pengertian Gizi Menurut Para Ahli

Pengertian gizi menurut ahli pada umumnya sama tetapi memiliki sedikit perbedaan :

1. Harry Oxorn & William R. Forte

Menurut mereka gizi meliputi pengertian yang luas, tetapi tidak hanya mengenai tentang jenis-jenis pangan dan gunanya bagi badan kita. Melainkan juga untuk mengenai cara-cara memperoleh serta dapat mengolah dan mempertimbangkan agar kita semua tetap sehat.

2. Tuti Sunardi

Menurut Tuti, gizi adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi proses perubahan dari semua jenis makanan yang dapat masuk ke dalam tubuh, yang gunanya dapat mempertahankan kehidupan kita.

3. Nirmala Devi

Nirmala Devi mendefinisikan gizi yang merupakan substansi yang diperoleh dari berbagai makanan dan digunakan untuk membantu proses pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan pada jaringan tubuh.

4. Chairinniza K. Graha

Menurut Chairinniza k. Graha, gizi adalah unsur yang terkandung di dalam makanan, yang dimana unsur-unsur itu dapat memberikan suatu manfaat bagi tubuh yang ketika mengkonsumsinya dapat menjadi sehat.

5. Ida Purnomowati, Diana H, Cahyo

Menurut mereka ber tiga gizi merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu proses pertumbuhan, mempertahankan dan memperbaiki jaringan yang ada di tubuh tubuh, mengatur proses dalam tubuh, dan menyediakan energi guna untuk fungsi tubuh, atau dapat  juga diartikan sebagai komponen untuk pembangun tubuh manusia.

6. Asep Kurnia Nenggala

Asep mengartikan gizi sebagai zat hara dalam makanan yang mempunyai nilai dan diperlukan makhluk hidup untuk dapat bertumbuh, pemeliharaan, dan kegiatan hidupnya

7. Lioni Ellis H

Lioni Ellis H menjelaskan bahwa, gizi merupakan komponen penting yang sangat diperlukan tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang

8. Joyce James, Colin Baker, Helen Swain

Gizi adalah merupakan komponen kimia dalam makanan yang telah digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi dan dapat membantu pertumbuhan, perbaikan, dan membantu perawatan sel-sel tubuh.

9. Dr. I.K.G. Suandi, Spa

Menurut DR. I.K.G. SUANDI, SpA, gizi merupakan suatu bagian dari proses kehidupan dan proses tumbuh kembang anak. Maka sehingga pemenihan kebutuhan gizi harus secara akurat turut menentukan kualitas untuk tumbuh kembang, dan sebagai sumber daya manusia untuk dimasa yang akan datang.

10. I Dewa Nyoman Suparisa dkk

Menurut I Dewa dkk Menjelaskan bahwa gizi adalah suatu proses organisme yang menggunakan makanan yang dimakan atau dikonsumsi secara normal melalui tahapan proses degesti, absorpsi, dan transportasi. Penyimpanan, metabolisme serta pengeluaran zat yang dianggap tidak digunakan untuk dapat mempertahankan kehidupan, pertumbuhan, dan fungsi normal dari semua organ-organ serta menghasilkan energi.

12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli Dan Who Lengkap

11. Sunita Almatsier

Sunita Almatsier menjelaskan tentang zat-zat gizi yang dapat memberikan energi di dapat dengan karbohidrat, lemak, dan protein, oksidasi yang terjadi di zat-zat gizi ini menghasilkan energi yang dapat diperlukan tubuh untuk melakukan suatu kegiatan atau aktivitas. Lalu ketiga zat gizi merupakan termasuk zat organik yang mengandung senyawa karbon yang dapat dibakar. Jumlah zat gizi tersebut yang paling banyak terdapat dalam pangan dan ini disebut juga zat pembakar.

12. Sunita Almatser

Sunita almatser mengemukakan bahwasannya fungsi utama dari karbohidrat adalah untuk menyediakan energi tubuh. Karbohidrat yang merupakan sumber utama dari energi bagi penduduk di seluruh dunia, sumber utama karbohidrat adalah padi-padian, atau sereal,gula , umbi-umbian, kacang-kacang kering.

Demikianlah penjelasan mengenai 12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli dan WHO (Pembahasan Lengkap) yang telah di jelaskan. Gizi sangatlah beguna bagi tubuh karena itu merupakan sumber energi yang sangat di perlukan bagi tubuh untuk dapat terus hidup. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi