√ 13 Pengertian Program Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

13 Pengertian Program Menurut Para Ahli Lengkap – Kita semua pasti pernah mendengar kata program, namun tidak semua orang tahu apa arti dari program itu sendiri. Biasanya kita mendengar kata program di dunia teknologi dan komputasi, apa sih sebenarnya program itu? Untuk mengetahuinya mari kita bahas bersama di pembahasan berikut ini.

13 Pengertian Program Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkas semuanya dibawah ini.

Pengertian Program

Secara umum pengertian program adalah himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programmer atau suatu bagian executable dari suatu software. Orang yang membuat program sering disebut sebagai pemrograman atau programmer.

Aktivitas membuat program disebut sebagai pemrograman. Jadi pemrograman merupakan suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu. Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa tersendiri. Sebagaimana bahasa manusia, bahasa pemrograman memiliki kaidah tertentu yang dapat dimengerti oleh komputer.

Selain pengertian diatas, program juga telah didefinisikan oleh beberapa ahli. Apa saja kata mereka tentang program? Simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga:  √ Pengertian Firewall, Fungsi, Manfaat, Jenis, Karakteristik & Cara Kerja

Pengertian Program Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari program menurut ahlinya.

1. Amikom Yogyakarta

Program adalah kumpulan instruksi komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma.

2. Ema Utami

Program adalah bahasa pemrograman.

3. Sukrisno

Program adalah kata, ekspresi, atau pernyataan yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur, yang berupa urutan langkah, untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksesuksi oleh komputer.

4. Anwar Harjono

Program adalah urutan instruksi untuk menjalankan suatu komputasi.

5. Saifuddin Anshari

Program adalah daftar terinci mengenai acara dan usaha yang akan dilaksanakan.

6. Sunarto, S.Kom

Program adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode skema, ataupun bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.

7. Wiryanto Dewobroto

Program adalah hasil penyusunan detail langkah-langkah solusi (algoritma) masalah tersebut.

8. Sindhunata

Program adalah kelompok pernyataan yang persis dan berurutan yang gunanya adalah untuk memberi tahu komputer bagaimana melaksanakan sesuatu pekerjaan.

9. Agoeng Widyatmoko

Program sebagai aplikasi hasil analisis pemecahan masalah yang dibuat dalam bentuk program komputer.

10. Janner Simarmata

Program merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah terinstal di dalam komputer.

Baca Juga:  √ Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, Contohnya

11. Sugiyono (2005:21)

Menurut Sugiyono, program merupakan suatu rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logis dan sistematis.

12. Yulikuspartono (2009:29)

Menurut Yulikuspartono, Program merupakan sederetan instruksi atau statement dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer yang bersangkutan.

10 Pengertian Program Menurut Para Ahli Lengkap

13. Binanto (2009:1)

Menurut Binanto, pemograman dapat diartikan dalam beberapa hal, sebagai berikut:

  • Mendeskripsikan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut sebagai Souce Code yang dibuat oleh programmer.
  • Mendeskripsikan suatu keseluruhan bagian dari software yang executable.
  • Program merupakan himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programmer atau suatu bagian executable dari suatu software.
  • Pemrograman berarti membuat program komputer.
  • Pemrograman merupakan suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu. Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa tersendiri yang dapat dimengerti oleh komputer.

Itulah tadi penjelasan mengenai 13 Pengertian Program Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) yang telah dijelaskan seputarpengetahuan, semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam dunia teknoloogi dan komputasi pada umumnya. Sekian dan terimakasih 🙂

5.0
10